Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Perbandingan Spesifikasi realme C3 dan Samsung Galaxy A10s

0 9.360

Kompetisi smartphone di kelas entry-level makin sengit. Bisa dipahami karena pasar ponsel di Indonesia memang seperti piramida, sehingga yang paling besar ceruknya memang di segmen menengah ke bawah. Pekan ini, kita kedatangan ponsel baru di kelas entry level yaitu realme C3.

Di kelas yang sama, sudah bercokol banyak smartphone dari berbagai produsen. Salah satu yang cukup disegani tentu saja adalah Samsung Galaxy A10s. Karena memang berasal dari market leader yang tentu mudah mendapat atensi dari publik.

Nah, jika kedua produk tersebut dibandingkan spesifikasinya, siapa yang lebih baik? Pada dasarnya setiap produk memiliki kelebihan masing-masing. Di mana spesifikasi hanya salah satu faktor penentu saja. Namun tidak ada salahnya membandingkan agar memperoleh gambaran yang lebih jelas. Agar kamu yang ingin memiliki perangkat baru lebih mudah menentukan pilihan. Baiklah, simak ulasannya berikut ini.

Layar

Layar besar 6,5 inci realme C3 memiliki resolusi HD+ 1600 x 720 dengan rasio 20:9, membuat ponsel ini relatif ramping dan nyaman digenggam untuk dimensi layarnya yang besar. Layar dengan panel IPS ini juga sudah terproteksi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3, ditambah lapisan screen protector yang sudah terpasang dari bawaan.

Sementara itu layar Samsung Galaxy A10S memiliki luas 6,2 inci dan resolusi 720 x 1520 piksel dengan rasio 19:9. Ponsel ini memiliki kerapatan layar 271 ppi dengan teknologi panel layar PLS TFT. Baik realme C3 maupun Galaxy A10s sama-sama memakai konsep layar mini waterdrop dengan poni kecil untuk menampung kamera depan di bagian atas.

Desain

Untuk bagian eksterior, Samsung Galaxy A10s dibalut dengan casing berbahan plastik glossy yang terlihat mengkilat. Ada empat pilihan warna yaitu hitam, hijau, biru, dan merah. Sehingga pengguna memiliki lebih banyak pilihan warna sesuai kesukaan. Ponsel ini memiliki dimensi 156.9 x 75.8 x 7.8mm dengan bobot 168g yang cukup ringan.

Di sisi lain, realme C3 mengadaptasi bahasa desain yang sama dengan realme 5i, yaitu Sunrise Design. Terdapat aksen semburan cahayanya dari area modul kamera yang membuatnya terlihat unik. Jika Galaxy A10s desainnya glossy, maka realme C3 memilih pendekatan Finishing doff  dengan dua opsi warna cerah: Frozen Blue dan Blazing Red. Ponsel ini memiliki dimensi 164.4mm x 75.mm x 9mm dengan bobot 195 gram.

Kamera

Kamera utama realme C3 yang hadir di Indonesia mengusung tiga sensor. Yang utama adalah kamera 12MP dengan bukaan f/1.8, ukuran piksel 1,25um, 5P lens dan PDAF. Dua kamera tambahan lainnya punya resolusi 2MP f/2.4, dengan fungsi masing-masing untuk portrait dan macro alias foto jarak dekat hingga 4cm. Kamera ini mendukung pembesaran digital hingga 4 kali, plus fitur-fitur seperti AI HDR serta AI Beauty.

Sementara itu Samsung Galaxy A10s memiliki 2 lensa di bagian belakang. Masing-masing resolusinya 13 MP di bukaan aperture f/1.8 dan 2MP untuk bokeh di aperture f/2.4. Kamera belakang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Live Focus, Panorama, Pro, Beauty, dan beragam pilihan filter warna.

Suka swafoto?  Kamera depan Samsung Galaxy A10S memakai kamera beresolusi 8MP dengan aperture f/2.0. Sedangkan realme C3 memiliki kamera depan 5 MP dengan aperture f/2.4.

Fitur

Samsung Galaxy A10s dibangun dari sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka OneUI, yang bahkan bisa ditemui di ponsel flagship Samsung. OneUI ini merupakan antarmuka yang menarik dengan Interface yang dibuat untuk penggunaan satu tangan.

Kehadiran Bixby sebagai pusat informasi sebenarnya bisa menambah kehandalan ponsel ini, namun masih banyak pengguna Samsung yang belum bisa memaksimalkan fitur ini. Galaxy A10s juga sudah dibekali dengan sensor fingerprint yang berada di bagian belakang. Proses pengenalan sidik jarinya sangat cepat, tanpa ada kendala berarti seperti pada ponsel Galaxy yang berada di atas kelasnya.

Hal menarik juga ditawarkan realme C3. Ini menjadi ponsel realme pertama yang secara bawaan menggunakan tampilan antarmuka terbaru, realme UI berbasis Android 10 yang sebenarnya merupakan kustomisasi khusus dari ColorOS 7. realme UI tampilannya semakin simpel dan mendekati stock Android.  Semua elemen ikon yang ada dibuat praktis dan lebih optimal untuk penggunaan satu tangan.

Hadir juga fitur Focus Mode ,Game Space yang diperbarui, built-in screen recording, dan sebagainya. Serta tak ketinggalan, terdapat pula fingerprint sensor di bagian belakang.
Baca:
Review realme C3: Entry Level Spesial dengan Tiga Kamera
– Review Samsung Galaxy A10s: Bersaing di Kelas Entry Level

Performa

realme C3 menggunakan chipset MediaTek Helio G70 octa-core dengan kecepatan hingga 2,0Ghz, pertama di Indonesia. Chipset dengan prosesor fabrikasi 12nm ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali-G52, yang diklaim cukup powerful untuk kebutuhan gaming namun tetap efisien daya. Dikombinasikan dengan MediaTek Gaming Technology yang dapat mengoptimalkan latensi jaringan agar tetap rendah dan mengurangi lag saat bermain game.

Begitupun Samsung Galaxy A10s yang sama-sama menggunakan chipset besutan Mediatek, hanya beda tipe saja. Ponsel ini memakai chip MT6762 Helio P22 (12 nm) octa core dengan daya dorong 2 GHz untuk kick start berbagai aplikasi lebih cepat dengan konsumsi daya efisien.

Untuk memori realme C3 memakai RAM 3GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal 32GB. Sedangkan Galaxy A10s memakai RAM 2GB dengan penyimpanan internal 32GB.

Baterai

Secanggih apapun ponsel kalau bateranya cepat habis pasti bikin kesal. Nah, kedua ponsel entry-level ini telah dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup besar.

realme C3 dilengkapi baterai berkapasitas besar di 5000 mAh. Asyiknya, realme C3 memiliki fitur reverse charging. Menggunakan kabel OTG khusus, kamu dapat mengisi daya perangkat lain dan membuat realme C3 layaknya power bank atau baterai cadangan. Sedangkan Samsung Galaxy a10s dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Harga

Samsung Galaxy A10s diluncurkan pada September 2019 yang lalu dengan harga Rp1,899 juta. Namun sekarang, harganya di official store Samsung di Lazada sudah terkoreksi menjadi Rp1.629.000 dan di ecommerce Shopee Rp1.619.000. Artinya, sudah ada penurunan yang cukup besar untuk kelas entry level yang menjadikannya lebih terjangkau.

Sementara itu realme C3 diluncurkan pekan ini tanggal 19 Februari 2020.Ponsel ini dijual dengan harga normal Rp1,699 juta yang mulai tersedia pada tanggal 25 Februari mendatang. Nah, pada tanggal tersebut akan ada harga khusus flash sale mulai pukul 9 pagi, yaitu Rp1,549 juta. Ponsel ini dipasarkan melalui website realme maupun partner seperti Lazada dan Akulaku.

Jadi, setelah membaca perbandingan spesifikasi realme C3 dan Samsung Galaxy A10s di atas, kamu pilih yang mana?