Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Wawancara Eksklusif Palson Yi: Jurus realme Indonesia di Pasar Smartphone dan AIoT 2021

0 78

Mengawali 2021, industri smartphone masih terus menghadapi tantangan. Kendati di tengah kondisi yang cukup menantang tersebut, realme mampu mencetak prestasi yang membanggakan.

Menurut data Canalys, realme berada di peringkat empat di daftar vendor smartphone teratas di pasar Asia Tenggara pada Q4 2020 dengan meraih market share hingga 13%. Di pasar Indonesia, realme kembali berada di posisi Top 4 Smartphone Brand di Indonesia dengan mendapatkan 15% market share.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai strategi dan inovasi hingga target bisnis pada tahun 2021, Gizmologi mengadakan wawancara khusus dengan Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia.

Berikut wawancara lengkapnya.

Tahun 2020, realme terbilang sangat agresif dengan merilis produk baru yang bahkan dalam satu bulan bisa lebih dari satu kali. Apakah realme juga akan melakukan yang sama di tahun 2021 ini? 

Di tahun 2021, kami memiliki dua tujuan utama: kami ingin menjadi Top 3 Smartphone Brand di Indonesia dan No. 1 AIoT Choice di Indonesia. Untuk mencapai tujuan utama tersebut, kami telah menyiapkan berbagai strategi khusus.

Untuk menjadi Top 3 Smartphone Brand di Indonesia, kami sendiri telah menyediakan rangkaian produk smartphone yang mengusung trendsetting technology & trendsetting design. Di mana smartphone kami yang hadir pada tahun 2021 akan meningkatkan pengalaman pengguna di semua segmen.

Beberapa hari kedepan, kami akan meluncurkan realme narzo 30A untuk menjadi smartphone gaming entry-level terkuat di tahun 2021. Tak ketinggalan produk baru dari kategori C-Series juga akan datang tahun ini. Di segmen kelas menengah, kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dan berusaha menetapkan standar baru dengan realme Number Series.

Seperti yang telah kami rencanakan untuk tahun 2021, akan ada smartphone dengan desain yang lebih trendi, fitur kamera yang lebih canggih untuk memenuhi kebutuhan fotografi, smartphone 5G yang terjangkau, dan masih banyak lagi.

realme Narzo

realme berambisi menjadi Top 3 Smartphone Brand Indonesia tahun 2021, apa saja strategi yang akan dilakukan untuk meraih target tersebut? 

Untuk menjadi Top 3 Smartphone Brand di Indonesia, kami sendiri telah menyediakan rangkaian produk smartphone yang mengusung trendsetting technology & trendsetting design. Di mana smartphone kami yang hadir pada tahun 2021 akan meningkatkan pengalaman pengguna di semua segmen.

Dalam jangka pendek, kami sedang merencanakan dan mempersiapkan realme narzo 30A untuk menjadi smartphone gaming entry-level terkuat di tahun 2021. Tidak ketinggalan produk baru seri C kami yang akan datang tahun ini. Di segmen kelas menengah, kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dan berusaha menetapkan tolok ukur baru di segmen kelas menengah dengan realme Number Series.

Seperti yang kami rencanakan untuk tahun 2021, akan ada smartphone dengan desain yang lebih trendi, fitur kamera yang lebih canggih untuk fotografi, smartphone 5G yang terjangkau, dan banyak lagi yang akan datang.

realme juga akan memperkuat Channel Strategy sebagai strategi penting tahun ini untuk mencapai tujuan utama kami menjadi Top 3 Smartphone Brand di Indonesia. Agar segala jenis smartphone realme dapat diakses anak muda di Indonesia, realme memperkuat kehadiran kami di berbagai channel e-commerce ternama di Indonesia.

Untuk channel offline, realme Official Store di Indonesia memiliki misi untuk menciptakan pengalaman langsung yang nyata bagi para penggemar dan pelanggan realme di Indonesia. realme berencana untuk membuka lebih dari 100 realme Official Store pada tahun 2021 agar semua orang dapat merasakan dan menggunakan produk realme, memastikan bahwa produk tersebut sempurna dan sesuai untuk mereka.

realme store cibinong

Alasan utama mengapa smartphone realme dan perangkat AIoT dapat diterima oleh anak muda dan membuat mereka segera merasakan manfaat produk kami adalah karena realme menerapkan trendsetting marketing strategy yang lebih dekat dengan anak muda.

Sebagai tech trendsetter, untuk memperkenalkan trendsetting tech lifestyle kepada kaum muda di seluruh dunia. Kami memperkenalkan trendsetting tech lifestyle dengan Global Brand Ambassador. Tidak hanya global, kami juga berkolaborasi dengan influencer lokal untuk menyampaikan pesan kami dalam menciptakan trendsetting tech lifestyle.

Agar kaum muda lebih sadar akan manfaat yang dibawa oleh smartphone realme, kami juga membuat beberapa program skenario pengguna yang kami jalankan di media sosial kami. Dengan memberikan visualisasi yang familiar dengan aktivitas sehari-hari pengguna, kami berusaha menghadirkan semua keunggulan produk kami dan membuat mereka merasakan manfaatnya secara tidak langsung.

Sejumlah brand smartphone mulai merilis smartphone 5G di tahun ini, sementara realme sudah memulainya sejak tahun lalu, meski jaringan 5G masih belum tersedia di Indonesia. Apakah realme akan memperbanyak lini smartphone 5G di tahun ini?

Kendati jaringan 5G belum tersedia, namun 5G akan menghadirkan gaya hidup baru yang mungkin tidak terbayangkan saat ini. Sama seperti kita tidak membayangkan kenyamanan yang akan dihadirkan 4G lima tahun lalu.

Dengan kabar terkait jaringan 5G yang segera meluncur, para produsen ponsel pintar gencar memperluas portofolio 5G mereka. Sementara sebagian besar ponsel berkemampuan 5G yang tersedia di Indonesia berada di segmen premium, kami akan memiliki lini ponsel pintar 5G yang terjangkau dan berencana untuk membuatnya dapat diakses oleh semua orang yang sejalan dengan strategi kami sebagai 5G popularizer.realme 5G smartphone 2

realme telah sepenuhnya siap untuk melangkah ke fase pertumbuhan berikutnya, dengan produk 5G yang dapat berjalan sempurna, R&D, dan infrastruktur suplai. Kami berambisi untuk menjadi pemimpin dalam konektivitas seluler 5G dan akan menambahkan lebih banyak perangkat ke dalam portofolio 5G kami di Indonesia maupun secara global. Agar konsumen bisa siap menghadapi masa depan dengan berinvestasi pada smartphone 5G.

5G telah telah masuk ke dalam rencana besar kami untuk tahun 2021, karena kami ingin menjadi 5G popularizer di Indonesia. Dan untuk tahun ini, kami akan bekerja sama dengan salah satu provider di Indonesia untuk menguji koneksi dan frekuensi dengan ponsel kami. Sebagai tech trendsetter brand, kami mengambil terobosan selanjutnya untuk menghadirkan smartphone 5G yang terjangkau ke Indonesia.

Menurut realme, apa killer feature pada smartphone di tahun 2021 yang mungkin bisa menjadi senjata bagi realme untuk memenangkan pasar?

Kami sendiri telah mengajukan beberapa pertanyaan kepada realme Fans tentang fitur unggulan apa yang akan dihadirkan pada smartphone realme di tahun 2021. Sekitar 48% pengguna realme menginginkan peningkatan dalam teknologi kamera di seluruh smartphone realme, diikuti oleh 31% pengguna yang menginginkan konektivitas 5G.

realme akan selalu Dare to Leap, mendengarkan masukan soal smartphone yang dibutuhkan anak muda di Indonesia dan berusaha mewujudkannya dengan trendsetting technology dan trendsetting design di semua segmen. Dalam hal ini, kami pasti akan mendengarkan apa yang dibutuhkan kaum muda.

Dalam skala global, realme sebagai 5G populariser telah meluncurkan beberapa smartphone 5G dan langsung merambah pasar global dengan menghadirkan smartphone 5G di semua segmen harga. Seperti yang kami rencanakan untuk tahun 2021, akan ada smartphone dengan desain yang lebih trendi, fitur kamera yang lebih canggih untuk fotografi, smartphone 5G yang terjangkau, dan banyak lagi yang akan datang. realme palson yi

Tahun 2021 ekonomi belum sepenuhnya pulih karena efek pandemi yang masih belum reda. Seberapa optimis realme kinerja bisnis akan bagus di tahun ini? Apa saja strategi yang dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis?

Menurut kami, pasar smartphone di Indonesia pada tahun 2021 akan menunjukkan pertumbuhan meskipun sempat terjadi penurunan di awal pandemi di tahun 2020. Dengan pemulihan di tingkat global, bukan tidak mungkin bisnis ponsel Indonesia akan menjadi ke arah yang lebih positif, tetapi kami tidak dapat memprediksi kapan akan pulih 100%.

realme sendiri kembali menempati posisi keempat dan mengukuhkan posisinya sebagai merek smartphone dengan pertumbuhan tercepat di antara lima vendor smartphone teratas di pasar Asia Tenggara pada Q4 2020 dengan pangsa pasar hingga 13%. Di pasar Indonesia, realme kembali menempati posisi 4 dalam Top Smartphone Brand di Indonesia dengan pangsa pasar 15%. Kami sendiri ingin meningkatkan pangsa pasar tahun ini dan menjadi Top 3 Smartphone Brand di Indonesia.

Strategi realme berasal dari beberapa faktor. Pertama, produk itu sendiri, dimana realme selalu menghadirkan teknologi terdepan dari segi desain dan performa. Selain itu, brand awareness realme juga meningkat karena banyak pengguna realme yang langsung merasakan pengalaman menggunakan realme, dan merekomendasikannya kepada rekan, keluarga, atau orang terdekatnya. realme tidak hanya fokus pada strategi harga, tetapi fokus pada distribusi produk, purna jual dan kualitas produk itu sendiri.

Pada tahun 2021, kami memiliki strategi Leap to 2021 di mana misi kami adalah memperluas saluran penjualan kami secara offline. Kami sendiri menargetkan 100 realme Official Store pada Q1-2021 dimana pembukaan toko ini tidak hanya akan meningkatkan penjualan smartphone, tetapi juga perangkat AIoT kami. Visi realme dengan membuka 100 realme official store adalah memberikan pengalaman hands-on yang mudah, mencoba, dan membeli produk di satu tempat untuk setiap realme Fans.

Indonesia adalah salah satu pasar terbesar realme. Sumber daya manusianya juga cukup potensial meski belum tergali jika dibanding negara maju lain. Apakah ada rencana untuk membangun pusat riset sebagai bentuk kontribusi realme di Indonesia? 

Membangun pusat penelitian di Indonesia adalah rencana jangka panjang kami dan mungkin kami akan membangun pusat R&D di masa mendatang. Kami telah membangun tim yang kuat untuk realme Indonesia, sehingga kami dapat mengoptimalkan 2 hal utama di perusahaan kami: lini produk dan brainware yang unggul, atau sumber daya dan tenaga ahli yang mumpuni di industri ini untuk menjadikan realme selalu berada di jantung industri smartphone Indonesia.

Palson Yi realme AIoT

AIoT itu sangat luas cakupannya baik dalam skala rumahan sampai level enterprise. Bagaimana realme memandang bisnis ini? Apakah akan fokus pada kategori tertentu saja atau membuka berbagai peluang pengembangan AiOT tingkat lanjut? Apa saja kategori produk yang rencananya akan dirilis di tahun 2021?

Di tahun 2021, realme akan berjalan lebih cepat untuk menciptakan ekosistem AIoT yang lebih matang dan mendapatkan No. 1 AIoT Choice dengan membuat strategi tiga pilar utama: Brand, Product dan Channel.

Berbicara tentang produk, realme sendiri akan menghadirkan produk AIoT dan menjadikan perangkat tersebut menjadi solusi multi skenario. realme akan meluncurkan platform AIoT TechLife pada tahun 2021, yang bertujuan untuk menghadirkan gaya hidup cerdas yang lebih kohesif dan terintegrasi melalui Smart Scenarios, Smart Connectivity and Smart Price.

realme sendiri telah membuat dua Smart Scenarios untuk AIoT. Skenario pertama adalah Smart Health Scenario di perangkat wearable. Perangkat wearable realme khususnya realme smartwatch dan realme smartband yang sudah menghadirkan fungsi dasar pada perangkat smart wearable.

Pada tahun 2021, realme akan menggunakan Trendsetting Technology yang belum pernah ada di segmen produk wearable kami. Fitur-fitur yang dihadirkan realme untuk membuat pemantauan kesehatan yang lebih canggih seperti memantau Aritmia (kondisi di mana jantung berdetak dengan ritme yang tidak teratur atau tidak normal) dan Sleep Apnea (gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara beberapa kali).

Bagian kedua dari Smart Scenarios dari realme AIoT adalah Smart Entertainment di Smart Audio dan Smart Entertainment di realme Smart TV. realme berjanji untuk menghadirkan teknologi yang lebih canggih pada audio atau TWS seperti pengisian cepat, hemat daya, dan bahkan asisten suara untuk membuat hidup lebih mudah. Tidak hanya itu, teknologi yang lebih mutakhir juga akan segera hadir seperti penerjemah real-time dan pengukuran detak jantung hanya dengan memakai TWS.smart remote realme smart tv

Bagaimana dengan Smart Entertainment di realme Smart TV? realme Smart TV generasi pertama disambut baik oleh pengguna dan memiliki permintaan yang tinggi. Di tahun 2021, realme Smart TV akan semakin menarik, karena realme akan membangun virtual trainer pintar untuk membantu memberikan perintah hanya dengan suara.

Semua produk realme AIoT akan terhubung satu sama lain berkat Smart Connectivity yang didasarkan pada strategi 1 + 4 + N. realme percaya bahwa setiap teknologi dan trendsetting design harus dinikmati oleh semua anak muda di dunia. Untuk produk AIoT kami di tahun 2021, realme akan memberikan produk dengan performa tinggi namun hadir dengan harga yang kompetitif untuk setiap anak muda di setiap kategori. realme akan menghadirkan lebih banyak segmen harga di setiap produk AIoT utama, mulai dari level entry, kelas menengah, dan kelas atas.

Berbicara soal perluasan kategorinya, tentu realme akan membawa lebih banyak produk. Seperti tahun lalu kami telah menghadirkan beberapa produk dari kategori N seperti realme Smart Cam 360 °, realme M1 & N1 Sonic Electric Toothbrush, dan masih banyak lagi. Jadi bukan tidak mungkin bagi kami untuk menghadirkan lebih banyak produk pada kategori ini.

Tinggalkan komen