Belajar Tafsir Al Quran Makin Mudah, lewat Aplikasi KESAN

Jakarta, Gizmologi – Pernah kesulitan untuk memahami tafsir dari hadis Al Quran yang didengar saat pengajian atau Salat Jumat? Nah, aplikasi islami KESAN bisa jadi solusinya melalui tafsir digital Al Quran dengan bahasa yang lebih ringan dan sarat makna.

Dilihat dari aplikasinya, KESAN memiliki beragam fitur unik seperti Kitab Kuning, kumpulan shalawat, maulid, ratib, burdah, hingga hadis harian yang umum dipelajari. Guna menambah khasanah ilmu dalam mempelajari Al Quran, KESAN menyajikan tafsir ringkas beserta maknanya karya ulama nasional M. Quraish Shihab.

Direktur Lentera Hati Nasywa Shihab menjelaskan, digitalisasi mushaf Al Quran dan maknanya adalah keniscayaan di era digital guna menjangkau ragam pembaca. Dia berharap digitalisasi ini mampu menjangkau banyak pengguna aplikasi KESAN.

Baca Juga: Aplikasi KESAN Hadir Sebagai Pendamping Umat Islam Sepanjang Ramadan

“Tidak hanya pembaca setia buku-buku Pak Quraish, juga menjangkau generasi muda muslim yang ingin mempelajari Al Quran dari pakarnya dengan format digital,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (8/8/2021).

Sebagai aplikasi islami karya anak negeri, KESAN juga senantiasa menunjang kebutuhan ibadah penggunanya untuk melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah seperti salat Duha, Tahajud, tadarus, baca Yasin, shalawat, dan lain-lain. Apalagi, aplikasi ini juga bebas iklan guna menjaga kekhusyukan penggunanya.

“Oleh karenanya, adanya tafsir ringkas digital ini memungkinkan kita mendalami Al Quran secara praktis, kapan pun dan di mana pun,” ungkap CEO aplikasi KESAN Hamdan Hamedan.

KESAN Bermakna saat Beribadah

Aplikasi KESAN

Sejak diperkenalkan pada Mei 2019, KESAN telah diunduh lebih dari 100 ribu kali. Tidak hanya santri, aplikasi ini juga banyak digunakan masyarakat umum yang ingin menggali ajaran Islam lebih dalam.

Menurut Hamdan, aplikasi ‘Kesan’ merupakan jawaban dari kegelisahan keimanannya. ‘Kesan’ ia gagas sebagai bentuk untuk mengingatkan umat Islam, khususnya santri dan alumni agar terus belajar dan kendati sedang tidak berada di ponpes.

“Kami terus melakukan perbaikan dan peningkatan. Menyambut Tahun Baru Islam, kami menggandeng Lentera Hati dalam menerbitkan tafsir ringkas digital M.Qurais Shihab,” lanjutnya.

Sebagai aplikasi Islami, Hamdan memahami jika smartphone semakin jadi bagian tak terpisahkan dari keseharian masyarakat. “Untuk itu KESAN layaknya seperti sahabat yang baik, Alarm Kebaikan akan sigap mengingatkan kamu untuk menunaikan ibadah hingga amalan-amalan lainnya.”

Bila dirasa belum cukup, KESAN juga memiliki fitur ‘Tanya Kiai’, di mana pengguna bisa bertanya langsung terkait islam secara daring. Pengguna juga bisa mencari hadis beserta tafsir dari berbagai macam kitab seperti Sahih Bukhari atau Sahih Muslim, melalui fitur Hadispedia.

Tinggalkan komen