Clubhouse Hadirkan Music Mode, Tingkatkan Kualitas Audio Setara Studio

Jakarta, Gizmologi – Bila dilihat ke belakang, perkembangan platform media sosial berbasis suara, Clubhouse cukup konsisten, meski mungkin tidak sekencang satu tahun pertama ketika masyarakat benar-benar terbatas akan adanya pandemi COVID-19. Supaya tetap dilirik, fitur baru terus digelontorkan secara periodik, di mana Music Mode jadi yang terbaru.

Gizmo friends sendiri yang masih atau sempat rutin menggunakan Clubhouse, pasti pernah masuk ke sebuah room di mana sesama pengguna saling ‘adu’ talenta, seolah sedang karaoke atau ajang cari talenta penyanyi baru. Juga termasuk bermain alat musik seperti piano, maupun sekadar bermain musik bersama-sama dalam sebuah room.

Mengingat metode interaksi utamanya hanya berbasis audio, Clubhouse kini mencoba hadirkan Music Mode. Bukan, bukan berarti pengguna dapat menggunakan lagu atau musik sebagai latar obrolan di dalam room, namun lebih memungkinkan tiap pengguna untuk ‘menyuarakan’ bakatnya dalam kualitas yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca juga: Fitur Baru Clubhouse, Bisa Share Kutipan Obrolan

Pengguna Bisa Manfaatkan Music Mode dengan Mikrofon Berkualitas

Clubhouse Music Mode

Lewat sebuah rilis pada blog resmi Clubhouse, disebutkan bila Music Mode merupakan salah satu dari fitur baru yang digelontorkan minggu ini, selain cara yang lebih mudah untuk lakukan pencarian. Sebelumnya, aplikasi interaktif satu ini telah mengganti logonya kembali dengan ikon baru, yaitu Mandiie Martinez, seorang kreator yang sebelumnya juga sudah terhitung aktif di dalam platform.

Nah, bagi kamu yang ingin menjajal Music Mode baru, cara mengaktifkannya sendiri sangat simpel. Ketika sudah menjadi speaker dalam sebuah room, cukup tekan tombol titik tiga yang ada di bawah foto profil, kemudian masuk ke bagian “audio quality”. Kalau sebelumnya hanya ada tiga opsi berbeda (high, normal & low yang ramah kuota), kini Music Mode hadir sebagai opsi tertinggi.

Kamu bisa pilih opsi paling atas, dan aplikasi akan meneruskan suara yang diterima dalam kualitas lebih tinggi, bahkan output stereo. Pengguna juga bisa gunakan tambahan perangkat khusus audio profesional, mulai dari mikrofon eksternal hingga perangkat mixing—tentu harus kompatibel dengan smartphone yang digunakan ya.

Pendengar lainnya juga secara otomatis bisa mendengarkan kualitas audio secara stereo, balik dari speaker hingga headphone. Potongan audio yang dibagikan lewat fitur Clips juga bakal mendukung channel stereo. Seperti fitur-fitur sebelumnya, Music Mode bakal hadir untuk pengguna iOS lebih dulu, menyusul Android di beberapa waktu mendatang.

Bisa Berikan Wave Langsung dari Search Bar

Clubhouse Search Bar

Selain Music Mode, pekan ini Clubhouse juga berikan pembaruan untuk search atau metode pencarian di dalam aplikasi. Kini bar pencarian dipindahkan ke bagian atas, sehingga akan lebih mudah diakses saat harus mencari sesuatu—mulai dari room atau sebuah topik yang ingin diketahui lebih dalam.

Selain perpindahan lokasi, kini antar pengguna juga bisa saling menyapa lewat gestur wave, langsung dari menu search. Sama seperti Music Mode, hadir di iOS lebih dulu, menyusul ke Android nantinya. Kehadiran universal search sendiri permudah pengguna untuk temukan teman sampai acara yang cocok bagi mereka.

Bersamaan dengan Clips dan Search baru, Clubhouse juga sempat berikan teaser akan fitur baru lainnya, “Replays”. Lewat fitur tersebut, nantinya pengguna bisa kembali mendengarkan topik dari sebuah room yang sudah selesai sebelumnya, bahkan mengunduh dan membagikannya ke luar platform. Belum ada informasi lebih lanjut terkait kelanjutannya.

Tinggalkan komen