Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Family Link Perbarui Fitur, Orang Tua Bisa Hapus Batas Waktu pada Aplikasi Tertentu

0 218

Sejak masa pandemi, terjadi perubahan di kalangan anak-anak di mana mereka menghabiskan waktu lebih banyak di depan layar gawai. Tidak bisa melakukan sekolah secara tatap muka, pembelajaran dilakukan secara jarak jauh memanfaatkan layar laptop atau smartphone. Ini yang kemudian menjadi perhatian bagi Google dengan memperbarui aplikasi Google Family Link dan merilis website edukasi Google Families.

Sebelum menghadirkan website Google Families, raksasa mesin pencari tersebut melakukan survei terhadap lebih dari 2.000 orang tua anak-anak berusia di bawah 13 tahun di Amerika Serikat. Setidaknya ada 7 temuan pokok mulai dari pembicaraan terkait teknologi, screen time, remote learning, dan sebagianya.

Situs Edukasi Google Families

ilustrasi Remaja gadget Google Families diluncurkan untuk membantu orang tua dalam membantu anak-anaknya  mengajarkan teknologi, cara memelihara lingkungan online yang sehat dan terlindungi bagi anak-anak. Hal ini meliputi panduan bergambar tentang cara berinteraksi dengan anak melalui teknologi dari Common Sense Media, ConnectSafely, Family Online Safety Institute, Headspace, PBS KIDS dan Sesame Workshop.

Selain itu, Google meluncurkan serial mingguan yang akan ditayangkan di YouTube yaitu, HeadSpace Breathers dan tayang pada bulan depan. Merupakan hasil produksi dari Headspace yang dirancang untuk membantu keluarga dalam melatih kemampuan orang tua mendidik anaknya menjadi lebih baik.

Didukung dengan fitur keamanan khusus pada akun anak-anak, memungkinkan orang tua nyaman berkat adanya produk keluaran Google ini. Terdapat tambahan fitur pada produk yang terdiri atas aplikasi dan layanan terbaru untuk anak-anak, info tentang menyiapkan kontrol orang tua di seluruh web, kiat-kiat tentang mengelola kesejahteraan digital, dan alat pendidikan untuk kelas.

Pembaruan Fitur Google Family Link

Fitur Google Family Link

Google juga telah memperbarui kontrol orang tua di Family Link. Melalui kemampuan ini, berguna untuk menghapus batas waktu layar pada aplikasi favorit dan sekarang pengguna dapat menyetelnya agar tetap selalu diizinkan.

Aplikasi Google Family Link juga menyajikan laporan aktivitas akan hadir dengan detail tambahan yang dapat melacak pemakaian waktu anak di aplikasi selama seminggu atau sebulan. Selain itu, orang tua dapat melihat total waktu yang dihabiskan di aplikasi.

Tak hanya itu, bagi pengguna Android, sekarang dapat melihat saran aplikasi dari katalog besar Google Play Store tentang layanan yang disetujui oleh para guru. Rekomendasi ini berdasarkan masa pemakaian baterai perangkat yang ditujukan untuk anak, sehingga orang tua dapat menyetel batas waktu layar dari perangkat anak.

Tinggalkan komen