Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fitur Voice Scan Mudahkan Pengguna Snapchat Aktifkan Lensa Favorit

0 305

Snap Inc., perusahaan media sosial yang melatar belakangi dibuatnya aplikasi Snapchat, baru saja adakan acara Snap Partner Summit 11 Juni 2020 lalu. Diselenggarakan secara virtual, Snap Inc. berikan pandangan apa saja perkembangan fitur baru yang bisa dinikmati oleh penggunanya alias Snapchatters di masa mendatang. Mulai dari kerja sama dengan pihak ketiga, dukungan terhadap kesehatan sampai fitur baru seperti Snapchat Voice Scan.

Ya, Snap akan merilis berbagai pengalaman augmented reality (AR) serta fitur kamera baru tidak hanya untuk pengembang, tetapi juga para kreator dan pengguna kasualnya. Rata-rata, lebih dari 170 juta Snapchatters telah terlibat dengan AR, hampir 30 kali setiap harinya. Salah satu produk mereka, Snap AR, dikembangkan oleh tim desain internal serta komunitas kreatornya secara global.

Untuk pengalaman efek lensa serta AR yang lebih intuitif, Snap perkenalkan fitur Voice Scan di aplikasi Snapchat. Sesuai namanya, kamu dapat menyebutkan perintah suara tertentu untuk mengganti Lens kamera. Teknologi ini dimungkinkan berkat kerja sama Snap dengan SoundHound, sebuah perusahaan yang fokus pada pengenalan suara serta audio.

Baca juga: Canggih! Kacamata Renang ini Berteknologi Augmented Reality

Cara Gunakan Voice Scan Pada Aplikasi Snapchat

Snapchat Voice Scan

Dari banyaknya filter yang ada di Snapchat, Voice Scan memudahkan para kreator maupun Snapchatters untuk akses Lens favoritnya. Mulai dari Lens yang mengubah warna rambut menjadi merah muda, sampai mengubah diri menjadi kentang, misalnya. Berikut cara menggunakan fitur Voice Scan pada aplikasi Snapchat:

  • Buka aplikasi Snapchat, pastikan layar dalam mode selfie atau mode kamera belakang
  • Tekan dan tahan area tengah layar kamera
  • Berikan perintah suara untuk aktifkan Lens yang diinginkan, sambil tetap menahan layar
  • Dalam mode selfie, beri perintah suara seperti, “Hey Snapchat, make my hair pink” atau “Hey Snapchat, give me a hug”
  • Kalau sedang menggunakan kamera belakang, kamu bisa beri perintah seperti “Take me underwater” atau “Take me to the lava area” untuk ubah visual area sekitar yang tertangkap kamera

Voice Scan memudahkan pengguna Snapchat untuk memilih Lens favoritnya, daripada harus menggeser daftar (carousel) yang ada di area sekitar tombol kamera. Fitur ini sedang dalam tahap proses peluncuran ke semua pengguna. Jadi kalau kamu belum dapat menggunakannya, coba lagi beberapa hari kedepan ya.

SoundHound Menyambut Baik Fitur Snapchat Voice Scan

Dikutip dari FinancialPost, James Hom, co-founder & VP of Products, SoundHound Inc. mengatakan jika pihaknya sangat senang ketika menjadi salah satu mitra platform Scan pertama Snapchat, untuk aktifkan salah satu fitur terkuat mereka. Ia menambahkan, “dengan ratusan ribu Lens yang tersedia di aplikasi, bisa hanya berucap untuk memilih Lens menawarkan cara baru yang kuat untuk temukan Lens baru dengan kenyamanan tambahan menjadi hands-free.”

Selain lewat fitur Voice Scan, pengguna Snapchat juga bisa menemukan Lens baru lewat pencarian teks maaupun tampilan Explore, yang diluncurkan Snapchat sejak 2018. Portal ini berikan Snapchatters akses untuk mencoba Lens yang dibuat dari para kreator di Snapchat. Dari sejumlah 100 ribu Lens pada dua tahun lalu, kini sudah lebih dari 1 juta Lens yang sudah terbuat di dalam aplikasi Snapchat.