Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Rumor: Facebook Garap Aplikasi Serupa TikTok untuk Pengguna Remaja

Meski berlabel media sosial terpopuler sedunia, Facebook masih ingin merebut lagi perhatian remaja. Strategi Facebook untuk pengguna remaja belakangan mencuat dengan kabar platform ini sedang mengerjakan aplikasi baru bernama Lasso, yang serupa TikTok, favorit banyak remaja.

Langkah Facebook untuk pengguna remaja diwujudkan nantinya dalam produk tersendiri dimana pengguna bisa merekam lalu membagikan video mereka ketika menirukan atau melakukan lip syncing atau menari mengikuti irama lagu yang sedang populer. Informasi tersebut diperoleh dari beberapa mantan pegawai dan yang masih bekerja di Facebook, demikian tulis techchrunch.com.

Aplikasi untuk memuluskan langkah dominasi Facebook untuk pengguna remaja ini nantinya terpisah dari media sosial ini. Lasso bisa menantang Musical.ly, yang pernah menjadi hit di kalangan remaja atau usia pra remaja sebelum diakuisisi oleh ByteDance dari Tiongkok sekitar US$1 miliar lalu dilebur bersama dengan aplikasi TikTok.

“Pada dasarnya (Lasso) akan seperti TikTok/Musically. Layar penuh, dibuat bagi remaja, seru dan lucu dan berfokus pada kreasi,” ungkap salah seorang narasumber.

“Banyak yang mereka lakukan memang hanya untuk terlihat keren,” tambahnya tentang langkah Facebook untuk pengguna remaja ini.

Produk ini sendiri dikerjakan oleh anggota tim video dan tim Watch Facebook di bawah kepemimpinan Brady Voss, yang menukangi bagian desain produk Facebook, imbuh sumber tersebut.

Related Posts
1 daripada 4

Baca juga: Cara Membuat Video Kreatif di Tik Tok dengan GAGA Dance Machine

TikTok juga populer di kalangan remaja Indonesia meski sempat pernah dilarang. Foto oleh medium.com

Sebelumnya, Voss bekerja pada bagian aplikasi TV Facebook serta aplikasi Hello yang belum lama ini ditutup. Pada 2016, Voss mempresentasikan teknologi ke si empunya Facebook, Mark Zuckerberg, yang bernama Montage. Teknologi ini mampu menggabungkan potongan foto selang waktu dari seorang pemain papan seluncur yang sedang melakukan trik. Kali ini, Brady kembali dengan Lasso yang lebih simpel dari Montage.

Langkah Facebook untuk pengguna remaja melalui Lasso bukanlah hal yang tanpa riset. Sejak 2016, Facebook menginvestigasi pasar aplikasi musk bagi remaja dimana Facebook sempat kepincut ingin mengambilalih Musical.ly. Namun niat tersebut urung dilakukan sebab ada prediksi Musial.ly tidak akan seterkenal yang diharapkan oleh Facebook.

Di lain pihak, aplikasi TikTok terus menanjak. Kini, TikTok menjadi nomor ke-5 dari sebelumnya nomor ke-32 terpopuler di aplikasi iPhone di AS. Capaian TikTok ini terjadi hanya dalam tiga bulan saja, demikian menurut App Annie.

Kini hanya 5% remaja di AS yang menyebut Facebook platform media sosial yang paling mereka sukai, demikian menurut survei Piper Jaffray. Sejak musim gugur 2016, pengguna Facebook di kalangan remaja turun menjadi 36% dari 60%. Facebook membutuhkan cara baru untuk menarik kembali remaja menggunakan platform tersebut selain Instagram dan WhatsApp. Dan langkah Facebook untuk pengguna remaja via Lasso bisa menjadi solusi yang bisa ditunggu kiprahnya nanti menantang popularitas TikTok.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More