BIN Punya Aplikasi Canggih untuk Antisipasi Ancaman COVID-19

Jakarta, Gizmologi – Badan Intelijen Negara (BIN) meluncurkan aplikasi canggih bernama TangkalCOVID-19 untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia. Bahkan aplikasi berbasis web dan mobile ini disebut mampu mendeteksi masuknya vairan baru COVID-19 MU.

Kepala BIN Jenderal Pol. Budi Gunawan mengatakan, platform TangkalCOVID-19 diinisiasi oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) BIN yang selama ini terus berupaya menghadirkan inovasi-inovasi teknologi intelijen disruptif untuk mengantisipasi berbagai ancaman dari dalam dan luar negeri.

“Penggunaan TangkalCOVID-19 di kalangan masyarakat, diharapkan dapat menjadi media penghubung untuk mengedukasi masyaraka tentang kondisi Covid-19 sebagai upaya kampanye peningkatan kepatuhan protokol kesehatan di masyarakat, antisipasi terbentuknya klaster saat kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM),” ucap Budi Gunawan, Rabu (29/9).

Menurutnya, peluncuran aplikasi TangkalCovid-19 merupakan salah satu upaya dari BIN dalam penanganan pandemi, selain kegiatan vaksinasi pelajar dan vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door). Semua itu dilakukan dalam rangka upaya transisi dari status pandemi menjadi endemi

Baca Juga: Bisakah Aplikasi PeduliLindungi Bertransformasi Jadi SuperApp?

TangkalCOVID-19.id diperkaya dengan informasi penyebaran Varian of Concern atau 3 varian utama yakni, varian alfa, beta dan delta yang menyebar secara cepat di Indonesia + 1 varian of interest baru (varian Mu) yang sedang diawasi otoritas WHO. Informasi tersebut akan memudahkan otoritas kesehatan setempat dalam melakukan kontrol dan antisipasi masuknya varian Mu dari pintu masuk pendatang dari luar negeri.

Di sisi lain, dalam upaya mengejar herd immunity kegiatan vaksinasi pelajar dan door-to-door BIN telah dilaksanakan di wilayah episentrum dan daerah yang tingkat vaksinasinya rendah di 14 provinsi di antaranya, Jawa Barat, Banten, Sulsel, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Timur, Kepri, Bali, DKI Jakarta, dan Papua.

”Pada hari ini bersamaan dengan peluncuran aplikasi juga dilaksanakan vaksinasi di 5 daerah secara serentak. Di antaranya, Lampung, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Utara yang saling terkoneksi via daring saat peluncuran TangkalCOVID19.id,” ucapnya.

Tinggalkan komen