Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Belajar Bahasa Indonesia & Mengenal Tanaman Bisa Lewat Kamera Snapchat

Sekarang, aplikasi media sosial mana yang tak menyediakan sebuah cara untuk mengirim pesan singkat berupa foto dan video yang hilang dalam waktu 24 jam? Setelah WhatApp dan LinkedIn, baru-baru ini Twitter adopsi fitur serupa melalui Fleets. Sementara pelopornya, Snapchat, masih ada dan juga tak kalah lengkap fiturnya.

Meski mungkin jumlah penggunanya tak sebanyak Instagram saat ini, Snapchat tetap terus mengembangkan fitur-fitur untuk penggunanya agar tetap nyaman gunakan platform berbagi video tersebut. Aplikasi yang digagas oleh Evan Spiegel sejak 2011 tersebut hadir di Android dan iOS. Dan terus diperbarui dengan efek augmented reality menarik, termasuk khusus Indonesia.

Baca juga: Fitur Baru Twitter Fleets Mirip Instagram Stories

Snapchat Hadirkan Lensa Khusus Belajar Bahasa Indonesia

Snapchat Lens Learn Indonesian

Ya, jika Gizmo friends belum tahu, Snapchat juga memiliki efek khusus bernama “Learn Indonesian”. Memanfaatkan augmented reality serta machine learning, saat menggunakan lensa ini, kita bisa mengetahui nama-nama barang di sekitar dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Tujuannya mungkin untuk mengedukasi orang luar yang ingin belajar bahasa Indonesia.

Saat mengaktifkan lensa ini, arahkan kamera ke objek terdekat. Lensa ini dapat mengidentifikasi sekitar 1,000 objek berbeda, dan secara otomatis menerjemahkan namanya ke dalam bahasa Indonesia. Dengan begitu, pengguna aplikasi Snapchat yang disebut Snapchatters bisa mempelajari bahasa kita. Bisa juga untuk seru-seruan seperti tebak nama objek.

Adanya lensa ini juga menandakan bila Snapchat menganggap pasar atau pengguna Indonesia cukup penting. Mungkin ini berkat banyaknya smartphone terjangkau yang hadir dengan spesifikasi mumpuni, ditambah banyaknya anak muda yang memang senang untuk membuat konten digital melalui smartphone. Juga bagi pengguna Snapchat di luar sana yang ingin praktis belajar bahasa Indonesia sambil membuat konten sekaligus.

Lensa AR Snapchat

Selain lensa Indonesia tersebut, Snapchat juga hadirkan beragam lensa augmented reality lainnya. Empat lensa unggulan bisa Gizmo friends scan secara langsung sesuai dengan kode di atas. Lewat lensa Dunia Bawah Laut, misalnya, kamu bisa mengubah suasanya kamar di rumah menjadi seolah-olah berada di bawah jauh, gabungkan realita dengan efek virtual.

Kamera Snapchat Juga Bisa Kenali 600 Ribu Tanaman

Fitur Snapchat PlantSnap

Fungsi lensa Learn Indonesian yang ada di atas dapat hadir berkat machine learning yang terintegrasi di dalam aplikasi Snapchat. Untuk itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi objek sekitar yang ingin kamu ketahui. Dengan adanya lebih dari 1 juta AR lens, kamera Snapchat menjadi semakin pintar deteksi objek.

Bekerja sama dengan PlantSnap, kamu bisa mengidentifikasi sekitar 90% jenis tanaman dan pohon yang ada. Ada lebih dari 600 ribu jenis tanaman yang sudah dimiliki pada database PlantSnap. Dengan begitu, ketika kamu melihat sebuah tanaman di ruang tamu ataupun taman dan ingin mengetahui jenisnya, cukup membuka aplikasi Snapchat saja.

Setelah terbuka, arahkan kamera smartphone ke item atau jenis tanaman yang ingin dipindah. Lalu sentuh dan tahan bagian layar, dan Snap akan mulai untuk memindai objek di dalam layar. Nantinya informasi akan muncul dalam bentuk pop-up, tampilkan nama tanaman.

Tinggalkan komen