Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tutup Tahun 2020, JOOX Ciptakan Lagu Khusus Untuk Apresiasi Musisi Lokal

2 858

Sepanjang tahun 2020, JOOX telah mencoba untuk hadirkan beragam fitur yang relevan untuk para pengguna atau pendengarnya. Menjadi salah satu platform streaming musik yang mendominasi, aplikasi ini hadir dengan beberapa fitur yang cukup diminati oleh penggunanya. seperti fitur Quick Sing yang memungkinkan untuk karaoke langsung di rumah.

JOOX juga sempat mengadakan kampanye untuk lebih peduli dengan kesehatan mental penggunanya, dengan merilis playlist khusus dan bekerja sama dengan musisi lokal. Kali ini, mendekati akhir tahun 2020, JOOX mengajak untuk memberi apresiasi kepada para musisi Indonesia, yang terus berkarya dan menemani sepanjang tahun. Lewat sebuah kampanye bertajuk “#TerimaKasih2020”.

Baca juga: JOOX Local Pride, Konsumsi Lagu Indonesia Meroket 300%

Durasi Penggunaan Aplikasi JOOX Meningkat Sepanjang 2020

JOOX Quick Sing

Lewat sebuah konferensi virtual yang diadakan Rabu (16/12), Yuanita Agata selaku Head of Marketing, JOOX Indonesia menyampaikan bila tahun ini penuh dengan lika-liku dan tantangan. “Di saat banyak orang yang tidak berdaya, kami melihat banyak musisi yang justru bangkit dan terus berkarya.” Para musisi tetap hasilkan karya baru dengan pesan positif di dalamnya.

“Dari riset yang kami lakukan pun, musik menjadi salah satu pilihan hiburan masyarakat yang mudah diakses dan mampu menemani apapun kata hati kita selama tahun ini,” tambah Yuanita. Melalui riset internal JOOX, pengguna habiskan lebih dari 1 jam tiap harinya di aplikasi JOOX. Ada lebih dari 600 lagu yang diputar setiap bulannya.

Selain mendengarkan lagu, fitur karaoke Quick Sing yang ada di aplikasi JOOX juga hadir menjadi salah satu kegiatan home-cation yang disukai penggunanya. Hal tersebut terbukti dari kenaikan pengguna karaoke sebanyak 30%, dengan lebih dari 3,000 lagu yang sudah diputar sejak awal masa pandemi. Untuk itu, JOOX terinspirasi untuk persembahkan lagu khusus.

Beri Apresiasi Untuk Musisi Lokal

JOOX Media Briefing Terima Kasih 2020
(kiri – kanan – bawah): Yuanita Agata – Head of Marketing JOOX Indonesia dan dua musisi lokal, Agatha Pricilla & Mondo Gascaro dalam media briefing Kamis (17/12).

JOOX berkolaborasi dengan musisi lokal, Agatha Pricilla dan Mondo Gascaro untuk merilis lagu berjudul “Cipta di Batas Rasa”. Lagu yang juga dilengkapi video musik ini didedikasikan kepada seluruh musisi yang tak berhenti berkarya sepanjang 2020. Juga mengajak masyarakat untuk sampaikan apresiasinya kepada musisi lewat kampanye #TerimaKasih2020.

Pengguna bisa akses Instagram resmi JOOX untuk gunakan template IG Story #TerimaKasih2020 untuk berterima kasih kepada musisi favorit mereka. “Masa pandemi ini benar-benar masa yang sulit untuk semua orang, termasuk kami para musisi,” terang Agatha. Namun kemudian, ia bersama Mondo terinspirasi untuk ciptakan sebuah lagu, dari karya-karya para musisi yang dapat membantu menenangkan dan menyuarakan kata hatinya.

JOOX juga menghadirkan program “Kanal Komunal”, sebuah talkshow inspiratif yang hadirkan musisi dari berbagai daerah, termasuk beberapa komunitas kreatif untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Program tersebut diadakan setiap Jumat pukul 8 malam WIB di platfom JOOX Live. Serta program “Orkes Musik Dangdut”, hadirkan konten dangdut yang baru serta interaktif.

Sepanjang tahun 2020, Andmesh serta Rossa menjadi penyanyi favorit sepanjang tahun 2020, dan Armada memuncaki group maupun band yang paling favorit. Sementara untuk lagu terbaik, posisi pertama ditempati oleh Mahen (Pura-Pura Lupa) diikuti oleh Andmesh (Kumau Dia) Dan situasi tersebut terbalik untuk album terbaik—Cinta Luar Biasa milik Andmesh nomor satu, diikuti Pura-Pura Lupa.

Andmesh, Rossa dan Armada juga berhasil menjadi artis paling populer di JOOX, berurutan dari yang nomor satu. Untuk jumlah pemutaran lagu, Andmesh berhasil mencapai jumlah 48 juta kali pemutaran oleh para pengguna JOOX. Ke depannya, JOOX bakal terus mencoba untuk menjadi Rumah Jagoan Lokal, jadi wadah terbaik untuk musisi lokal.