Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Snack Video, Aplikasi Video Pendek Pesaing TikTok yang Tengah Viral

0 19.883

Popularitas TikTok besutan ByteDance membuat perusahaan lain, yang juga sama-sama berasal dari China, tergerak untuk membuat aplikasi kompetitor. Lahirlah Snack Video yang dibuat oleh perusahaan asal Beijing, China, bernama Kuaishou Technology yang didukung oleh raksasa internet Tencent Holding sebagai investornya.

Kuaishou dan ByteDance adalah dua pemain terbesar di pasar video pendek. Menurut Qianzhan Industry Research Institute Institut, bisnis kedua perusahaan tersebut meraup lebih dari 100bil yuan tahun lalu di China saja. Dalam dua bulan pertama tahun ini, Kuaishou melaporkan bahwa aplikasi besutannya di Tiongkok memiliki 300 juta pengguna aktif harian, sementara Douyin – nama TikTok khusus untuk pasar China – melaporkan 400 juta pengguna aktif harian.

Snack Video sendiri baru beberapa bulan ini masuk pasar Indonesia. Snack Video membatasi rekaman video dengan durasi 57 detik, sedikit lebih pendek dari TikTok yang durasi maksimalnya 60 detik. Meski tergolong pemain baru, mereka langsung ngebut.
Baca juga: Fakta TikTok, Aplikasi Video Singkat yang Sering Disebut “Alay”

Peringkat Atas Aplikasi di Play Store

Snack Video Play StoreDalam waktu singkat, aplikasi sosial video pendek Snack Video telah menduduki peringkat teratas aplikasi seluler Google Play Store Indonesia dan mendominasi  peringkat  pertama  sejak  22  Juni  2020. Hal itu menjadikan Snack Video sebagai  aplikasi  yang  paling  banyak  diunduh  oleh  pengguna Android. Tak heran, dengan dukungan dari Tencent, bukan perkara sulit untuk memasarkan platform ini.

Wu Yan, Head of Global Operations of Snack Video, mengaku senang akan tingginya antusias masyarakat Indonesia dalam membuat, menikmati, berbagi video, juga membangun koneksi pada komunitas Snack Video. Sehingga berhasil meraih peringkat pertama di Play Store.

“Kami dengan senang hati terus mengajak para Snacker untuk menggunakan platform kami sebagai panggung online calon bintang berlatih. Kami berharap Snacker dapat bersenang-senang, berbagi pengetahuan, menunjukkan bakat, juga mengekspresikan gaya dan kreativitas diri sendiri layaknya kami saat menikmati karya-karya Snacker di Indonesia,” ujar Wu Yan dalam siaran pers yang diterima Gizmologi (4/7).

Baca juga: Rekomendasi 6 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android & iPhone

Algoritma dan Fitur Snack Video

screenshot aplikasi snack video
screenshot aplikasi snack video

Sebagai aplikasi teknologi hiburan yang tergolong baru di Indonesia, popularitas Snack Video berkembang pesat. Semenjak kemunculannya, aplikasi ini diklaim telah menarik jutaan pengguna aktif di Indonesia.

Snack Video memiliki algoritma yang unik. Di mana setiap video yang direkomendasikan sesuai dengan minat dan kebiasaan pengguna. Selain itu algoritma juga memperluas batasan minat masing-masing pengguna untuk menghindari pengulangan konten dan informasi yang ada. Walau sepintas algoritma serupa diterapkan juga di TikTok.

Pihak Snack Video menyebut mekanisme dalam hal traffic dan promosi terhadap sebuah konten sangat memperhatikan kualitas video yang dihasilkan dibandingkan popularitas si pembuat konten. Oleh karena itu mereka percaya bahwa setiap orang tanpa terkecuali memiliki keunikan dan ciri khas untuk menjadi bintang.

Snack Video, Panggung untuk Calon Bintang

Snack Video menyediakan platformnya sebagai panggung bagi calon bintang untuk dikenal dan diakui oleh banyak orang. Selain itu, terdapat berbagai macam program bagi pengguna, seperti Gebyar Lebaran Snack, Snack Weekly Star, dan terbaru Original Rising Music Talent.

Setiap pengguna dapat mengikuti program yang kekinian dan seru sekaligus berkesempatan untuk memenangkan hadiah atau menjadi bintang populer di aplikasi Snack.Aplikasi video pendek ini punya keragaman  fitur,  aktivitas, dan konten video  yang berkisar dengan musik, tari, komedi, makeup,  olahraga, hingga kehidupan sehari- hari.

Salah satu program terbaru yang dibuat untuk pengguna Snack Video adalah Original Rising Music Talent, yang berjalan sejak 23 Juni. Ajang ini mengundang Snackers untuk menunjukkan bakat tersembunyi mereka melalui musik dan bernyanyi. Ke depannya, Snack Video memastikan akan lebih banyak fitur dan program yang menarik untuk dinikmati semua Snackers.

“Ke depan, kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik mulai dari fitur, filter, dan juga program seru untuk dinikmati para Snacker,” pungkas Wu Yan.