alexa

Instagram Lite Sudah Bisa Diunduh, Aplikasi Versi Ringan Hanya 2MB

Meski keberadaan smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni kini semakin murah, masih banyak masyarakat yang khususnya tinggal di negara berkembang, tetap berkutat dengan perangkat lamanya dengan ragam keterbatasan. Aplikasi seperti Instagram Lite dihadirkan agar mereka masih bisa menikmati konten foto dan video yang dibagikan pada platform milik Facebook tersebut.

Sejatinya, Instagram Lite sendiri telah diinisiasi sejak 2018, namun kemudian baru lebih serius pengembangannya pada bulan Maret lalu. Saat itu, direncanakan bila aplikasi ini bakal hadir di 170 negara, dan kini Indonesia secara resmi kebagian aplikasi Instagram hemat memori tersebut. Tentunya, memiliki beberapa perbedaan disbanding versi orisinilnya.

Tidak semua masyarakat telah memiliki smartphone Android yang memadai dengan memori besar atau konektivitas Wi-Fi sepanjang hari. Masih ada saja masyarakat di sekitar yang gunakan smartphone dengan penyimpanan internal 4 – 8GB, dengan jumlah kuota paket data terbatas. Lewat Instagram versi ringan ini, mereka bakal tetap dapat menikmati postingan Stories teman dan keluarga.

Baca juga: Diluncurkan di 170 Negara, Instagram Lite Pangkas Pemakaian Kuota

Kehadiran Instagram Lite Sekaligus Rayakan Bulan Ramadan

Instagram lite
Tampilan Instagram Lite

Melalui sebuah rilis, Peter Lydian, pimpinan Facebook untuk Indonesia mengatakan bila setahun adanya pandemi tak meredam semangat berbagi di antara para pengguna Instagram. “Dengan kehadiran Instagram Lite dan kampanye #MonthofGood, kami ingin Instagram menjadi tempat bagi para pengguna menjadi pribadi yang lebih kreatif dan ekspresif, untuk terus berbagi kebahikan secara virtual.”

Ya, bertepatan di bulan yang penuh berkah, Instagram tengah mengadakan kampanye #MonthofGood, di mana bertujuan agar para penggunanya dapat rayakan bulan puasa secara virtual. Salah satunya adalah dengan menghadirkan stiker khusus Ramadan, karya perancang asal Bahrain, @haluulie, yang bisa ditemukan oleh pengguna di Galeri Stiker pada fitur Instagram Stories.

Tak hanya itu, Instagram juga mengajak enam pesohor di Indonesia untuk adakan sebuah sesi siaran langsung, lewat program bertajuk #NgabuburitdiInstagram. Program ini diadakan setiap hari Sabtu dan berlangsung selama 30 menit setiap sesinya.

Perbedaan Instagram Lite dengan Versi Orisinil

Instagram Lite

Lantas apa saja perbedaan Instagram Lite dibandingkan versi yang sudah ada di Google Play Store? Sesuai dengan namanya, aplikasi ini lebih hemat memori—saat dipasangkan ke Galaxy A52, hanya perlu mengunduh sekitar 2MB, dan aplikasi terpasang dengan ukuran 3MB saja. Ketika dibuka, tampilannya serasa tampilan Instagram Lite serasa versi web yang dibuat mobile, seolah menggunakan HTML5 untuk membuatnya ringan.

Fitur-fitur mendasar ada di Instagram Lite. Yang banyak dipangkas adalah fitur-fitur untuk akun bisnis, di mana kamu tak bisa melihat insight atau atur kampanye suatu postingan. Begitu pula dengan tampilan inbox atau direct message, tidak ada juga pembeda antara tab pesan primary serta general.

Saat memposting Instagram Stories, tidak ada opsi seperti kolase, handsfree dan lainnya di Instagram Lite. Hanya ambil foto dan merekam standar. Sementara opsi filter hanya muncul ketika kita memilih foto yang diakses dari galeri, termasuk stiker dan lokasi. Fitur untuk siaran langsung Instagram Live juga absen pada aplikasi ini.

Secara keseluruhan, Instagram Lite cukup bisa dijadikan alternatif bagi Gizmo friends yang mungkin hanya ingin sekadar cek Instagram Stories teman dan keluarga dan tidak membutuhkan semua fitur yang ditawarkan aplikasi versi orisinilnya. Lumayan, menghemat memori.

Tinggalkan komen