Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Cara Mengembalikan Posting Foto yang Terhapus di Instagram

0 474

Dalam berbisnis atau menampilkan personifikasi diri (personal branding)di Instagram, profil bio adalah kunci mendapatkan jumlah pengikut yang lebih banyak. Karena semakin banyak pengikut, semakin banyak orang yang berpotensi membeli produk Anda. Dalam mengupdate biodata instagram, pengguna dapat menghapus foto atau video yang tak sesuai keinginan. Hal itu dilakukan untuk dapat merapikan kembali feed, sehingga tampilan bio menjadi lebih segar serta berbeda.

Baca juga: Instagram Perketat Interaksi Pengguna Dewasa dan Remaja

Selain itu, beberapa alasan seseorang menghapus foto karena jumlah like yang sedikit. Setiap pengguna menjadi kurang percaya diri untuk menampilkan bio Instagram ke publik. Terkadang, foto-foto yang mempunyai kesan khusus malah terhapus dengan tidak sengaja. Panik dan takut itulah perasaan pengguna mengetahui fotonya telah terhapus.

Dapat Melindungi Pengguna Dari Penyusup

Instagram
Recently Deleted dapat mengembalikan foto yang telah terhapus (Instagram)

Tak perlu khawatir, untuk mengatasi hal ini Instagram telah mengeluarkan fitur “Recently Deleted”. Sebuah fitur yang membantu pengguna mengelola kontennya. Pengguna dapat meninjau dan memulihkan konten yang dihapus di aplikasi Instagram. Melalui fitur ini, pengguna juga dapat terlindung dalam membantu mencegah peretas menyusupi akun Anda dan menghapus kiriman yang telah terbagikan.

“Mulai hari ini, kami akan meminta orang untuk memverifikasi terlebih dahulu bahwa mereka adalah pemegang akun yang sah saat menghapus atau memulihkan konten yang baru dihapus secara permanen,” ungkap Instagram lewat laman resminya.

Baca juga: Diluncurkan di 170 Negara, Instagram Lite Pangkas Pemakaian Kuota

Berbagai macam postingan seperti foto, video, reels, IGTV, dan stories yang dapat pengguna pilih untuk dihapus segera dari akun Anda dan dapat dipindahkan ke folder Baru. Untuk Stories yang telah terhapus dapat dikembalikan ke folder hingga 24 jam. Sementara untuk foto, video, reels dan IGTV akan otomatis dihapus 30 hari kemudian.

Langkah-Langkah Mengembalikan Postingan Terhapus di Instagram

Instagram
Tampilan Recently Deleted (Screenshot Pribadi TL)

Untuk dapat mengakses konten yang telah terhapus, pengguna hanya perlu membuka profil kemudian klik tanda titik tiga pada pojok kanan atas. Setelah itu, pilih pengaturan dan lanjutkan ke Akun.

Pada aplikasi yang telah diperbarui menu Recently Deleted (Baru Saja Dihapus) dapat ditemukan. Dari menekan tombol tersebut, Anda dapat memulihkan atau menghapusnya secara permanen. Selanjutnya pilih postingan yang ingin Anda pulihkan dan pilih Restore (kembalikan).

Baca juga: Instagram Live Rooms Mungkinkan Sesi Live Video Hingga 4 Orang

Nantinya, pengguna hanya perlu melakukan proses verifikasi dengan memasukkan kode OTP (One Time Password) yang akan dikirimkan melalui SMS atau e-mail berdasarkan nomor telepon pengguna di Instagram. Langkah selanjutnya pilih Confirm (Konfirmasi). Melalui proses verifikasi tersebut, dapat memastikan pemilik akun sendirilah yang telah mengembalikan postingan dan stories.

Tinggalkan komen