Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mengenal Muslimnesia, Aplikasi Kekinian untuk Muslim Milenial

Aplikasi Muslimnesia optimis bisa mencapai hingga 1 juta unduhan tahun ini.

Tepat di bulan Ramadan 1440H, lahir aplikasi Muslimnesia yang hadir sebagai referensi kebutuhan belajar dan mendalami ilmu agama.  Dibuat oleh kreator lokal, aplikasi Muslimnesia berupaya untuk hadir sebagai solusi bagi generasi muslim muda modern (milenial) Indonesia.

Berdasarkan data Alvara Research Center (2017), sebagian besar masyarakat muslim Indonesia mengaku terlibat acara keagamaan setidaknya sekali setiap pekan (36,6%), bahkan lebih dari satu kali per minggu (34,4%)2. Data ini turut didukung fakta bahwa peminat produk/layanan halal di Indonesia turut tumbuh. Kondisi ini kemudian melahirkan kebutuhan informasi lebih luas, mencakup banyak sisi mulai dari doa pendamping sehari-hari hingga informasi spesifik untuk mendukung gaya hidup islami lebih mendalam.

Ariani Rudjito, Founder Muslimnesia, mengamini bahwa kebutuhan informasi muslim milenial tumbuh kian besar seiring dengan meningkatnya antusiasme mendalami ajaran Islam yang dimulai sejak usia muda. Muslimnesia sendiri berupaya menyajikan wawasan ke-Islam-an yang lengkap sekaligus praktis sebagai pendukung gaya hidup Islami sehari-hari dalam membangun gaya hidup halal dan berkah.

Ki-ka: Para pendiri Muslimnesia, Muhammad Assad, Billtraviano Harda, Ariani Rudjito, dan Adrian Maulana

“Muslimnesia adalah aplikasi rujukan yang menyajikan wawasan keislaman lengkap sekaligus praktis sebagai pendukung gaya hidup Islami sehari-hari. Karya asli anak bangsa Indonesia ini hadir sebagai solusi yang memahami betul kebutuhan muslim muda modern di Tanah Air, yang tersampaikan melalui ragam fitur segar dan desain aplikasi simpel,” ujar Ariani.

Ia menambahkan, aplikasi yang dibesutnya ini diharapkan mampu menjadi kontribusi nyata untuk menghubungkan kalangan muslim muda modern Indonesia lewat sentra informasi terpercaya sehingga menumbuhkan semangat belajar dan menerapkan kaidah Islam secara lebih baik.

“Kami optimis bisa mencapai hingga 1 juta unduhan tahun ini, sehingga kian banyak generasi muslim muda tanah air yang dapat menjalani proses perjalanan spiritual yang lebih baik lagi setiap harinya,” ujar Ariani.
Baca juga: Melalui Kompetisi Robot, Siswa Madrasah Ditantang Berikan Solusi Mitigasi Bencana

Related Posts
1 daripada 37

Fitur Aplikasi Muslimnesia

Aplikasi Muslimnesia hadir dengan fitur-fitur pembeda yang inovatif, tampilan modern nan simpel dan target pengguna yang khas, yakni kalangan muslim milenial Indonesia. Selain Ariani, Muslimnesia tercetus dari kolaborasi gagasan Billtraviano Harda, Muhammad Assad selaku Founder, dan Adrian Maulana.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan di Muslimnesia

  • “Cari Masjid”: menyajikan informasi masjid terdekat berbasis lokasi; memudahkan pengguna untuk menjalankan ibadah salat wajib ataupun sunah.
  • “Jadwal Kajian”: menyediakan informasi jadwal belajar mengenai Islam (majelis ta’lim), juga berbasis kedekatan lokasi; interaktif dan memungkinkan pengguna untuk memilih/menentukan topik dan ustad pembimbing materi, serta dikembangkan untuk hadir dalam bentuk podcast.
  • “Halal Radar”: memberikan informasi tempat dan sarana publik yang telah memberikan pelayanan halal dan fasilitas yang Islami/Syariah (rumah sakit, hotel dan restoran) berbasis kedekatan lokasi.
  • “Sedekah”: membantu kalangan muslim muda bersedekah secara simplistis dengan pilihan kegiatan filantropi yang beragam; Muslimnesia berkolaborasi dengan lembaga pengelola dana sosial terkemuka, antara lain Rumah Zakat dan ACT, sebagai mitra penyalur donasi.
  • “Quran dan Doa”, “Waktu Sholat”, “Kiblat” dan “Jadwal Puasa” yang simpel dan memudahkan pengguna menjalankan rangkaian ibadah wajib ataupun sunah.

Di bulan Ramadan 1440H, Muslimnesia menggagas kampanye perdana #SiapSiapRamadan dengan memperkuat fitur kustom berciri Ramadan. Untuk memotivasi  muslim muda modern Indonesia mengoptimalkan ramadan sebagai momen untuk perubahan diri yang lebih baik, Muslimnesia melengkapi fitur-fiturnya dengan informasi dan layanan yang bantu pengguna beribadah sepanjang Ramadan – seperti:

  • “Sedekah” menawarkan paket sembako, berbuka puasa, Hari Raya Idul Fitri, dan paket lain.
  • “Jadwal Kajian” menambahkan pilihan lokasi tarawih dan ustad penceramah di bulan Ramadan.
  • Hingga menu yang dukung Ramadan berjalan lebih baik seperti pengingat imsak serta artikel-artikel khusus Ramadan

Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Play Store dan App Store.