PeduliLindungi akan Terintegrasi dengan Lebih Banyak Platform Digital

Jakarta, Gizmologi – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengintegrasikan fitur PeduliLindungi ke lebih banyak platform digital. Kini sudah 15 aplikasi populer yang terintergasi dengan fitur scan QR Code di PeduliLindungi.

Menurut Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji, integrasi fitur PeduliLindungi dengan platform mitra bertujuan agar pemanfaatan PeduliLindungi bisa lebih luas. Bahkan menurutnya, ada 35 mitra baru yang akan terhubung di masa mendatang dengan PeduliLindungi.

Sekarang masih uji coba menggunakan API PeduliLindungi. Diharapkan dengan ini, pengamanan terhadap penyebarluasan Covid-19 bisa dikendalikan dengan fitur di PeduliLindungi,” tutur, dalam konferensi pers mengenai Integrasi Fitur Scan QR PeduliLindungi dengan Platform Digital, Kamis (7/10/2021).

Setiaji tidak menyebutkan nama aplikasi apa saja yang akan terintegrasi dengan PeduliLindungi ini. Namun, menurutnya fitur PeduliLindungi akan terintegrasi dengan berbagai jenis platform digital sesuai kebutuhan pengguna.

“Ada yang terkait dengan platform digital kesehatan, perbankan, ada juga platform travel. Ini cukup banyak, nanti kita akan sampaikan daftarnya setelah itu bisa dijalankan,” tutur Setiaji.

Adapun, daftar 15 aplikasi yang terintegrasi PeduliLindungi untuk saat ini, terdiri dari aplikasi sebagai berikut:

1. Gojek
2. Tokopedia
3. Grab
4. Traveloka
5. Tiket
6. Dana
7. Shopee
8. Livin’ by Mandiri
9. Cinema XXI
10. LinkAja
11. Goers
12. Jaki
13. BNI Mobile
14. MCash
15. Loket

Sebatas Scan QR Code

Aplikasi PeduliLindungi
Fitur QR Code di Aplikasi PeduliLindungi

Perlu diperhatikan, pemanfaatan fitur PeduliLindungi saat ini sudah terintergasi pada 15 aplikasi digital, seperti Gojek dan Tokopedia. Namun perlu, fitur PeduliLindungi di aplikasi Gojek dan kawan-kawan ini hanya sebatas kebutuhan scan QR Code.

“Iya hanya untuk scan QR Code (check in/check out ke lokasi yang ramai),” imbuh Setiaji.

Sedangkan fitur PeduliLindungi lainnya, untuk melacak penyebaran Corona, informasi zona merah, hasil tes vaksin, maupun download sertifikat vaksin COVID-19 tetap tersedia di aplikasi PeduliLindungi.

Hal itu memungkinkan agar masyarakat bisa tetap beraktivitas di area yang diwajibkan untuk check in/check out pada lokasi ramai, misalnya restoran, mal, maupun tempat hiburan. Sehingga memudahkan aktivitas masyarakat di luar rumah, sekaligus mengatasi keterbatasan memori penyimpanan saat pemakaian aplikasi PeduliLindungi.

Kolaborasi berupa integrasi fitur PeduliLindungi dengan aplikasi populer di Indonesia dituangkan melalui KMK Nomor HK/0107/Menkes/5680/2021. Aturan ini berisikan pedoman, tata cara, dan landasan terkait pemanfaatan QR Code PeduliLindungi hingga keamanan data pribadi para penggunanya.

Tinggalkan komen