Rayakan HUT RI, Resso Aransemen Ulang Lagu ‘Zamrud Khatulistiwa’ Bersama 5 Musisi

Jakarta, Gizmologi – Sebagai penyedia platform musik streaming terkemuka di Tanah Air, menjadi relevan kepada masyarakat termasuk hal yang penting bagi Resso. Termasuk dalam memanfaatkan euforia menjelang hari kemerdekaan RI yang ke-76, bertepatan pada hari Selasa (17/8). Untuk meramaikan, Resso telah meluncurkan kampanye khusus.

Lewat kampanye bertajuk “Bersama Musik Dibawa Asik”, Resso merilis ulang lagu legendaris ‘Zamrud Khatulistiwa’ yang umum sekali diputar pada momen-momen kemerdekaan. Tak sekadar merilis ulang biasa, diadakan kolaborasi bersama empat penyanyi dan musisi kenamaan Tanah Air. Secara eksklusif hadir saat ini lewat platform streaming musik sosial pertama yaitu Resso.

Baca juga: Adakan Coaching Clinic Rutin, Resso Terus Orbitkan Musisi Baru Sepanjang 2021

Keempat penyanyi tersebut adalah Rossa, Kunto Aji, Rayi Putra dan Aurelie. Sementara Dipha Barus dipercaya untuk melakukan aransemen ulang lagu nasional tersebut. Menurut Diza Anindita, Head of Marketing Resso Indonesia, Ressonited merupakan program spesial untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Lagu ‘Zamrud Khatulistiwa’ Dipopulerkan Chrisye di Tahun 1996

Resso

“Di masa pandemi ini, tentunya banyak sekali tantangan-tantangan yang harus dihadapi semua pihak, tanpa terkecuali. Melalui kampanye Bersama Musik Dibawa Asik, kami ingin membangkitkan semangat dan optimisme untuk menghadapi situasi yang memprihatinkan dan penuh ketidaknyamanan ini,” jelas Diza lewat sebuah sesi virtual Jumat (13/8).

Bila Gizmo friends lupa atau belum familiar dengan judul lagunya, ‘Zamrud Khatulistiwa’ sendiri ditulis oleh Guruh Soekarno Putra, dan kemudian dinyanyikan oleh Keenan Nasution di tahun 1978 lalu. Sebelum akhirnya dipopulerkan oleh penyanyi legendaris, Chrisye pada tahun 1996.

Lirik lagu ‘Zamrud Khatulistiwa’ berisi tentang kekaguman dan puji syukur yang cerminkan kebanggaan terhadap Indonesia. “Resso memilih lagu ini karena lirik dan irama musiknya asik didengar dan abadi sepanjang masa, tak lekang oleh waktu,” tambah Diza.

Lewat lagu tersebut, diharap dapat menginspirasi dan juga relevan dalam kondisi Indonesia saat ini. Resso juga berniat untuk perkenalkan lagu legendaris 90’an ke generasi yang lebih muda, melalui tema yang dibawanya hari ini.

Dinilai Sangat Relevan Untuk Rayakan HUT RI

Ressonited Bersama Musik Dibawa Asik Zamrud Khatulistiwa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyanyi lagu yang dirilis ulang kali ini tak hanya satu, melainkan empat dengan genre dan warna suara berbeda masing-masing. Hal tersebut tentunya jadi tantangan tersendiri, terutama untuk Dipha Barus yang bertugas mengaransemen ulang lagu tersebut.

Ditambah dengan proses pengerjaan yang dilakukan dalam waktu hanya dua bulan. Meski begitu, ia memiliki kesan tersendiri. Dipha mengaku bila versi Keenan merupakan lagu yang paling dia sukai semasa kecil. Sehingga menjadi semangatnya untuk aransemen ulang lagu tersebut—dirasa seperti menggambar ulang sebuah lukisan favorit.

Bila Kunto Aji berpendapat kalau liriknya mengingatkan ia untuk mensyukuri tempat masyarakat Indonesia dilahirkan, penyanyi senior, Rossa menyatakan kegembiraannya telah bergabung dalam proyek Ressonited, dinilai sebagai ide yang fresh dalam peringati hari kemerdekaan.

“Tahun ini merupakan tahun kolaborasi, saling bergandeng tangan dan mendukung satu sama lain,” tambah Rossa. Saat ini, lagu aransemen ulang eksklusif ‘Zamrud Khatulistiwa’ hanya dapat dinikmati di dalam aplikasi Resso dan TikTok.

Tinggalkan komen