Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

5 Aplikasi Pilihan untuk Belajar Online di Rumah

1 35.118

Pandemi COVID-19 yang makin meluas sangat berdampak bagi anak-anak sekolah. Karena pemerintah menghentikan aktivitas di sekolah dan menggantinya dengan belajar di rumah secara daring (online). Ada beberapa aplikasi belajar online yang bisa dipakai oleh para siswa selama berada di rumah.

Beberapa sekolah sudah mengikuti kemajuan teknologi dengan mengimplementasi edutech (teknologi edukasi), baik aplikasi belajar online buatan sekolah tersebut maupun platform yang sudah beredar di Google Play Store.

Untuk mengakses aplikasi-aplikasi tersebut tentunya diperlukan perangkat terkini yang mendukung agar kegiatan belajar mengajar secara online dapat dilakukan secara optimal. Salah satunya adalah perangkat A91 dari OPPO yang baru saja meluncur bulan Maret lalu.

OPPO A91 dapat menjadi teman belajar yang mengasyikkan selama belajar daring. Karena kamu tidak perlu khawatir dengan daya tahan OPPO A91 yang memiliki kapasitas baterai yang besar 4000mAh dan didukung pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0. Sehingga sangat menghemat waktu dalam pengisian data dan membuat lancar aktifitas belajar daring seharian di rumah sebagaimana kampanye #BetterAtHome.

Sebenarnya ada puluhan layanan aplikasi belajar online yang disediakan oleh startup pendidikan dan perusahaan teknologi. Mulai dari sekelompok fitur untuk guru/sekolah membuat “kelas online”, program belajar mandiri, hingga program live-teaching layaknya sekolah harian.

Dari berbagai aplikasi belajar online di Play Store, berikut ini rekomendasi aplikasi belajar online yang mudah digunakan oleh para siswa selama #DiRumahAja.

Aplikasi Belajar Online

1 Ruangguru

Ruangguru
Aplikasi belajar online Ruangguru

Tak bisa dimungkiri, inilah aplikasi belajar online paling populer di Indonesia. Karena memiliki bujet marketing yang besar untuk promosi hampir setiap hari di televisi. Aplikasi Ruangguru ini didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara yang sekarang juga menjabat sebagai stafsus Presiden RI.

Aplikasi belajar online ini menyediakan semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru yang tergabung di Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

Program ini bisa diakses oleh siswa yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak. Sesi sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang. Selain itu, pengguna dapat mengerjakan soal di fitur Bank Soal dan TryOut secara gratis. Dibanding aplikasi belajar online lainnya, Ruangguru memiliki ukuran paling besar yakni 82.76MB.

2 Quipper

Quipper
Aplikasi belajar online Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang berdiri pertama kali pada tahun 2010 di London, Inggris. Layanan Quipper saat ini telah dapat dinikmati di beberapa negara seperti Jepang, FIlipina, Meksiko dan Indonesia. Sejak tahun 2015, Quipper telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia dengan telah digunakan oleh lebih dari 5 juta siswa dan 350.000 guru di seluruh Indonesia.

Saat ini aplikasi belajar online Quipper memiliki empat layanan utama. Pertama, QuipperScholl sebagai sistem manajemen belajar untuk guru dan siswa pada jenjang SMP dan SMA. Kedua, QuipperVideo sebagai E-learning berbasis video online untuk belajar mandiri dengan peruntukan bagi siswa SMP dan SMA (Kelas 9 – 12). Ketiga, QuipperVideo MasterClass yang merupakan layanan premium dari Quipper Video dengan dua fitur interaktif: Tanya Tutor dan Bimbingan Online. Program ini hanya untuk siswa SMA (kelas 10-12). Terakhir, QuipperCampus sebagai portal informasi kampus terlengkap.

Asyiknya, ukuran file aplikasi belajar online Quipper yang bisa diunduh di Google Play Store tergolong sangat kecil, yakni hanya 11MB saja.

3 Kelas Pintar

Kelas Pintar

Kelas Pintar memberikan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari. Pengguna bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik. Dengan metode belajar interaktif menggunakan video dan animasi serta e-book, maka belajar di Kelas Pintar menjadi lebih mudah dan efektif.

Di aplikasi belajar online ini, pengguna juga dapat berlatih soal dalam bentuk HOTS (High Order Thinking Skills), Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions). Hasil belajar dievaluasi dengan Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda, dan Tes Periodik. Aplikasi ini dapat diunduh dengan kapasitas 56.60MB sehingga relatif tidak menguras storage yang ada.

4 Rumah belajar

Rumah belajar

Rumah Belajar, aplikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) ini hanya membutuhkan ruang sebesar 30.29MB di OPPO A91 sehingga tidak menguras kapasitas ROM. Sebagai portal pembelajaran daring, konten yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif.

Aplikasi belajar online ini juga menyediakan Bank Soal mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Materi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun tersedia di dalam aplikasi gratis ini. Adapun fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya berguna untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa selama #DiRumahAja.

5 Zenius

Zenius

Aplikasi belajar online Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dengan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi.

Pengguna Zenius dapat mengakses mata pelajaran, mencoba tes Tryout, atau Ujian Mandiri, serta memperoleh tips belajar. Aplikasi Zenius bisa diunduh di Google Play Store dengan kapasitas 67.48MB. Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran daring dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet hemat.