Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi Hand Wash di Smartwatch Samsung Ingatkan Mencuci Tangan Secara Rutin

0 1.649

Mendekati masa new normal, kita harus lebih aware dengan kesehatan masing-masing. Selain menjaga jarak dengan orang lain dan menggunakan masker, mencuci tangan adalah kegiatan yang paling direkomendasikan. Tak hanya ketika berada di luar rumah, dianjurkan untuk melakukannya beberapa menit sekali sebagai bagian dari rutinitas. Untuk mendukung masyarakat agar tak lupa mencuci tangan, Samsung merilis aplikasi Hand Wash.

Aplikasi ini telah dirilis sejak bulan April lalu, dibuat oleh desainer serta pengembang dari Samsung Research Institute khusus untuk pengguna Samsung wearable. Hand Wash untuk Samsung ini ditujukan agar kegiatan mencuci tangan dapat menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari, dan melakukannya dengan benar sesuai langkah-langkah yang dianjurkan.

Menurut penelitian yang dirilis oleh Universitas New South Wales 2015 lalu, rata-rata orang menyentuh wajah mereka sebanyak 23 kali per jam, di mana 10 dari jumlah tersebut menyentuh daerah sekitar mata, hidung atau mulut. Daerah tersebut menjadi jalur utama yang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau virus. Atas riset tersebut, mencuci tangan menjadi langkah paling mendasar untuk menjaga kebersihan.

Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) menyebutnya sebagai vaksin “do-it-yourself”. Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Global, sejak 2008 lalu. Lewat aplikasi Hand Wash, Samsung mengembangkan aplikasi untuk memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana dan seberapa sering penguna harus mencuci tangannya.

Baca juga: Samsung Galaxy A21s Diresmikan di Indonesia, Targetkan Gen Z Masa Kini

Aplikasi Hand Wash Tersedia Untuk Samsung Wearables

Samsung Hand Wash

Aplikasi Hand Wash dapat ditemukan di Samsung Galaxy Store, pada bagian Watch. Yup, aplikasi ini tersedia khusus pada perangkat wearable Samsung, yaitu Gear S3, Gear Sports, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active dan yang terbaru, Galaxy Watch Active 2. Dengan memasang aplikasi ini, Hand Wash akan secara otomatis mengingatkan penggunanya untuk mencuci tangan pada waktu yang dijadwalkan secara teratur setiap harinya.

Seberapa seringkah kita harus mencuci tangan setiap harinya? Sebuah studi dari University College London (UCL) 2020 menunjukkan bahwa setidaknya kita perlu mencuci tangan 6-10 kali sehaari untuk menurunkan risiko infeksi. Untuk durasi setiap kali cuci tangan, WHO merekomendasikan setidaknya dilakukan selama 20 detik. Samsung membuat aplikasi Hand Wash untuk berikan total waktu 25 detik—5 detik untuk mengoleskan sabun, dan sisanya digunakan untuk menggosok tangan.

langkah mencuci tangan
Petunjuk menggosok tangan yang benar ketika mencuci tangan.

Setelah mengetuk notifikasi yang muncul pada smartwatch, perangkat Samsung Wearable akan memberikan getaran untuk memberitahu jika penghitung waktu dimulai. Perangkat tersebut tentunya tak perlu dilepas ketika mencuci tangan, karena sudah tahan air, sehingga aman untuk tetap digunakan. Samsung juga berikan petunjuk enam langkah menggosok tangan dengan benar.

Hand Wash juga dilengkapi tampilan dashboard yang menunjukkan jumlah cuci tangan seharian maupun mingguan. Kalau pengguna ingin mencuci tangan sebelum alarm pengingat muncul, dapat menekan tombol “cuci sekarang” agar proses cuci tangan tetap dapat tercatat. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan rutin ya!