Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi Shooper Bantu Bandingkan Harga Termurah Antar Toko & Supermarket

0 5.050

Ketika sedang ingin membeli sesuatu, baik itu produk makanan sampai elektronik, konsumen yang teliti biasanya membandingkan harga dari satu toko ke toko lain. Atau secara digital, dari satu e-commerce ke e-commerce lain, memanfaatkan fitur sortir serta lainnya. Lalu bagaimana kalau produk yang dicari hanya tersedia di minimarket? Untuk itu, aplikasi sharing community, Shooper hadir membantu.

Shooper turut dikembangkan di MIT Sloan School of Management, ditujukan agar dapat membantu pengguna mencari harga termurah untuk berbagai macam produk dari sejumlah supermarket, minimarket dan toko luring (offline) di Indonesia. Shooper memanfaatkan metode crowdsource, yaitu mengumpulkan struk belanja yang diunggah oleh pengguna. Data-data yang ada pada struk diolah dan dipersembahkan kembali kepada pengguna agar dapat mencari harga termurah.

Latar Belakang Terbentuknya Shooper

TIm Shooper Indonesia

Shooper hadir dari sebuah startup teknologi asal Indonesia, menggunakan teknologi yang disebut dengan Human Augmentation—penggabungan dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) serta interaksi manusia (human interaction) untuk membaca dan olah data harga produk dari tiap struk belanja yang diunggah penggunanya. Data-data tersebut dikelola secara akurat dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh para pengguna, untuk cari harga termurah, membandingkan harga dan menghemat biaya belanja rumah tangga.

Gagasan awal aplikasi ini sangat sederhana, bermula dari sekumpulan ibu-ibu rumah tangga di daerah Bintaro, Tangerang Selatan, yang suka berbagai informasi tentang belanja sehari-hari mereka. Oka Simanjuntak, CEO & founder Shooper mengatakan, masyarakat Indonesia sebagai salah satu komunitas pengguna media sosial terbesar di dunia membuktikan bahwa interaksi dan saling berbagi informasi sangat penting.

“Melalui platform Shooper ini, masyarakat Indonesia bisa saling berbagi informasi yang bermanfaat dan dapat saling membantu agar semua bisa mendapatkan harga termurah untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Oka. Sebagai penemu, Oka telah memiliki lebih dari 24 tahun pengalaman internasional serta beberapa organisasi global. Selain itu, ia kini juga menjabat sebagai Ketua Dewan untuk Kamar Dagang Australia untuk Sumber Daya Mineral Infrastruktur dan Energi Indonesia.

Fitur Unggulan Aplikasi Shooper

Menurut data dari Nielsen (2019), 95% masyarakat Indonesia masih berbelanja secara luring, terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka juga cenderung sensitif terhadap harga, terlebih pada situasi pandemi saat ini, dimana keadaan ekonomi Indonesia sedang turun akibat virus Covid-19. Untuk itu, Shooper hadir agar pengguna bisa lebih pintar menganalisa promosi dari tiap supermarket. Saat ini, Shooper baru tersedia untuk smartphone Android saja, bisa diunduh langsung lewat Google Play Store.

Untuk setiap struk belanja yang pengguna unggah, Shooper akan berikan ShopperPoint yang merupakan universal point-reward. Jika sudah terkumpul, akan dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik seperti smartphone, produk elektronik dan voucher belanja. Selain itu, terdapat fitur ShooperChef berisi berbagai macam resep yang dibagikan oleh sesama pengguna. Ketika perlu membeli bahan resep, aplikasi akan mencarikan supermarket mana yang menyediakan bahan dengan harga termurah.

Baca juga: AppsFlyer: Penginstalan Aplikasi Belanja & Hiburan Akan Memuncak Sebelum Ramadan

Seiring bertumbuhnya konsep sharing economy di Indonesia, Shooper menempati posisi kuat untuk memanfaatkan teknologi canggih dalam mengolah big data, menghasilkan informasi analitik yang penting baik untuk konsumen dan perusahaan besar. Konsumen akan mendapatkan informasi tentang harga barang-barang di toko-toko fisik, sementara perusahaan akan mendapatkan dataset lebih lengkap tentang perilaku konsumen, tanpa harus menebak. Informasi yang lebih lengkap tersebut diharap dapat membuat perekonomian di Indonesia menjadi lebih kompetitif dan inovasi-inovasi terciptakan.