Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AppsFlyer: Penginstalan Aplikasi Belanja & Hiburan Akan Memuncak Sebelum Ramadan

0 778

Momen bulan Ramadan atau Hari Raya adalah saat yang tepat untuk dimanfaatkan oleh berbagai pihak, salah satu pengembang aplikasi smartphone. Memanfaatkan waktu yang tepat, mereka dapat meningkatkan jumlah unduhan serta jumlah pengguna secara signifikan.

Sebagai perusahaan atribusi pemasaran terdepan di dunia, AppsFlyer telah merilis Laporan Ramadan edisi keduanya, menganalisa perilaku penggunaan aplikasi mobile dan belanja iklan aplikasi baik di Indonesia, Malaysia dan Singapura selama periode Ramadan 2019.

Baca juga: Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Belanja Produk Bersertifikat Halal

Aplikasi Kategori Tertentu Mengalami Peningkatan Saat Ramadan

“Berdasarkan hasil riset kami pada tahun 2019, pendapatan dari aplikasi mengalami peningkatan selama periode Ramadan, dengan harapan banyak pegawai akan mendapatkan bonus (THR) di Indonesia,” kata Presiden & Managing Director AppsFlyer Asia Pasifik, Ronen Mense. “Digabung dengan lebih banyak waktu luang, insentif liburan seperti ini membuat orang-orang untuk lebih bersemangat menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman melalui perjalanan atau belanja.”

Ia menambahkan, angka penginstalan aplikasi setiap minggu di awal 2020 masih sangat stabil, namun dampak kuat dari Covid-19 akan lebih terasa dalam pekan menuju Ramadan. “Akan ada sektor ekonomi yang akan menanggung tantangan ekonomi hari ini, tetapi hal ini juga dapat menyajikan kesempatan yang baik, khususnya untuk pemasar aplikasi dalam rumah, seperti permainan dan pengantar makanan untuk menyebut beberapa,” tambah Ronen.

perkiraan tren penginstalan aplikasi ramadan 2020
Tren aplikasi mobile di Indonesia selama masa pandemi Covid-19.

Laporan yang dirilis AppsFlyer ini mencakup sejumlah aplikasi yang telah ter-instal setidaknya 250 kali per pekan dalam kurun waktu 12 bulan, meliputi periode Ramadan tahun 2019. Data tersebut kemudian dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2018. Laporan ini menekankan metrik untuk empat kategori aplikasi teratas, yaitu belanja, perjalanan, hiburan serta keuangan.

Baik di Indonesia, Malaysia dan Singapura, periode puncak untuk instal aplikasi kategori belanja adalah tepat sebelum Ramadan dimulai. Informasi tersebut perlu dicatat bagi para pemasar untuk belanja iklan guna memaksimalkan penginstalan. Setelah itu, tingkat penginstalan aplikasi akan turun dari segi pendapatan dan volume pembelian pada pekan pertama. Menyusul pekan kedua dan ketiga, volume pembelian mencapai puncaknya, bertepatan dengan masa pegawai mendapat bonus Tunjangan Hari Raya (THR).

Untuk aplikasi kategori permainan dan hiburan, peningkatan terjadi dalam dua pekan pertama Ramadan. Di Indonesia, aplikasi hiburan memiliki performa cukup baik dengan tingkat retensi 6% selama 30 hari. Sementara aplikasi kategori perjalanan terus meningkat jelang Ramadan, dengan kecenderungan masyarakat merencanakan perjalanan mudik mereka sebelum Hari Raya.

tren aplikasi belanja ramadan 2019
Tren penginstalan aplikasi kategori belanja selama masa Ramadan 2019.

Pekan pertama Ramadan menjadi masa penurunan tingkat instalasi dan volume pendapatan pada hampir seluruh kategori, terutama hiburan. Setelah itu, perlahan kesempatan untuk pemasangan iklan meningkat dari pekan ke pekan hingga jelang Hari Raya. Dan pekan terakhir Ramadan hingga sebelum Hari Raya dapat disebut sebagai periode terbaik untuk pemasaran terarah, karena sebagian besar kategori aplikasi mengalami peningkatan pendapatan. Biasanya, THR dibayarkan sebelum periode ini dan menghasilkan tradisi berbelanja sebelum Hari Raya.

AppsFlyer juga menyampaikan jika perlindungan terhadap penipuan di aplikasi merupakan hal krusial selama periode ini, terutama aplikasi keuangan yang hampir setengah dari penginstalan secara umum dikaitkan dengan kejahatan ini. Kategori aplikasi perjalanan, belanja, hiburan dan sosial juga terkena dampaknya, sementara aplikasi kategori permainan secara umum masih tergolong rendah karena mendapat manfaat dari strategi pemasaran yang lebih canggih.