Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Garmin fēnix 5 Series, Jam Tangan GPS Multisport yang Multifungsi

Jam tangan Garmin fēnix 5 berisi fitur multisport untuk mendukung berbagai aktivitas seperti berlari, naik gunung, berenang, dan bersepeda. Harganya? Setara smartphone premium!

Tren olahraga terutama lari dan bersepeda semakin digemari oleh masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di perkotaan. Bagi produsen, tren seperti ini menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Banyak produk untuk olahraga yang bisa dibuat, salah satunya jam tangan pintar seperti yang dikembangkan Garmin. Perusahaan asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Swiss tersebut meluncurkan jam tangan Garmin fēnix 5 Series.

Untuk pertama kalinya, Garmin menciptakan beberapa ukuran untuk satu jenis produk agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna dengan beragam ukuran pergelangan tangan. Jam tangan ini telah memiliki banyak fitur untuk mendukung berbagai aktivitas penggunanya, termasuk monitor denyut jantung 24/7, masa aktif baterai yang panjang, pelacakan aktivitas harian, teknologi Garmin Elevate untuk mengukur denyut jantung dari pergelangan tangan, dan sejumlah fitur terkoneksi.

Engelhard (Al) Sundoro, Managing Director, Garmin South Asia/India Region, mengatakan seiring upaya Garmin untuk memasuki Asia Tenggara, seri produk ini memungkinkan untuk menawarkan wearable dalam ukuran berbeda agar cocok dengan ukuran pergelangan tangan konsumen di Asia yang cenderung lebih kecil.

“Ini pertama kalinya Garmin menciptakan berbagai tipe untuk satu produk. Agar pengguna tak perlu lagi berkompromi antara mendapatkan fitur yang diinginkan dengan memakai jam tangan yang cocok ukurannya untuk mendukung serangkaian aktivitas olahraga dan kebugaran,” ujar Sundoro.

Sebagai informasi, Garmin fēnix 5 Series terdiri dari tiga varian yaitu fēnix 5S yang paling kecil berukuran 42mm, fēnix 5 standar berukuran 47mm, dan fēnix 5X yang paling besar berukuran 51mm. Model Garmin fēnix 5 yang baru ini adalah rangkaian jam tangan multiguna yang melengkapi penampilan harian dan menjadi alat bantu berolahraga, sekaligus memberikan fitur-fitur multisport.

Peluncuran Garmin fēnix 5 di Jakarta (Foto: @mrbambang)

Fitur multisport di Garmin fēnix 5

Garmin fēnix 5 dirancang untuk mendukung aktivitas kebugaran. Jam ini sudah berisi fitur multisport untuk mendukung berbagai aktivitas penggunanya, termasuk untuk berlari, naik gunung, berenang, dan bersepeda.

Dengan teknologi Garmin Elevate pengukur denyut jantung dari pergelangan tangan, pengguna bisa memonitor denyut jantungnya 24/7, baik saat tidak melakukan apa-apa maupun saat berolahraga, tanpa perlu repot-repot mengikatkan peralatan ke dada.

Selain berbagai profil olahraga, model-model fēnix 5 memiliki pelacakan aktivitas harian sehingga pengguna dapat memakai fēnix sebagai jam tangan sehari-hari dan alat latihan yang tahan kondisi luar ruangan. Edisi Sapphire juga menawarkan lensa yang tahan gores untuk tantangan di luar ruangan.

Fitur navigasi yang terpasang termasuk kompas 3 poros, giroskop, dan altimeter barometrik, sekaligus dukungan GPS dan GLONASS untuk pelacakan di lingkungan yang lebih menantang daripada hanya dengan GPS semata. Pengguna juga dapat langsung melihat status latihan olahraganya dengan widget performa yang memperlihatkan status latihan, beban latihan, dan banyak lagi.

Setiap model fēnix 5 yang baru memiliki ketahanan air hingga kedalaman 100 meter3, dan dibuat agar tahan kondisi luar ruang dengan bezel, tombol, dan panel belakang dari baja stainless steel.

Selain fitur multisport, fēnix 5S, 5, dan 5X juga memiliki berbagai fitur terkoneksi. Jika dipasangkan dengan ponsel pintar yang kompatibel, pengguna dapat melihat notifikasi panggilan telepon, SMS, dan aplikasi seperti pengingat waktu ibadah atau transportasi online, langsung pada pergelangan tangannya.

Semua model fēnix 5 kompatibel dengan Connect IQ Store Garmin sehingga pengguna dapat menyesuaikan jam tangannya dengan aplikasi, widget, bidang data, dan muka jam tangannya. Jam tangan Garmin fēnix 5 juga kompatibel dengan aplikasi Face-It, sehingga pengguna dapat memasang foto favoritnya sebagai muka jam tangannya. Model Sapphire sudah dilengkapi Wi-Fi agar pengguna dapat menyambungkan jam tangannya ke jaringan rumah untuk unggahan otomatis ke Garmin Connect saat masuk dalam jangkauan.

Related Posts
1 daripada 16

Perbedaan Tipe Garmin fēnix 5 Series

1. fēnix 5S dirancang untuk pergelangan tangan kecil

Garmin fēnix 5S adalah jam tangan ramping dan berukuran lebih kecil yang dirancang dengan fokus pada wanita petualang. Dengan ukuran 42mm, fēnix 5S kecil dan nyaman untuk pergelangan tangan yang kecil tanpa mengurangi fitur multisport apa pun. Masa aktif baterai fēnix 5S dapat mencapai sembilan hari dalam mode smartwatch, hingga 12 jam dalam mode GPS dan hingga 28 jam dalam mode UltraTrac (bergantung pada pengaturannya).

2. fēnix 5 berukuran standar dengan masa aktif baterai terlama 

Dengan ukuran 47mm, Garmin fēnix 5 memiliki desain industrial yang baru dan berukuran lebih ringkas daripada model sebelumnya, fēnix 3HR, tetapi memberikan fitur multisport lengkap. Masa aktif baterai fēnix 5 dapat mencapai dua minggu dalam mode smartwatch, hingga 21 jam dalam mode GPS dan hingga 44 jam dalam mode UltraTrac (bergantung pada pengaturannya).

3. fēnix 5X berukuran terbesar yang dilengkapi dengan peta dan lapangan golf

Dibuat untuk pergelangan tangan yang lebih besar, Garmin fēnix 5X berukuran 51mm dan adalah satu-satunya model pada seri fēnix 5 yang sudah diisi dengan peta topografi, peta bersepeda yang dapat ditentukan rutenya, lebih dari 40.000 lapangan golf di seluruh dunia, dan fitur navigasi lainnya seperti Round Trip Run and Round Trip Ride.

Dengan fitur-fitur tersebut, pengguna dapat memasukkan sejauh mana dirinya ingin berlari atau bersepeda, dan jam tangan akan menyarankan sejumlah jalur yang dapat dipilih. Pengguna juga dapat memperoleh panduan dengan hanya melihat sekilas fēnix 5X. Selama aktivitas, panduan yang mudah dibaca akan memberikan pedoman untuk belokan yang akan muncul, dalam bentuk banner pada jam tangan sehingga pengguna selalu tahu rutenya.

Selain itu, pengguna fēnix 5X dapat menggunakan mode peta Around Me untuk mendapatkan pemberitahuan mengenai berbagai tempat menarik, titik tujuan, dan objek peta lainnya yang berada dalam jangkauan pengguna. Pengguna dapat mengkonfigurasikan fēnix 5X untuk melihat data yang dihamparkan langsung ke layar peta dan mempelajari informasi penting tanpa harus beralih layar selama aktivitas. Masa aktif baterai fēnix 5X dapat mencapai 12 hari dalam mode smartwatch, hingga 20 jam dalam mode GPS dan hingga 30 jam dalam mode UltraTrac (bergantung pada pengaturannya).

Harga Garmin Fēnix 5, 5S, dan 5X

Jajaran jam tangan premium Garmin Fēnix 5 Series akan tersedia di toko-toko ritel di Indonesia mulai tanggal 5 Mei 2017. Untuk fēnix 5S (Edisi non-Sapphire) yang berwaran putih dengan tali jam warna Carrarra dibanderol dengan harga IDR9.899.000. Kemudian seri fēnix 5S (Edisi Sapphire) dengan tali jam warna hitam dijual IDR10.849.000.

Selanjutnya, jam tangan Garmin fēnix 5S (Edisi Non Sapphire) Slate Gray dengan tali jam warna hitam dijual IDR 9.899.000. Sedangkan fēnix 5 (Edisi Sapphire hitam) dengan tali jam warna hitam dipasarkan senilai IDR 10.849.000. Terakhir, seri termahal adalah fēnix 5X (Edisi Sapphire slate gray) dengan tali jam warna hitam dijual IDR 11.999.000.

Selain itu, Garmin juga meluncurkan rangkaian tali jam silikon QuickFit yang memungkinkan pengguna dengan mudah melakukan penggantian, klik, dan beres untuk mengubah tali jam tangan hanya dalam hitungan detik dan tanpa alat. QuickFit tersedia dalam beragam warna dan dijual dengan harga ritel Rp 830.000. Tidak ada yang murah, karena ini memang perangkat wearable kelas premium yang harganya setara juga dengan smartphone premium.

This post is also available in: enEnglish (English)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More