Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Beats Flex Dirilis dengan Harga Murah, Cocok Dampingi iPhone 12

0 2.013

Produsen perangkat audio yang satu ini telah diakuisisi oleh Apple sejak 2014 lalu, dikenal dengan lini produk ikoniknya. Logo huruf “b” pada perangkat headphone maupun earphone-nya membuat Beats punya daya tarik sendiri di mata para konsumennya. Kali ini, sebuah earphone baru dirilis di waktu yang tepat.

Diklaim sebagai “most affordable premium wireless earphones”, Beats Flex earbuds diluncurkan dengan harga yang memang tergolong murah jika dibandingkan dengan seri lainnya. Kenapa waktunya bisa dibilang tepat? Karena bertepatan dengan peluncuran iPhone 12 series, yang kita tahu, tidak dilengkapi dengan earphone dalam paket penjualannya, untuk alasan ‘ramah lingkungan’.

Maka Beats Flex hadir sebagai opsi terjangkau bagi pembeli iPhone 12 series yang inginkan earphone nirkabel dengan harga lebih murah dari AirPods maupun AirPods Pro. Perangkat ini bukan berjenis true wireless stereo (TWS) ya, tapi memiliki neckband “Flex-Form” atau bagian yang dikalungkan di sekitar leher. Kelebihannya, lebih tidak rawan jatuh maupun hilang tentunya.

Baca juga: HomePod Mini, Smart Speaker Apple dengan Fungsi Intercom

Spesifikasi Beats Flex Wireless Earphone

Beats Flex

Ketika tidak sedang dipakai, bagian earbud bisa menempel secara magnetik satu dengan yang lain, otomatis menghentikan lagu yang sedang diputar. Untuk spesifikasi, perangkat ini miliki cip yang sama dengan saudaranya yang lebih mahal, Powerbeats Pro, seperti Apple W1 Wireless Chip. Driver-nya dibuat secara custom dengan akustik dual-chamber.

Melalu teknologi tersebut, Beats Flex diklaim bisa hadirkan keluaran audio yang seimbang dengan separasi stereo optimal. “Laser cut micro-venting” juga hadir untuk mengoptimalkan pengantaran suara dari driver ke telinga penggunanya, serta memastikan agar tidak membuat pengguna mudah lelah saat digunakan. Plus sebuah prosesor untuk berikan bass dan mid akurat, serta minim distorsi.

Jika seri sebelumnya seperti Beats X gunakan port lightning seperti iPhone, Beats Flex lebih fleksibel dengan port USB-C. Cip di atas berfungsi untuk instant pairing ke perangkat Apple layaknya AirPods, plus fitur tambahan seperti audio sharing. Dengan teknologi fast charging, isi daya 10 menit membuat perangkat ini bisa digunakan sampai 1,5 jam.

Keunggulan desain neck band adalah daya tahan baterai yang cukup prima, di mana Beats Flex bisa digunakan hingga 12 jam pemakaian. Tak hanya untuk perangkat Apple tentunya, Beats bahkan sediakan aplikasi khusus untuk Android. Supaya perangkat ini bisa dipasangkan dengan cepat, maupun upgrade firmware di berbagai smartphone.

Harga & Ketersediaan Beats Flex

Beats Flex

Perangkat ini bakal mulai tersedia di pasaran pada 21 Oktober mendatang. Mengingat ini bukanlah smartphone yang memerlukan sertifikasi 4G, seharusnya bisa tersedia secara mudah dan cepat di Indonesia. Harganya? Seperti yang sudah diinformasikan, Beats Flex menjadi salah satu perangkat earphone wireless termurah mereka, dibanderol USD49 atau Rp717 ribuan saja.

Saat perilisan, opsi warna yang tersedia hanya Beats Black dan Yuzu Yellow, menyusul opsi varian warna lain seperti Smoke Gray dan Flame Blue di tahun depan. Dengan membawa logo Beats serta teknologi yang cukup canggih, apakah Gizmo friends bakal memilih Beats Flex dibanding earphone TWS lain yang juga banyak dijual di rentang harga sama?