Inilah 6 Perbedaan Fitur Baru OPPO Reno6 vs Reno5

Jakarta, Gizmologi – Resmi diluncurkan pada 16 Juli lalu, OPPO Indonesia hadirkan smartphone kelas menengah terbarunya yang membawa keunggulan fitur video canggih lewat OPPO Reno6. Tampil dengan desain yang familiar, jeroannya pun juga mirip, setidaknya bila dibandingkan di atas kertas, bersama dengan pendahulunya yaitu OPPO Reno5.

Harga yang dibanderol untuk Reno6 memang lebih tinggi, tetapi juga tidak terpaut jauh dari OPPO Reno5 di Rp5,199 juta. Sementara itu, Reno5 yang dijual seharga Rp4,999 juta pun tak langsung di-diskontinyu, alias masih bakal tersedia di pasaran, sebagai opsi yang sedikit lebih murah. Berikan pilihan lebih banyak untuk konsumen.

Baca juga: Review OPPO Reno6: Lebih Menawan, Bawa Fitur Video Unggulan

Kalau spesifikasi di atas kertas hampir mirip, lantas apa yang membuat OPPO Reno6 lebih layak beli ketimbang generasi sebelumnya? Dan apakah konsumen yang telah gunakan Reno5 wajib upgrade ke Reno6? Berikut adalah daftar 6 fitur baru yang dihadirkan oleh OPPO melalui perangkat terbarunya.

Bokeh Flare Portrait

OPPO Reno6 - Bokeh Flare Portrait

Jadi daya tarik utama pada sektor kameranya, OPPO Reno6 mengusung sebuah fitur canggih yang diberi nama Bokeh Flare Portrait. Fitur tersebut berfungsi untuk berikan efek blur yang jauh lebih dramatis, terutama pada pemandangan yang banyak cahaya dan suasana perkotaan, baik siang maupun malam hari.

Sejatinya, fitur ini mirip seperti Night Flare Portrait pada seri Reno5. Namun pada penerusnya, fitur tersebut dikembangkan lebih jauh, juga bisa digunakan di kondisi pencahayaan lain serta tak hanya pada mode foto saja. Saat rekam video pun, efek ditampilkan secara real-time, mampu berikan batasan blur yang cukup akurat antara subyek dan sekitarnya.

Untuk memungkinkan efek tersebut, digunakan algoritma low-light HDR serta efek bokeh, plus AI deep learning untuk terapkan pemahaman frame-by-frame dari video. Seluruh pemrosesan dilakukan hanya dalam waktu 10 milidetik, agar efek bisa tampil secara real-time saat video sedang direkam.

Portrait Beautification Video

Kalau teknologi AI Beautification pada foto sudah biasa, OPPO Reno6 lagi-lagi tingkatkan kemampuan perekaman videonya dengan teknik serupa. Dapat diaplikasikan saat rekam video, algoritma AI bisa terus bekerja untuk sempurnakan tampilan kulit wajah subyek.

Tak sampai di situ saja, Portrait Beautification juga bisa tetap aktif sembari gunakan mode tertentu pada kamera depan. Baik itu AI Highlight Video, portrait video sampai Bokeh Flare Portrait. Selain efek blur yang unik, subyek juga bakal tampil lebih baik lewat hasil olah digital yang natural.

Flash Snapshot

Tidak seperti dua fitur di atas, Flash Snapshot lebih ke teknologi pengambilan gambar canggih yang dihadirkan pada OPPO Reno6. Tak perlu diaktifkan secara manual, teknologi ini memastikan agar pengguna bisa mengabadikan segala jenis momen dengan fokus yang tepat alias bebas blur.

Bagaimana cara kerjanya? Flash Snapshot memanfaatkan teknologi eksklusif yang dikembangkan sendiri oleh OPPO, yaitu Image Clear Engine (ICE). Dengan begitu, kamera OPPO Reno6 bakal melakukan fokus terhadap objek secara otomatis dan cepat, sejak aplikasi kamera pertama kali dinyalakan tanpa harus ambil fokus lebih dulu. Pastikan foto selalu jernih dan stabil.

AI Palette

OPPO Reno6 - AI Palette

Tak tersedia pada aplikasi kamera, AI Palette hadir secara sedikit tersembunyi, tepatnya di dalam editor foto galeri bawaan OPPO Reno6. Bisa dimanfaatkan untuk ganti tone pada foto, AI Palette mampu gabungkan palet warna foto lain yang ke dalam foto yang sedang kamu edit atau olah.

Caranya cukup mudah. Tentukan foto yang ingin kamu sesuaikan palet warnanya, lalu tekan tombol edit dan masuk ke AI Palette. Tambahkan foto lainnya yang punya palet warna sesuai (contoh: foto laut untuk ubah suasana foto menjadi kebiruan), lalu pilih foto tersebut. Efek akan langsung ditampilkan dan kamu bisa ubah mood setelah foto diambil.

Teknik Pewarnaan Reno Glow Lebih Sempurna

desain OPPO Reno6

OPPO Reno5 tampil dengan bodi belakang yang mengkilap meski gunakan permukaan matte, berkat teknik Reno Glow dengan paten khusus dari OPPO. Di Reno6, teknik tersebut ditingkatkan dengan dua tambahan lapisan, membuat opsi warna Aurora bisa pancarkan 1 juta warna—meningkat dari 10 ribu warna di seri sebelumnya. Tak hanya itu, bodinya pun terlihat lebih bersih tanpa titik-titik yang lebih dominan di Reno5.

Tak hanya opsi warna cerah, kini warna gelap Stellar Black di Reno6 juga gunakan teknik Reno Glow, sehingga sama-sama punya permukaan matte, anti sidik jari serta punya lapisan tahan gores khusus. Modul atau bingkai kameranya pun berubah bentuk, di mana kini gunakan material metal untuk daya tahan lebih baik.

RAM Expansion

RAM Expansion OPPO Reno6

Meski sama-sama gunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G, proses multitasking pada OPPO Reno6 bakal terasa lebih lancar berkat tambahan fitur baru. Dinamakan RAM Expansion, fitur ini cukup tersembunyi di dalam menu Settings. Mampu ekspansi RAM sampai 13GB.

Bagaimana caranya? Kapasitas RAM 8GB LPDDR4x pada OPPO Reno6 bisa diperluas dengan tambahan virtual RAM, diambil dari penyimpanan internal 128GB UFS 2.1. Pengguna diberikan tiga opsi ukuran penambahan; 2GB, 3GB hingga 5GB. Setelah memilih dan melakukan restart, maka smartphone otomatis punya RAM lebih luas.

Tinggalkan komen