Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Enco Buds, TWS Murah dengan Mode Gaming Rp400 Ribuan

Selain memperkenalkan smartphone 5G termurahnya di Tanah Air, OPPO Indonesia juga menjual perangkat tersebut dalam bentuk bundle bersamaan dengan sebuah aksesori yang belum diluncurkan sebelumnya. Aksesori tersebut masuk ke dalam jenis wearable, tepatnya earphone TWS (true wireless stereo), OPPO Enco Buds, yang juga punya harga murah.

OPPO Enco Buds adalah TWS kedua yang diluncurkan di Indonesia, setelah sebelumnya perangkat seri flagship-nya yaitu OPPO Enco X dihadirkan resmi. Menjadi seri terjangkau, OPPO sendiri mengatakan bila TWS murah satu ini merupakan penerus dari seri OPPO Enco W11. Yang memang, bila ditilik dari penampakannya, kurang lebih terlihat mirip.

OPPO juga berikan fitur yang tak kalah berlimpah bila dibandingkan dengan seri lain yang lebih mahal. Hal tersebut rasanya memang diperlukan, mengingat TWS rilisan merek lain juga bahkan bisa hadirkan fitur seperti active noise cancellation di harga yang tak terpaut jauh, seperti realme Buds Air 2. Lantas apa yang menarik dari OPPO Enco Buds?

Baca juga: Review Singkat OPPO A74 5G: Menjajal Performa Snapdragon 480

Keunggulan TWS OPPO Enco Buds

OPPO Enco Buds

Sebelum berbicara lebih jauh, perangkat ini belum dilengkapi dengan ANC. Di situs resmi OPPO Thailand, sih, memang disebutkan bila perangkat ini memiliki dukungan noise cancellation. Namun fitur tersebut hanya aktif ketika ada panggilan suara—cukup membantu agar pengguna bisa fokus berkomunikasi dengan pihak lain, tanpa terdistraksi noise.

Secara desain, masih terlihat persis dengan OPPO Enco W11. Hadir dalam opsi warna putih dan biru, bobot tiap earbud OPPO Enco Buds hanya sekitar 4 gram saja, dengan charging case sekitar 37 gram. Meski ringan, baterai yang diusung lebih besar untuk durasi penggunaan lebih lama.

Dengan kapasitas 40 mAh pada earbud dan 400 mAh di charging case, OPPO Enco Buds bisa digunakan hingga 6 jam non-stop sekali pakai. Sementara total waktu penggunaan bersama case bisa mencapai 24 jam, alias seharian penuh. Lewat port USB-C, pengguna bisa isi daya 15 menit untuk penggunaan lebih dari satu jam.

OPPO Enco Buds

Selain dirancang ringan dengan tiga pilihan eartip, OPPO Enco Buds juga didesain tahan debu serta percikan air, karena sudah mengantongi sertifikasi IP54. Sehingga tak perlu khawatir bila menggunakannya sembari berolahraga. Plus mendukung gestur pintasan cukup lengkap, mulai sentuh sekali hingga tiga kali tap untuk masuk ke mode gaming khusus.

Ya, meski murah, OPPO sematkan mode latensi rendah hingga 80ms, supaya pengguna bisa bermain gim dengan jeda audio yang minim. OPPO Enco Buds juga sudah mendukung protokol fast pairing, berkat penggunaan cip Bluetooth 5.2. Cukup membuka tutup case untuk masuk mode pairing, dan akan terhubung secara simultan, alias bukan dari salah satu eartip saja.

Sementara untuk kualitas audio, OPPO janjikan dentuman bass yang powerful berkat penggunaan driver 8mm pada tiap earbud-nya. Frekuensi yang didukung mulai 20 Hz – 20 KHz, sementara dukungan codec-nya mulai SBC hingga AAC.

Harga OPPO Enco Buds

OPPO Enco Buds

Di Indonesia sendiri, saat ini OPPO Enco Buds baru dijual secara paket (bundling) bersama salah satu smartphone terbarunya saat ini, yaitu OPPO A74 5G. Bekerja sama dengan situs e-dagang Shopee Indonesia.

Untuk harganya, TWS OPPO terbaru satu ini dibanderol dengan harga normal Rp499 ribu. Namun selama periode flash sale diberikan promo Rp399 ribu. Maka wajar bila belum dilengkapi ANC, setidaknya masa pakai baterai cukup panjang, ditambah hadirnya mode gaming khusus.

Tinggalkan komen