alexa

Review realme Buds Air 2: Fitur Makin Komplit, TWS ANC Murah Terbaik

Sebagai aksesori yang rasanya mulai esensial untuk dimiliki atau digunakan sehari-hari, earphone TWS kini lebih banyak diminati masyarakat. Tak lagi kualitas audio saja, desain menarik dan fitur canggih juga menjadi bahan pertimbangan. Hadir sebagai opsi baru, realme Buds Air 2 mencoba bawa fitur premium di harga ratusan ribu.

Ya, bersamaan dengan hadirnya realme 8 Series di Indonesia, realme juga menghadirkan pilihan earphone TWS yang canggih bagi anak muda. realme Buds Air 2 adalah perangkat wearable kategori audio kedua dari realme Indonesia yang membawa fitur active noise cancellation (ANC). Namun keunggulannya tak sebatas itu saja.

Punya ANC, mode gaming, daya tahan baterai awet. Rasanya agak too good to be true untuk sebuah earphone TWS terjangkau bisa memiliki banyak keunggulan dengan harga murah. Lantas bagaimana kualitasnya secara keseluruhan? Sangat baik di kelasnya. Berikut ulasan saya tentang realme Buds Air 2, AIoT terbaru realme di 2021.

Desain

realme Buds Air 2

Kalau generasi sebelumnya terlihat cukup generik, desain dari realme Buds Air 2 telah diperbarui dan lebih mirip versi Pro-nya. Saya pribadi sangat suka dengan desain charging case-nya, karena didesain pipih dan melingkar, nyaman di tangan. Ketika disimpan di kantong celana juga bakal terasa ringkas.

Meski bobotnya ringan di 34,5 gram (plus 4,1 gram untuk tiap earbud), build quality-nya terasa kokoh, dengan mekanisme buka tutup case yang mantap. Disematkan sebuah lampu LED untuk berikan informasi tertentu, tombol di samping kanan untuk pairing, dan port USB-C di bagian bawah.

realme Buds Air 2

Desain dari tiap earbud-nya pun dirancang cukup manis, dan diberikan dua aksen warna yang sedikit berbeda untuk masing-masing opsi warna Closer White dan Closer Black. Nyaman di telinga, terasa ringan serta ada tiga opsi ukuran eartip demi tingkat presisi yang mantap.

realme Buds Air 2 juga sudah kantongi sertifikasi IPX5 untuk earbud-nya, sehingga tahan dari cipratan air, hujan dan keringat. Perangkat ini pun telah lolos tahap uji internal realme, di mana beberapa skenarionya termasuk buka tutup case 10 ribu kali, lepas pasang port 5 ribu kali sampai pengujian suhu ekstrim selama 168 jam.

Fitur

realme Buds Air 2

Yang baru dihadirkan di generasi earphone TWS baru realme satu ini adalah hadirnya fitur ANC. Dapat menekan noise sampai 25dB, fitur ini dapat tersedia berkat penggunaan cip R2 yang juga tingkatkan daya tahan baterai serta mengurangi latensi.

Ketika digunakan, ANC di realme Buds Air 2 memang cukup efektif meredam noise seperti suara kendaraan, kebisingan di dalam kereta MRT dan skenario di luar rumah lainnya. Suara frekuensi tinggi terkadang memang masih bisa terdengar, namun masih sangat bisa dimaklumi.

Memanfaatkan kinerja dari dua mikrofon di masing-masing earbud, Transparency Mode juga dihadirkan agar pengguna bisa mendengar suara luar secara jelas, supaya bisa lebih siaga terhadap situasi di sekitar. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan menahan sensor sentuh pada earbud.

Mikrofon tersebut juga berfungsi sebagai noise cancellation ketika melakukan panggilan suara. Saat saya berpindah dari smartphone ke realme Buds Air 2, penerima telepon tak merasa adanya perbedaan signifikan untuk kualitas suara, dan tak mendengar bocoran suara dari orang lain di sekitar.

Pengoperasian

realme Buds Air 2

Mendukung protokol Google Fast Pair, realme Buds Air bakal otomatis masuk ke mode pairing saat tutup case dibuka pertama kali. Untuk membuatnya dapat disambungkan dengan perangkat ke-sekian, cukup buka case dan tahan tombol di samping. Prosesnya pun tergolong instan.

Dengan wear detection, musik bakal secara otomatis terhenti ketika salah satu earbud dilepas dari telinga, dan otomatis lanjut saat dipasangkan kembali. Sayangnya, belum mendukung seamless connectivity—pas lagi tersambung ke perangkat A, tak bisa langsung diganti ke perangkat B sebelum koneksi perangkat A diputus terlebih dahulu. Meski sebelumnya sudah pernah tersambung dengan keduanya.

Secara total, ada tujuh pintasan yang bisa pengguna kustomisasi lewat aplikasi realme Link. Masing-masing earbud mendukung gestur double-tap, triple-tap serta sentuh dan tahan. Plus tambahan opsi sentuh dan tahan bersamaan di kedua earbud realme Buds Air 2. Cukup banyak, sehingga bisa kamu atur sesuai keinginan.

Mulai dari akses perintah suara, ganti mode ANC, sampai masuk ke mode gaming. Ya, realme Buds Air 2 dilengkapi mode gaming khusus yang bisa menurunkan tingkat latensi serendah 88ms, lebih baik 35 dari seri sebelumnya. Berikan kenyamanan saat bermain gim terutama genre multiplayer.

Baterai

Pada bagian ini, realme sendiri tak menyebutkan secara detail berapa besaran mAh untuk masing-masing kapasitas baterai di earbud maupun charging case-nya. Namun yang penting, daya tahannya sesuai dengan klaim yang memang cukup awet.

Dengan kombinasi penggunaan fitur ANC, sekali pakai bisa bertahan selama hampir 5 jam. Sementara untuk waktu penggunaan total mencapai lebih dari 24 jam (atau lebih dari 20 jam dengan fitur ANC yang digunakan secara intensif). Sudah sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari, tak perlu sering isi daya.

Bila diperlukan pun, proses mengisi sampai penuh hanya butuh waktu 60 menit saja. Sementara bila baterai earbud habis, cukup dimasukkan ke dalam charging case selama 10 menit, untuk bisa kembali dengarkan musik sampai 2 jam.

Kualitas Audio

realme Buds Air 2

Dalam menghadirkan perangkat TWS ini, realme Music Studio bekerja sama dengan The Chainsmokers untuk tingkatkan kualitas suara dan pengalaman penggunaannya. Maka dari itu, saya tidak heran bila realme Buds Air 2 cenderung punya karakteristik suara yang lebih warm.

Driver di masing-masing earbud realme Buds Air 2 berukuran 10mm, dengan material diafragma karbon yang konon terlihat seperti berlian, demi berikan sensitivitas dan respon yang baik serta minim distorsi. Output suara disampaikan ke smartphone dalam dukungan format SBC & AAC.

Tenang, walaupun bass lebih dominan, realme Buds Air 2 masih enak dipakai untuk mendengarkan musik akustik. Ada tiga efek suara yang bisa dipilih lewat aplikasi realme Link; Bass Boost+, Lively & Clear. Efek pertama tentunya lebih cocok untuk musik pop atau EDM.

Bila diaktifkan, dentuman bass-nya benar-benar menjadi lebih kuat dan tidak sember atau pecah. Bahkan bila terasa kurang keras, ada fitur Volume enhancer yang bisa diaktifkan secara opsional. Berikan output suara lebih kencang lagi, dan secara mengejutkan pun masih kuat, alias tidak pecah.

Kesimpulan

realme Buds Air 2

Biasanya, ketika konsumen hendak memutuskan untuk membeli earphone TWS terjangkau, harus memikirkan fitur apa yang sekiranya bisa jadi opsional alias harus dikorbankan. Tanpa ANC, tanpa aplikasi khusus, tanpa mode gaming dan lainnya. Dengan realme Buds Air 2, Gizmo friends tak perlu memikirkan hal itu.

Semua fitur yang umumnya ada di TWS premium Rp2 – 3 jutaan pun bisa ditemukan di sini, dengan tingkat kustomisasi yang cukup mendalam, keluaran suara mantap, baterai awet serta desain case yang slim. Membuatnya nyaman dibawa dan digunakan sehari-hari, cocok sebagai pilihan TWS dengan ANC kurang dari Rp1 juta.

[rwp_box id=”0″ layout=”auto”]

Spesifikasi realme Buds Air 2

Dimensi: 60,3 x 57 x 24mm (case)
Berat: 34,5 gram (case), 4,1 gram (earbud)
Tipe: in-ear monitoring
Charging case: mendukung port USB-C
Kontrol: Mendukung kontrol sentuh & tahan
Mikrofon: Dual Mic Noise Cancellation
Sertifikasi: IPX5 tahan cipratan air dan keringat
Konektivitas: Bluetooth 5.2
Speaker: 10mm driver, Dynamic Bass Boost+
Pilihan warna: Closer Black, Closer White
Fitur: Game Mode, Google Fast Pair, 3 Sound Presets, wear detection
Baterai: —
Daya tahan: hingga 5 jam pemakaian (25 jam dengan case)
Kecepatan charge: 1 jam

Beli realme Buds Air 2 di:

JD.id realme.com


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan realme Indonesia

Tunjukkan Komen (1)