Update Telegram Versi Baru, Panggilan Video Bisa Diikuti Sampai 1000 Orang!

Jakarta, Gizmologi – Platform messenger tentu mengalami kenaikan baik dari jumlah pengguna, maupun durasi penggunaan. Karena menjadi cara paling mudah bagi pengguna smartphone untuk bisa tetap terhubung dengan keluarga maupun lainnya secara virtual, terutama selama pandemi masih berlangsung. Maka tak heran bila penyedia platform terus gulirkan pembaruan, termasuk Telegram.

Hadir untuk berbagai perangkat seperti Android, iOS, komputer hingga lewat peramban, Telegram berikan tingkat fleksibilitas lebih tinggi dibandingkan yang digadang-gadang jadi kompetitor terberatnya, yaitu WhatsApp. Salah satunya adalah semua data yang tersimpan di cloud milik Telegram, serta multi-device yang perlahan mulai ‘dikejar’ lewat WhatsApp versi beta.

Baca juga: Cara Aktifkan Fitur WhatsApp Multi Device, Bisa 4 Perangkat Sekaligus

Walaupun terlambat dalam hadirkan fitur seperti panggilan video, pembaruan yang dirilis berkala oleh Telegram membuatnya jauh lebih canggih dari WhatsApp, bahkan mendekati platform khusus video daring, Zoom. Tak hanya itu, ada beragam peningkatan lain termasuk dalam mengirim video singkat serta fitur keamanan baru. Jadi semakin asik untuk digunakan sehari-hari.

Video Pendek Kini Dikirim dalam Resolusi Tinggi

Telegram

Dari banyaknya fitur baru atau peningkatan yang dibawa pada pembaruan edisi akhir Juli 2021 ini, banyak di antaranya berfokus pada fitur video. Bulan lalu, Telegram baru saja meluncurkan fitur group video call dengan segambreng fitur menarik. Mulai dari membagikan tampilan layar smartphone sampai mengatur kualitas mikrofon. Sementara jumlah partisipannya bisa capai 30 orang.

Terdengar cukup banyak? Mulai saat ini, panggilan video dalam bentuk grup bisa diikuti oleh maksimum 1,000 orang. Jumlah yang sangat banyak—Telegram menyebutkan bila penggunanya bahkan bisa adakan kelas kuliah daring sampai rap battle. Dengan fitur seperti screen share, tak heran bila ke depannya aplikasi ini benar-benar digunakan untuk keperluan edukasi.

Telegram juga menyebutkan bila limit tersebut akan ditingkatkan dikemudian hari. Masih terkait video, kini video singkat yang dapat dikirim dengan menahan tombol kamera pada bawah kanan layar bakal ditampilkan dalam resolusi lebih tinggi. Juga bisa dikendalikan atau memperbesarnya dengan menyentuh video.

Saat merekam lewat kamera belakang, kini pengguna bisa lakukan proses zoom. Dan musik yang sedang diputar bakal terus dimainkan, sehingga kamu dapat merekam video sembari Spotify tetap berjalan, layaknya unggah video ke Instagram Stories. Sementara video yang diterima bisa diputar mulai dari kecepatan 0,5x sampai 2x.

Beberapa Fitur Baru Khusus Telegram iOS

Telegram

Fitur screen sharing juga kini tersedia untuk panggilan video pribadi alias 1-on-1. Terkait keamanan, kini Telegram bakal berikan langkah tambahan sebelum pengguna ingin aktifkan fitur verifikasi dua tahap agar lebih mudah dipahami. Kini juga hadir opsi reset password yang bisa bekerja bahkan tanpa email sekalipun, memakan waktu sampai 7 hari.

Dalam edit foto, kini bisa diperbesar lebih jauh supaya proses edit bisa benar-benar presisi. Dan selain opsi hapus pesan otomatis dalam waktu satu hari & satu minggu, Telegram juga telah menambahkan opsi satu bulan. Juga tak lupa untuk hadirkan emoji gerak terbaru.

Khusus untuk Telegram di iOS, pengguna bisa memilih banyak chat sekaligus untuk menghapus atau lainnya. Alih-alih harus menekan pesan satu-satu, kini cukup lakukan proses gulir (scroll) dengan dua jari saja. Foto profil pengirim chat juga bakal mengikuti arah tampilan layar, sehingga meski pesannya panjang, bisa diketahui pengirimnya.

Tinggalkan komen