Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Wow! Facebook Bakal Rancang Teknologi Yang Dapat Mengetik Melalui Pikiran

Facebook dikabarkan sedang menggarap perangkat teknologi yang bisa mengirim pesan dengan hanya membaca pikiran tanpa harus mengetik melalui ponsel. Hal itu dijelaskan oleh Facebook dalam sebuah konferensi yang dilaksanakan pada tahun 2017 lalu.

Para peneliti dari University of California, San Francisco yang saat ini sedang bekerja di bawah Facebook diketahui sedang mengembangkan alat yang dapat memungkinkan orang untuk mengetik melalui pikiran.

Dari hasil yang sudah dirilis oleh Facebook disimpulkan bahwa dengan teknologi ini peneliti menemukan bila alat BCI mampu mendeteksi kata-kata yang ingin diucapkan oleh mulut manusia melewati aktivitas otak secara langsung pada saat itu, karena alat tersebut dihubungkan dengan high-density electrocorticography (ECoG).

Facebook menyatakan bahwa proyek ini hampir rampung setelah diuji coba pada 3 penderita epilepsi dengan 9 pertanyaan sederhana seperti, “Apa yang akan kamu lakukan setelah ini?” yang dilakukan oleh peneliti dari University of California, San Francisco.

Baca Juga : Wow! Elon Musk Rencanakan Teknologi Kecerdasan Buatan di Masa Depan

Related Posts
1 daripada 11

Mesin ini diketahui akan bisa mempelajari pola algoritma melalui kata-kata dari aktivitas otak secara langsung yang membuat sistem dapat menebak kapan mereka akan mendapatkan pertanyaan dan kapan mereka harus menjawabnya.

Prediksi dibentuk oleh konteks sebelumnya setelah sistem menentukan subyek pertanyaan mana yang didengar, sehingga  dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

Para peneliti dari UCSF tersebut juga mengatakan bahwa algoritma yang telah mereka buat tersebut memiliki tingkat akurasi sebesar 61 hingga 76 persen. Tentunya persentase tersebut akan terus meningkat seiring waktu. Namun hanya dapat mendeteksi beberapa kata saja sejauh ini. Itu berarti, Facebook harus lebih bekerja keras lagi untuk bisa mencapainya hingga benar-benar sempurna.

“kami tidak mengharapkan teknologi ini sudah siap dan bisa menyelesaikan masalah input Augmented Reality (AR) dalam waktu dekat. Untuk saat ini teknologi tersebut masih lambat dan tidak dapat diandalkan, tetapi potensi yang ditunjukan teknologi ini sangat besar sehingga ada baiknya bagi kita untuk terus meningkatkan teknologi canggih ini dari waktu ke waktu. Sehingga kami bisa memecahkan kode kalimat yang dibayangkan oleh otak, jadi teknologi ini akan memberikan cara berinteraksi dengan sistem VR saat ini dan kacamata AR di masa depan,” ujar Facebook.

Wahh makin keren aja ya teknologi di masa depan, sayangnya kita gatau apa kita akan ikut merasakannya atau malah nantinya anak cucu kita yang merasakannya.