Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

IDC: Pengiriman Tablet di Pasar Global Berkurang 8,6% Selama Kuartal 3 Tahun Ini

Nasib tablet belum baik sepanjang kuartal tiga tahun ini atau antara Juli hingga September 2018. International Data Corporation (IDC) belum lama ini merilis data pengiriman tablet global yang menurun 8,6% selama periode tersebut.

Pengiriman tablet global berkurang menjadi 36,4 juta unit, dimana tablet berbentuk papan tulis menyumbang 31,6 juta unit, turun 7,9% dari tahun sebelumnya. Tablet jenis yang bisa dilepas mengalami nasib serupa, dimana turun 13,1% dari tahun sebelumnya menjadi 4,8 juta unit.

“Pasar tablet yang bisa dilepas telah gagal tumbuh tahun ini, menciptakan tren yang mencemaskan yang sebenarnya telah terjadi off and on sejak akhir 2016,” kata Lauren Guenveur, analis riset senior pada tim Tablet IDC melalui situs IDC.

“Akhirnya pada Oktober kita melihat penyegaran yang selama ini ditunggu-tunggu pada lini iPad Pro milik Apple dan Surface Pro kepunyaan Microsoft serta produk baru dari Samsung dan Google. Hal ini membuat kami yakin kuartal terakhir tahun ini akan memutar bisnis kategori tablet yang bisa dilepas, setidaknya untuk saat ini,” tambah IDC.

Meski pengiriman tablet global secara umum turun, Apple tetap masih memimpin segmen ini dengan mencatat pengiriman hampir dua kali lipat lebih banyak dari pesaing terdekatnya. Upgrade pada iPad yang seharga US$239 atau sekitar Rp4,9 jutaan miliknya dilengkapi Pencil pada Maret 2018 terus mendorong volume penjualan produk ini.

Related Posts
1 daripada 55
Ilustrasi tablet iPad

Samsung mempertahankan posisinya di tempat kedua sebagai pemanufaktur tablet terdepan meski mencatat penurunan year-on-year. Portofolio tablet yang bisa dilepas sebenarnya tetap tumbuh tetapi dibayangi oleh turunnya penjualan pada tablet jenis papan tulis. Samsung sendiri terus menghadapi persaingan pada sektor bawah dan menengah seiring dengan langkah pesaing yang menawarkan tablet berbentuk papan tulis bernilai lebih baik.

Di tengah pengiriman tablet global yang menurun, Amazon.com malah mencatat kenaikan posisi dimana ia berada di posisi ketiga terbaik di dunia selama kuartal ke-3 2018 pada segmen tablet. Kuatnya penjualan saat Prime Day mendorong Amazon.com menyalip capaian Huawei dan Lenovo. Meski demikian, Amazon.com tetap mencatat penurunan pengiriman tablet global secara year-on-year.

Baca juga: IDC: Pengiriman Smartphone di Kuartal 1 2018 Melemah, Ini Alasannya

Huawei merupakan satu-satunya perusahaan di antara lima firma teratas yang mencatat pengiriman tablet global tetap tumbuh selama kuartal ke-3 2018. Produsen asal Tiongkok ini tetap mencatat pertumbuhan mengesankan selama kuartal tersebut dengan menikmati penjualan yang meningkat secara year-on-year di pasar Eropa dan Amerika Latin.

Lalu yang terakhir di daftar lima perusahaan tablet terbaik adalah Lenovo. Perusahaan ini mencatat pengiriman tablet global hingga 2,3 juta unit selama kuartal ke-3 tahun ini, turun hampir 25% dibandingkan capaian setahun yang lalu. Lenovo telah sangat berfokus memperluas jangkauan pada pasar PC tradisional yang ternyata berimbas pada turunnya posisi Lenovo di tempat ke-5 pada sektor tablet.