Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Wow! Alibaba Kembali Guyur Lazada dengan Investasi US$2 Miliar

Persaingan di dunia e-commerce nasional akan semakin sengit. Baru saja Alibaba Group mengumumkan investasi Alibaba ke Lazada akan meningkat hingga US$2 miliar. Tak pelak ini akan membuat Lazada Indonesia punya dana melimpah untuk bersaing dengan e-commerce lainnya, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Alibaba Group Holding pada Senin, 19 Maret 2018, mengatakan investasi Alibaba ke Lazada Group merupakan strategi mempercepat rencana pertumbuhan Lazada sebagai platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara.

Dengan penambahan investasi Alibaba ke Lazada ini maka Alibaba akan total menanam investasi US$4 miliar untuk Lazada Group.

Lazada Group sendiri adalah platform e-commerce yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Investasi Alibaba ke Lazada Group berawal pada 2016 dimana firma asal Tiongkok tersebut menaruh modal US$1 miliar. Lalu investasi Alibaba ke Lazada bertambah lagi US$1 miliar sehingga menjadikan Alibaba mempunyai saham di Lazada Group sebesar 83%.

Investasi Alibaba ke Lazada Group menunjukkan geliat e-commerce Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang akan semakin cerah di masa mendatang. Tambahan investasi Alibaba ke Lazada Group diharapkan dapat membuat Lazada meningkatkan layanan ke konsumen melalui berbagai inovasi.

Baca juga: Luar Biasa Besarnya Gudang yang Menampung Pesanan Pelanggan Lazada

Related Posts
1 daripada 273

Selain menginformasikan investasi Alibaba ke Lazada yang naik, Alibaba juga mengumumkan perubahan manajemen di Lazada Group. Sebagai contoh, Lucy Peng akan menduduki posisi sebagai CEO Lazada Group dari posisi sebelumnya yakni pemimpin.

“Dengan demografi populasi yang muda, penetrasi mobile yang tinggi, dan baru 3% dari total penjualan retail dilaksanakan secara online, kami sangat yakin dapat meningkatkan dan melipatgandakan pertumbuhan kami di Asia Tenggara. Lazada memiliki posisi yang baik untuk melangkah ke tahap selanjutnya dari internet-enabled commerce di wilayah ini,” ucap Peng.

Memang bukan tanpa alasan investasi Alibaba ke Lazada terus ditingkatkan, salah satunya akan dipakai untuk memperkuat pasarnya di Indonesia. Hal ini mengingat lebih dari 50% dari total populasi nasional atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang tahun lalu, demikian menurut survei teranyar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII.

Lazada.co.id, salah satu e-commerce yang disukai masyarakat Indonesia

Lebih lanjut, laporan tersebut menambahkan 72,41% dari total pengguna internet tersebut tinggal di kawasan perkotaan. Tak hanya untuk berkomunikasi, internet sudah sering dipakai untuk membeli barang, memesan kendaraan hingga membuka usaha sendiri. Tak mengherankan semakin hari kian banyak toko online menjamur di dunia maya di tanah air.

Lalu siapakah e-commerce yang paling dicari konsumen Indonesia tahun lalu?

Menurut riset dari iprice.co.id, Lazada Indonesia dan Tokopedia menjadi dua e-commerce yang paling banyak dicari berdasarkan data dari Google Trends sepanjang 2017, salah satunya disebabkan oleh bertambahnya investasi Alibaba ke Lazada tahun lalu dari 51% menjadi 83%. Bukalapak dan Shopee saling bersaing di posisi ke-3 dan ke-4 dimana Shopee mencatat pertumbuhan yang konsisten. Lalu posisi ke-5 diduduki oleh Blibli.com.

This post is also available in: enEnglish (English)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.