Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Perangkat Besutan BUMN Ini Bikin Transaksi Perbankan Digital Kian Mudah

Melalui mPOS, publik bisa membuka rekening, menutup rekening hingga melakukan transaksi non perbankan, seperti membayar rekening listrik, mendaftar dan membayar iuran BPJS hingga menyalurkan bantuan sosial.

Teknologi finansial atau lebih populer dengan fintech (financial technology) kian marak beberapa tahun terakhir ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun memberi kesempatan pelaku industri memanfaatkan sepenuhnya teknologi digital melalui perangkat dan aplikasi sebagai media dalam melayani nasabahnya. Salah satu inovasi yang cukup menarik adalah mobile point of sales atau mPOS yang membuat transaksi perbankan kini dapat diakses kapan saja dan dimana saja untuk berbagai kebutuhan.

mPOS adalah perangkat pembaca KTP elektronik yang dilengkapi dengan smart mobile POS untuk melakukan transaksi pembayaran di merchant mau pun transaksi perbankan layaknya memakai electronic data capture atau EDC. Perangkat ini dikembangkan oleh PT Len Industri (Persero), perusahaan BUMN yang mengembangkan bisnis dan produk-produk dalam bidang elektronika.

Melalui mPOS, publik bisa membuka rekening, menutup rekening hingga melakukan transaksi non perbankan, seperti membayar rekening listrik, mendaftar dan membayar iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS hingga menyalurkan bantuan sosial.

Perangkat ini dapat melakukan empat jenis transaksi pembayaran, yakni memakai magnetic stripe card, IC card, NFC dan pembayaran melalui barcode dengan bantuan camera scanning. Koneksi jaringan seluler dan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi untuk memudahkan proses verifikasi data secara cepat membuat transaksi lebih aman, lebih cepat dan lebih stabil.

Melalui mPOS transaksi pun dapat dilakukan secara online mau pun offline dengan jangkauan seluruh tanah air. Tak perlu khawatir pula soal keamanan sebab transaksi aman berkat teknologi pemindaian sidik jari.

Related Posts
1 daripada 11

Sebagai tambahan, perangkat ini mudah dibawa dan dibekali oleh printer yang secara otomatis mencetak proses transaksi atau layanan perbankan lainnya sebagai bukti. Tak ayal, transaksi memakai mPOS mengurangi interaksi secara langsung dengan pegawai bank demi efisiensi kegiatan operasional dan peningkatan mutu layanan kepada nasabah.

Terkait dengan aturan dari OJK bahwa bank perlu melakukan tatap muka dengan nasabah dan verifikasi dari petugas bank, mPOS membuat bank bisa memanfaatkan KTP-el. Perangkat ini memverifikasi sidik jari yang memberikan jaminan bahwa KTP-el tersebut memang dipakai oleh pemegang yang berhak.

Untuk memasarkan perangkat ini, Len Industri bekerjasama dengan  pt. Datascrip.  Sylvia Lionggosari, Division Director pt. Datascrip, mengatakan perangkat mPOS memangkas banyak tahapan kaku dalam bertransaksi di bank selama ini. “Sebagai contoh untuk membuka rekening bank, calon nasabah harus datang ke kantor cabang, bertemu dengan petugas bank, mengisi formulir, photo copy KTP dan NPW, serta verifikasi data. Semua hal itu dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan praktis dengan perangkat mPOS,” ujar Sylvia.

Ia menambahkan nasabah pun tidak harus datang ke bank dan dapat menemukan perangkat ini di pusat perbelanjaan, restoran atau lewat agen yang ditunjuk oleh pihak bank. “Selain aman, mPOS dapat digunakan untuk berbagai transaksi dan layanan perbankan lainnya,” ungkapnya.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: