Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mengenal Samsung Galaxy Fold, Smartphone – Tablet dengan Layar Lipat Flexibel

Kabar bahwa Samsung akan membuat perangkat lipat memang tak mengejutkan karena memang prototipe layar fleksibel pertama sudah dipamerkan pada 2011. Penantian tersebut pun berakhir sudah dengan diumumkannya Samsung Galaxy Fold yang mengusung layar lentur tanpa batas (Infinity Flex Display). Layar tersebut berukuran 7,3 inci, ini merupakan ukuran layar smartphone terbesar Samsung, dan mungkin juga pertama terbesar di dunia.

Sesuai dengan namanya, Galaxy Fold bisa dilipat menjadi perangkat yang ringkas dengan layar penutup (cover display). Tentunya perangkat ini bisa memberikan berbagai pengalaman baru, seperti multitask, menonton video, bermain game dan lain-lain dengan cara baru. Galaxy Fold memang ditujukan bagi orang-orang yang ingin mendapatkan pengalaman mengenai apa yang bisa dilakukan perangkat lipat premium.

“Samsung telah mencetak sejarah inovasi perangkat bergerak babak baru dengan mengubah hal yang dimungkinkan pada smartphone. Galaxy Fold memperkenalkan kategori yang baru sepenuhnya yang membuka kemampuan baru yang belum pernah dilihat sebelumnya dengan Infinity Flex Display kami,” ucap DJ Koh, President and CEO of IT & Mobile Communication Division, Samsung Electronics.

Inovasi Pada Samsung Galaxy Fold

Galaxy Fold menggunakan bahan baru agar layar internalnya tak hanya bisa ditekuk, tetapi juga bisa dilipat. Samsung menemukan lapisan polimer baru dan membuat layar dengan ketebalan sekitar 50% lebih tipis dibandingkan layar smartphone biasa. Bahan baru ini membuat Galaxy Fold fleksibel dan kokoh, sehingga bisa bertahan lama.

Mekanisme engselnya pun baru. Perangkat ini bisa dibuka dengan mulus dan alami seperti buku. Ketika ditutup terlihat datar dan ringkas dengan bunyi klik yang memuaskan. Demi mencapai hal tersebut, Samsung merancang engsel yang canggih dengan beberapa gerigi yang saling terkait. Sistem ini ditempatkan pada wilayah yang tersembunyi demi tampilan yang elegan dan mulus.

Galaxy Fold menggunakan unsur desain baru, mulai dari layar sampai rangkanya, bahkan sampai setiap unsur yang dapat dilihat dan sentuh. Sensor sidik jari dapat ditemukan pada sisi tempat ibu jari biasanya diletakkan, sehingga perangkat bisa dibuka pengunciannya dengan mudah. Dua baterai dan komponen-komponen dipencarkan merata agar terasa imbang di tangan. Polesan warna yang tersedia pun unik, yaitu Space Silver, Cosmos Black, Martian Green dan Astro Blue1. Engselnya pun diukir dengan logo Samsung, dilengkapi polesan yang elegan.

Pengalaman Baru Sepenuhnya

Samsung Galaxy Fold dirancang dengan memikirkan kebutuhan pengguna smartphone. Demi meningkatkan pengalaman, orang lebih suka layar yang lebih besar, tetapi ukuran layar perangkat ini bisa diubah sesuai kebutuhan. Ketika dikeluarkan dari kantong bisa dipakai untuk menelpon, mengetik pesan dan masih banyak lagi. Kemudian saat dibuka bisa untuk multitasking atau kegiatan lain yang membutuhkan tampilan lebar, misalnya untuk presentasi, membaca majalah digital, menonton film atau melihat konten AR.

Antarmuka UX pada Galaxy Fold menyediakan cara baru untuk memaksimalkan smartphone tersebut. Multi-Active Window memungkinkan untuk membuka tiga aplikasi yang aktif secara serentak pada layar utama. Jadi kamu bisa menjelajahi internet, mengetik pesan, bekerja, menonton dan berbagi tanpa ada yang terlewatkan.

Related Posts
1 daripada 355

Kontinuitas aplikasi memberikan transisi yang mulus dan intuitif antara cover display dan layar utama. Seiring dengan membuka dan menutup perangkat ini, aplikasi akan otomatis tampil sesuai tampilan saat ditinggalkan.

Samsung bekerja sama dengan Google dan komunitas developer Android demi memastikan aplikasi dan layanan tersedia untuk memberikan pengalaman unik memakai Galaxy Fold. Perangkat ini bisa dipakai untuk bekerja, bermain dan berbagi, semua kegiatan yang membutuhkan kinerja tinggi.

Samsung Galaxy Fold
Samsung Galaxy Fold

Perangkat Keras

Samsung mempersenjatai Galaxy Fold dengan chipset AP generasi yang akan datang dan didukung RAM 12GB yang kinerjanya seperti PC. Dari segi daya, sistem baterai ganda yang canggih dirancang khusus untuk bisa bertahan lama. Perangkat ini juga bisa mengisi daya sendiri, dan perangkat kedua secara serentak memakai Wireless PowerShare ketika dihubungkan dengan charger biasa. Dengan demikian kamu tak perlu ribet lagi membawa dua charger kan.

Demi memenuhi kebutuhan hiburan, perangkat ini memberikan pengalaman yang luar biasa berkat layar AMOLED dinamis dan speaker stereo yang menghasilkan suara jernih dan renyah dari AKG. Menonton film dan bermain game jadi lebih hidup dengan suara dan warna yang kaya.

Kamera pada perangkat ini selalu siap pada mode apa pun, baik saat perangkat terlipat atau pun terbuka. Jadi kamu nggak akan kehilangan momen. Galaxy Fold ini memang dibekali enam lensa, tiga di bagian belakang, dua di bagian dalam dan satu di layar penutup. Multitasking pun lebih canggih yang memungkinkan mengguna aplikasi lain saat melakukan video call.

Asisten digital Bixby pun didukung oleh fungsionalitas kecerdasan pribadi yang baru seperti Bixby Routine untuk membantu mengantisipasi kebutuhan. Sementara Samsung Knox akan menjaga data dan informasi tetap aman. Ekosistem Galaxy siap melayani untuk membantu kamu meraih hal yang digemari. Mulai dari melakukan pembelian dengan Samsung Pay, sampai mengelola kesehatan dan kebugaran dengan Samsung Health.

Spesifikasi Samsung Galaxy Fold

Display Main display: 7.3” QXGA+ Dynamic AMOLED (4.2:3)
Cover display: 4.6” HD+ Super AMOLED (21:9)
* Screen measured diagonally as a full rectangle without accounting for the rounded corners
Camera Cover camera 10MP Selfie Camera, F2.2
Rear triple camera 16MP Ultra Wide Camera, F2.2
12MP Wide-angle Camera, Dual Pixel AF, OIS, F1.5/F2.4
12MP Telephoto Camera, PDAF, OIS, F2.4, 2X optical zoom
Front dual camera 10MP Selfie Camera, F2.2
8MP RGB Depth Camera, F1.9
AP 7nm 64-bit Octa-core processor
Memory 12GB RAM (LPDDR4x), 512GB (UFS3.0)
*User memory is less than the total memory due to storage of the operating system and software used to operate the device features. Actual user memory will vary depending on the operator and may change after software upgrades are performed.*No MicroSD slot
Battery 4,380mAh (typical)*
Fast Charging compatible on wired and wireless
Wired charging compatible with QC2.0 and AFC
Wireless charging compatible with WPC and PMA
* 4,380mAh (typical) refers to the typical value of the battery capacity as tested under third-party lab conditions. Typical value is the estimated average value considering the deviation in battery capacity among the battery samples. Rated (minimum) capacity is 4,275mAh. Actual battery life may vary depending on network environment, usage patterns and other factors.
OS Android 9.0 (Pie)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.