Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei MateBook X (2020) Diperbarui dengan CPU Intel Generasi ke-10

0 5.440

Sepanjang tahun 2020 ini, Huawei telah menghadirkan versi penyegaran dari beberapa seri laptopnya, baik untuk seri flagship seperti MateBook X Pro maupun yang lebih sederhana yaitu MateBook D14. Keduanya juga sudah dihadirkan secara resmi di Indonesia sejak Mei lalu. Namun sebenarnya masih ada seri lainnya untuk perangkat laptop dari Huawei.

Serupa dengan konsep MacBook Pro dan MacBook 12 milik Apple, Huawei pun juga mempunyai seri khusus yang unggulkan portabilitas, yaitu Huawei MateBook X (2020), tanpa embel-embel “pro”. Diperkenalkan sejak 2017 lalu, kini Huawei hadirkan versi terbaru dari laptop yang bobotnya tidak melebihi 1kg tersebut.

Baca juga: Huawei Bawa Seri Laptop MateBook D 14 & MateBook X Pro ke Indonesia

Keunggulan Huawei MateBook X (2020)

Huawei MateBook X (2020)

Ya, Huawei MateBook X dirancang sangat ringan dan tipis, hanya memiliki ketebalan 13,6mm saja. Padahal, varian Pro-nya sendiri juga sudah sangat ringan di kelasnya, punya bobot sekitar 1,3kg. Meski begitu, dimensi layarnya masih cukup besar di 13 inci, dengan resolusi tinggi 3000 x 2000 piksel dan menggunakan rasio 3:2. Layar ini cocok untuk pengguna profesional.

Pasalnya, Huawei janjikan reproduksi warna mencapai 100% sRGB, dengan tingkat kecerahan mencapai 400 nits. Tak sampai situ saja, layar pada Huawei MateBook X juga mendukung 10 input sentuhan, dengan bezel tipis yang membuatnya miliki skor rasio bodi ke layar mencapai 90%. Walaupun tipis, prosesornya tetap bertenaga.

Huawei sediakan dua opsi CPU untuk seri yang satu ini, mulai dari varian Intel Core i5-10210U dan i7-10210U. Dipasangkan dengan RAM 8GB/16GB LPDDR3, pilihan memorinya hanya satu, namun cukup luas di 512GB PCIe NMVe SSD. Tentunya, kapasitas baterainya lebih kecil dari seri Pro, yaitu 42Wh. Dan karena batasan dimensi, tidak ditemukan port USB-A, alias hanya dua port USB-C kedua sisinya.

Sementara fitur lainnya masih sama dengan seri Pro. Sama-sama memiliki setup empat speaker, webcam yang tersembunyi di salah satu bagian keyboard, namun touchpad-nya dibuat berbeda. Serupa Force Touch milik Apple, touchpad milik Huawei dibuat dengan permukaan statis yang dilengkapi haptic feedback. Agar tetap terasa seperti mengklik touchpad pada umumnya.

Fitur konektivitas lainnya pun cukup lengkap. Selain 3,5mm audio jack, Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi 6, keyboard-nya juga tentu saja dilengkapi lampu backlit. Mendukung pengisian daya hingga 65 watt, pengguna juga dapat memasangkan laptop ini dengan smartphone Huawei secara mudah lewat sensor NFC.

Harga Huawei MateBook X (2020)

Warna Huawei MateBook X (2020)

Untuk sebuah perangkat yang compact dengan performa tinggi, Huawei MateBook X sudah dapat dipesan di China. Akan ada empat varian warna yang disediakan, yaitu Emerald Green, Space Gray, Mystic Silver dan Rose Gold. Varian Core-i5 dengan RAM 8GB dibanderol seharga CNY7,999 (Rp17 jutaan), sementara untuk Core-i7 16GB lebih mahal di CNY9,999 (Rp21 jutaan).

Perangkat tersebut akan mulai dikirimkan ke konsumen pada 24 Agustus mendatang. Belum ada informasi mengenai ketersediaannya secara global, namun diprediksi bakal dimulai dalam 1-2 bulan kemudian.