Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Xiaomi Perkenalkan MIUI 10 dengan AI Preload dan AI Portrait

MIUI 10

Selain memperkenalkan Xiaomi Mi 8, Mi 8 Explorer Edition dan Mi 8 SE, Xiaomi merilis update MIUI 9.5 kepunyaannya dalam sebuah acara di Tiongkok pada minggu ini. MIUI 10 pun diperkenalkan ke publik dengan upgrade pada fitur Artificial Intelligence atau AI, yakni AI Portrait dan AI Preload.

Dua AI tersebut semakin menawarkan kemudahan dan kegegasan pengguna dalam memakai smartphone yang sudah dipersenjatai oleh MIUI 10. AI Portrait menawarkan fitur software yang memungkinkan ponsel mengambil foto dengan efek bokeh atau blur tanpa memerlukan kamera ganda. Ponsel dengan MIUI 10 akan sanggup menggunakan algoritma untuk mengidentifikasikan latar depan dan mengaburkan latar belakang sebuah obyek.

Sementara itu, AI Preload akan bisa mengurangi waktu download aplikasi dan fungsi user interface atau UI.

Hal ini berkat kemampuan MIUI 10 yang akan terlebih dahulu melakukan pre-load aplikasi berdasarkan pola penggunaan si pemakai dan kebiasaan sehari-hari mereka, tulis xda-developers.com. Perlu diketahui pula bahwa Huawei menggunakan juga AI untuk meningkatkan performa ponsel pintarnya dalam jangka panjang.

MIUI 10 menyertakan update pada desain UI miliknya. UI yang baru dioptimalkan bagi smartphone dengan rasio layar ke badan tinggi dan bezel tipis, demikian menurut Xiaomi. Tambahan lagi, MIUI 10 mempunyai menu aplikasi Recents terbaru, yang memungkinkan pengguna bisa melihat lebih banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Baca juga: Xiaomi Siap Serbu Daratan Eropa dengan Banyak Tipe Smartphone

Tampilan menu Recents ini memaksimalkan ruang pada layarnya. Menu ini mendukung gerakan layar penuh dan membuat pengguna bisa menggeser jari untuk menghapus tugas dan cukup menekan lama untuk melihat pilihan lebih banyak lagi.

Xiaomi mengatakan perangkat Mi Ecosystem akan secara langsung dikendalikan oleh MIUI 10 tanpa perlu adanya aplikasi sekunder. MIUI 10 menampilkan pula car mode terbaru untuk mengoptimalkan tampilan pada perangkat konsumen agar memperoleh navigasi lebih baik dalam berkendara. Perintah suara baru tersedia pula untuk menjawab panggilan telepon, membalas pesan teks dan mengubah rute berkendara.

Berikut seri smartphone Xiaomi yang sudah bisa mendapatkan MIUI 10 China Developer ROM mulai 1 Juni, 2018:
Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi Mix 2S,
Xiaomi Mi Mix 2,
Xiaomi Mi Mix,
Xiaomi Mi 6X,
Xiaomi Mi 6,
Xiaomi Mi 5,
Xiaomi Mi Note 2,
Xiaomi Redmi S2,
Xiaomi Redmi Note 5

Sedangkan, yang akan mendapat upgrade mulai akhir Juli nanti, yakni:
Xiaomi Mi Note 3,
Xiaomi Mi 5X,
Xiaomi Mi 5c,
Xiaomi Mi 5s,
Xiaomi Mi 5s Plus,
Xiaomi Mi 4,
Xiaomi Mi 4c,
Xiaomi Mi 4S,
Xiaomi Mi Max 2,
Xiaomi Mi Max,
Xiaomi Redmi 5,
Xiaomi Redmi 5A,
Xiaomi Redmi 5 Plus,
Xiaomi Redmi 4,
Xiaomi Redmi 4A,
Xiaomi Redmi 4X,
Xiaomi Redmi 3S/ Redmi 3X,
Xiaomi Redmi Pro,
Xiaomi Redmi Note 5A,
Xiaomi Redmi Note 4 Qualcomm/ Redmi Note 4X,
Xiaomi Redmi Note 4 (MediaTek)
Xiaomi Redmi Note 3 (Qualcomm)

%d blogger menyukai ini: