Intel Core i9-12900K, Prosesor Gaming Hybrid Paling Ngebut

Jakarta, Gizmologi – Intel baru saja memperkenal lini prosesor 12th Gen Intel® CoreTM dalam ajang Intel Innovation. Ada enam prosesor desktop unlock yang diluncurkan, termasuk prosesor gaming Core i9-12900K.

Ditenagai max turbo boost hingga 5.2 GHz dan memiliki 16 core serta 24 thread, prosesor Intel Core i9-12900K digadang-gadang sebagai prosesor gaming terbaik di dunia untuk saat ini. Sehingga cocok bagi para enthusiast gamer dan kreator profesional.

“Performance hybrid architecture dari prosesor 12th Intel Core adalah lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan berkat co-engineering yang erat antara software dan hardware sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya,” kata Gregory Bryant, Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group.

Bryant menjelaskan, prosesor ini menampilkan kombinasi dari Performance-cores (P-cores), CPU core berperforma paling tinggi yang pernah dirancang oleh Intel. Ditambah Efficient-cores (E-cores) yang mampu melakukan berbagai task secara pararel dengan FPS hingga 84% dibandingkan generasi sebelumnya.

Alhasil Core i9-12900K menyajikan peningkatan performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, termasuk peningkatan FPS hingga 25 persen pada game Troy: A Total War Saga, peningkatan FPS hingga 28 persen lebih pada game Hitman 3, dan peningkatan FPS hingga 23 persen pada game Far Cry 6.

“Diawali dengan kehadiran prosesor flagship Core i9-12900K – prosesor gaming terbaik di dunia – dan Anda akan menyaksikan pengalaman yang lebih luar biasa saat kami mengirimkan seluruh keluarga 12th Gen dan yang selanjutnya,” imbuhnya.

Performa Hybrid Intel Core Gen 12

 Intel Core Gen 12

Adapun performance hybrid architecture terbaru Intel ini mampu menghadirkan performa yang scalable, dari 9 hingga 125 watt untuk mendukung berbagai segmen PC dari laptop tipis dan ringan hingga jenis enthusiast desktop dengan performa tertinggi. Intel Core Gen 12 mencakup 60 prosesor, yang dirancang untuk mendukung lebih dari 500 desain dari berbagai mitra.

Selain pengalaman gaming yang ditingkatkan berkat Intel Killer Wi-Fi 6E, bisa menghasilkan penurunan latensi hingga 75 persen saat bermain game ketika multitasking. Peningkatan pada performa multi-thread, performa P-core yang responsif, dan kemampuan untuk mentransfer data dengan kecepatan tinggi melalui DDR5 telah membuat prosesor ini mampu melakukan penyuntingan foto, video dan kinerja 3D modeling serta rendering multi-frame lebih cepat dari sebelumnya.

Prosesor terbaru ini juga menawarkan tool overclocking unggul untuk kustomisasi, termasuk kemampuan untuk melakukan overclock pada efficient-core dan memori DDR5. Kaum enthusiast dan gamer dapat mencoba fitur overclocking platform baru ini sebagai bagian dari Intel Extreme Tuning Utility (XTU) 7.5 terkini.

Tinggalkan komen