alexa

ASUS Chromebook Flip C434 & C436, Laptop Chrome OS Mewah Mulai Rp11 Jutaan

Jakarta, Gizmologi – Setelah lebih dulu populer di luar negeri, ke depannya laptop dengan sistem operasi milik Google alias Chrome OS bakal ikutan populer di Tanah Air. Salah satu vendor yang paling dikenal, ASUS baru saja luncurkan tiga opsi resminya. ASUS Chromebook Flip C434 jadi opsi yang lebih mewah.

Ya, seperti yang kita telah ketahui bersama, pemerintah bakal membagikan sejumlah unit laptop khusus untuk pelajar, demi melancarkan kegiatan pembelajaran jarak jauh alias PJJ selama pandemi COVID-19 masih berlangsung. Untuk itu, seri Chromebook Flip C214 dihadirkan bagi mereka yang cari laptop terjangkau, serta dirancang tangguh, cocok untuk pelajar.

Baca juga: Menanti Laptop Chromebook untuk Pelajar Indonesia

Namun tentunya, ASUS tak hanya menghadirkan satu opsi saja. Seperti opsi laptop Windows mereka yang tersedia saat ini, laptop Chrome OS juga diluncurkan dalam opsi yang lebih premium. Tampilan luarnya sendiri dibuat cerah dengan warna silver, gunakan material premium seperti aluminium serta akses diamond-cut pada bagian sisi-sisinya.

Selain ASUS Chromebook Flip C434 & C214, juga dihadirkan opsi sedikit lebih premium lagi, yaitu seri C436. Dalam sebuah kesempatan, Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia mengatakan, “ketiga Chromebook yang diperkenalkan kali ini juga ditargetkan untuk pengguna yang berbeda, mulai dari anak-anak, pengguna kasual hingga bisnis.”

Spesifikasi ASUS Chromebook Flip C434

ASUS Chromebook Flip C434

Dirancang dengan nilai utama portabilitas, bobot dari ASUS Chromebook Flip C434 cukup ringan di 1,45 kilogram saja, dengan ketebalan 15,7mm. Selain tampilan luarnya yang terlihat lebih premium dari opsi laptops for education, saat dibuka, pengguna bakal disapa dengan layar 14 inci ber-bezel tipis “NanoEdge”. Membuat dimensi keseluruhan seperti laptop 13 inci.

Resolusi layarnya full HD, punya sudut pandang ekstra lebar mencapai 178 derajat, serta akurat dengan cakupan warna 100% sRGB. Dan sesuai dengan namanya, layar ASUS Chromebook Flip C434 bisa diputar hingga 360 derajat sampai mode tablet. Tentunya dengan dukungan input sentuh alias touchscreen.

ASUS Chromebook Flip C434

Bagian keyboard-nya sendiri juga sudah dilengkapi dengan lampu backlit, sementara untuk keperluan multimedia, disematkan setup speaker stereo yang diklaim punya kualitas tinggi. Namun yang tidak kalah penting dari sebuah laptop, tentu adalah kelengkapan konektivitas serta performanya.

ASUS Chromebook Flip C434 dilengkapi dua port USB-C 3.1 Gen 1 yang mendukung USB PD, satu port USB-A 3.1 untuk peripheral lainnya, slot kartu microSD dan jack audio 3,5mm. Pengguna bisa sambungkan perangkat ke monitor eksternal, atau jaringan nirkabel dengan standar Wi-Fi 5 802.11ac.

Harga ASUS Chromebook Flip C434 & C436

ASUS Chr6omebook Flip C43
ASUS Chromebook Flip C436

Meski sejatinya laptop dengan Chrome OS bisa berjalan mulus hanya dengan prosesor dual-core sekalipun, ASUS Chromebook Flip C434 hadir dengan opsi hingga Intel Core-i7, kapasitas RAM 8GB serta penyimpanan 128GB berjenis eMMC. Sementara baterai 48Whr yang ada di dalamnya diklaim bisa digunakan sampai 10 jam.

ASUS Chromebook Flip C434 bakal dijual mulai dari Rp11 jutaan. Sementara bila Gizmo friends ingin opsi yang lebih mewah lagi, Chromebook Flip C436 punya bobot lebih ringan di 1,1 kilogram, fingerprint sensor, penyimpanan SSD sampai 512GB & RAM 16GB, dibanderol Rp17 jutaan.

Tinggalkan komen