alexa

ROG Swift PG32UQX, Monitor Gaming Pertama dengan Panel Mini LED

Dengan visual gim komputer atau PC yang semakin kompleks dan imersif, para produsen perangkat PC maupun kelengkapannya seperti panel layar terus berlomba hadirkan penawaran yang terbaik bagi para gamer. ASUS, lewat lini Republic of Gamers mereka, baru saja umumkan peluncuran ROG Swift PG32UQX.

Tak main-main, layar monitor khusus gaming ini hadir dengan klaim yang membanggakan, menjadi yang pertama di dunia dengan panel mini LED (pada monitor gaming). Teknologi tersebut mampu membuat kecerahannya jauh lebih maksimal. Sementara kombinasi beragam fitur lainnya membuat tampilan visual sangat kaya dan akurat, cocok pula untuk kreator konten.

Karena dirancang untuk para gamer, tentunya wajar bila tampilan monitor ROG Swift PG32UQX ini dibuat bold atau mentereng. Namun beberapa elemen yang ada hadir bukan tanpa terkecuali. Selain nampak premium, pengguna juga tetap bisa sinkronkan pencahayaan dengan aksesori RGB lain lewat Aura Sync. Tak hanya itu, fitur spesial hadir pada bagian bawah tengah layarnya.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming Ringan dengan GPU RTX 3070

Berikan Banyak Fitur Ekstra Selain Layar Prima

ROG Swift PG32UQX

Bila dari jauh terlihat seperti logo ROG, sejatinya bagian tersebut adalah fitur bernama “LiveDash OLED”. Ya, alias layar kecil yang bisa tampilkan beragam informasi membantu. Seperti suhu, voltase, kecepatan putaran angin sampai kinerja atau frekuensi sistem. Tak membutuhkan itu semua? Tampilkan saya gambar atau animasi sesuai selera.

Nah, yang menjadi bintang dari perangkat pelengkap komputer satu ini tentunya ada pada layarnya. Panel yang digunakan memiliki lebar 32 inci, dengan rasio standar 16:9. Yang tidak standar di sini adalah backlight mini-LEDnya (yang berjumlah 1,152 zona independen), dipadukan dengan panel IPS sehingga bisa hasilkan kecerahan maksimum sampai 1400 nits.

ROG Swift PG32UQX

Karena dirancang untuk para pemain gim, ROG Swift PG32UQX tentu saja sudah mendukung tools yang diperlukan seperti NVIDIA G-SYNC 144Hz. Ya, selain beresolusi 4K, dukungan visual HDR juga tersedia. Tak perlu khawatir rasio kontras kurang lebar, karena teknologi full-array local dimming (FALD) bisa tampilkan putih paling cerah dan hitam paling gelap.

Meski begitu, monitor ini juga bakal sangat pas untuk menikmati konten visual lainnya, termasuk kreator konten. Pasalnya, monitor ROG terbaru ini sudah mendukung teknologi quantum-dot, dengan kedalaman warna 10-bit serta dukungan warna gamut lebar (DCI-P3 98% dan sRGB 160%). Tiap monitor juga telah dikalibrasi ke akurasi warna Delta E <2.

ROG Swift PG32UQX Dilengkapi Soket Tripod Khusus

ROG Swift PG32UQX

Lalu untuk kelengkapan port, disematkan DisplayPort 1.4 untuk standar visual 4K HDR 144Hz (plus teknologi Display Streaming Compression), 3 port HDMI 2.0, audio jack dan 3 port USB-A. Port HDMI bisa digunakan untuk sambungan ke Xbox (dan secara otomatis mendukung variable refresh rate). Sementara untuk kemudahan peletakan webcam, bagian atas dilengkapi soket tripod serta port USB-A.

ASUS Indonesia sendiri belum mengumumkan kapan monitor gaming 4K HDR satu ini hadir di Tanah Air, begitu pula kisaran harga resminya. Namun bila diakses dari situs resminya di Amerika Serikat, masa pre-order sudah sold out, dengan harga USD2,999 atau sekitar Rp43 jutaan.

Tinggalkan komen