Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini Perbedaan Smart TV dan Android TV

YouTube lebih dari TV. Petikan lirik lagu “Ganteng-ganteng Swag” yang dinyanyikan Young Lex Ft Skinny Indonesian24 ini menyampaikan kegelisahan, kritik dan perbandingan TV dengan YouTube. Televisi dianggap kaku dan kuno. Di sisi lain, industri elektronik terus bergerak agar perangkat TV tetap relevan. Maka lahirlah Smart TV yang dibekali teknologi canggih.

Kini keberadaan TV di kalangan masyarakat sudah bukan sekadar untuk menonton siaran dari stasiun televisi saja. Tetapi sudah hadir dengan sejumlah fitur hiburan yang terhubung ke internet dengan berbagai konten yang kaya. Selain Smart TV yang dibuat oleh produsen elektronik, muncul pula Android TV yang dikembangkan oleh Google. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya berikut ini ya.

Smart TV

Zaman sekarang hampir semua perangkat televisi terbaru, bahkan yang tidak terlalu mahal, telah dilengkapi dengan fitur Smart TV. Tentu saja perangkat ini memerlukan koneksi internet untuk mengakses semua fitur yang ditawarkan Smart TV. Kebanyakan Smart TV memiliki Ethernet port dibelakang TV untuk tempat anda mencolokkan kabel dari router rumah. Beberapa tipe lebih canggih bisa mengakses Wi-Fi.

Smart TV miliki beberapa fitur seperti yang ada di smartphone seperti kemampuan untuk streaming YouTube dan membuka Netflix. Ada juga beberapa Smart TV yang bisa membuka website yang kita sukai dengan browser yang ada didalamnya. Bahkan bisa bermain game.

Ada beberapa sistem operasi yang digunakan di dalam Smart TV. Contohnya seperti Samsung yang menggunakan Tizen OS dan Web OS yang digunakan oleh LG

Related Posts
1 daripada 10

Android TV

Google meluncurkan android TV pertama kali pada 25 Juni 2014 silam, sebagai pengganti Google TV. Versi Android TV paralel dengan platform Android pada smartphone. Seperti halnya smartphone yang akan selalu mendapat update, Android TV juga akan mendapat update ke versi terbaru. Namun ini kembali ke merek TV masing-masing.

Android TV sebenernya tidak berbeda jauh seperti Smart TV. Hanya saja Android TV memiliki spesifikasi tinggi dan tentu saja sistem operasi Android yang membuatnya lebih kaya. Android TV ada yang hadir dalam bentuk set-top-box yang dipasangkan ke televisi bisa. Ada juga yang langsung terintegrasi dengan televisi.

Android TV dibekali dengan aplikasi bawaan baik itu layanan tv streaming, game dan music. Selain itu Google telah bekerja sama dengan penyedia konten streaming ternama seperti Hulu, Netflix, Spotify dan lainnya. Untuk konten, Android TV telah menyediakan banyak pilihan, baik film, acara TV, musik maupun game. Ada yang gratis, ada juga yang paket berbayar.

Berbeda dengaan Smart TV  biasa, Android TV seperti smartphone dimana terdapat Google Play Store. Kita bisa mengunduh berbagai aplikasi dan game di perangkat TV.Jika kurang, bisa dicari di Google Play store sesuai dengan keinginan pengguna smart TV android.

Fitur lainnya adalah memudahkan pengguna dapat menggunakan fitur Google Voice Input. Fitur ini untuk menggunakan perintah suara melalui mic yang terdapat pada remote android TV. Pada beberapa smart TV biasa fitur ini juga sudah ada. Namun sepertinya Google voice memiliki “pengalaman” yang lebih baik dalam mengolah perintah suara.

Android TV juga dapat berinteraksi dengan GamePad yang kompatibel dengan smartphone android dengan koneksi Bluetooth atau kabel USB

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.