Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

LG Rilis TV 4K Berteknologi Nano Cell dengan Akurasi Warna Tinggi

Mengambil momentum Piala Dunia 2018 yang sedang berlangsung di Rusia, TV 4K terbaru LG meluncur dengan menampilkan pemenang Ballon d’Or 2007, Kaka. LG Super UHD TV menawarkan pengalaman menonton dengan kekayaan dan akurasi warna tinggi, bahkan dalam sudut melihat yang lebar sekali pun.

Menikmati perhelatan Piala Dunia memang paling asyik dinikmati bersama keluarga atau teman. Walau momen ini seru tetapi terkadang timbul kekurangnyamanan dalam melihat jika  televisinya tidak menawarkan akurasi warna merata di semua sisi.

TV 4K terbaru LG ini dibekali dengan teknologi layar Nano Cell™ sehingga konsumen bisa melihat warna tayangan yang tetap maksimal dari sudut mana pun. TV 4K terbaru LG ini hadir dalam Super UHD TV seri SK8000 dan SK8500.

LG mengembangkan teknologi Nano Cell™ untuk menjawab persoalan menonton televisi bersama-sama, yakni berebut posisi menonton favorit.

Selama ini pengembangan TV lebih berfokus pada reproduksi warna yang kaya tetapi tidak mengikutinya dengan perhatian pada lebarnya sudut menonton yang dibutuhkan.

“Sudut menonton sempit membuat momen menikmati tayangan TV bersama, seperti pula olahraga, membuat tak semua orang mendapatkan kualitas warna setara dari tayangan yang sama,” kata Gloria Mariawaty – Product Marketing TV LG Electronics Indonesia.

Melalui TV 4K terbaru LG ini, sudut mana pun akan menjadi posisi menonton terfavorit. “Dengan sudut menonton lebar, teknologi ini membuat seluruh tempat menjadi posisi menonton terbaik,” kata Gloria.

Kekayaan warna yang bisa dinikmati dari segala sisi

Dalam mempromosikan TV 4K terbaru LG ini, Ricardo Kaka atau yang lazim dikenal sebagai Kaka didapuk sebagai bintang utama dalam video kampanye yang sudah wara wiri di media sosial melalui tautan ini.

Video berdurasi 123 detik itu menampilkan Kaka yang sedang berusaha menyelesaikan tantangan akurasi menendang bola. Sebuah instalasi besar berisi susunan TV dibangun dengan dua sisi yang saling membelakangi. Pada satu sisi, instalasi dibangun menggunakan TV Super UHD LG, TV 4K terbaru LG ini, dengan teknologi Nano Cell™. Sementara di sisi lainnya, instalasi TV tanpa menggunakan teknologi ini.

Tantangan dalam video berjudul LG Nano Cell™ Super Challenge ini mengharuskan Kaka menendang bola mengenai tiga huruf yaitu P-I-C yang masing-masing tertampil di layar TV. Menambah sulit tantangan, posisi menendang pun tidak benar-benar berada di depan TV, namun mengambil derajat tertentu yang menempatkannya di samping instalasi TV ini.

Pada instalasi TV Super UHD LG dengan teknologi Nano Cell™, Kaka membutuhkan 48 detik untuk menyelesaikan tantangan dengan hanya tiga tendangan. Kesulitan timbul saat mencoba tantangan yang sama pada bagian instalasi TV tanpa Nano Cell™. Disamping waktu lebih lama untuk mengenali huruf sasaran, Kaka pun terekam beberapa kali melakukan kesalahan karena tembakan bola tak sesuai dengan huruf sasaran yang diminta. Akhirnya, tantangan terselesaikan dalam 1 menit 58 detik setelah sang legenda melihat instalasi TV dari sudut  yang berbeda.

“Video ini memberi gambaran baik mengenai pentingnya akurasi warna TV untuk dapat dinikmati dari sudut pandang lebar. Sebagai media hiburan keluarga, hal ini memastikan setiap anggota keluarga mendapatkan kenikmatan menyaksikan tayangan TV dengan kualitas sama meskipun posisinya tidak tepat dari depan TV,” ujar Gloria.

Baca juga: XL Home Pow Siap Mengakhiri Kemubaziran Berlangganan TV Kabel di Indonesia

Menurutnya, hal ini dimungkinkan berkat teknologi Nano Cell yang berbentuk penggunaan partikel khusus dalam ukuran seragam dengan diameter sekitar satu nanometer yang melapisi panel TV. Penggunaan partikel khusus ini berfungsi menyerap kelebihan pancaran cahaya gelombang warna.

Dengan teknologi TV LED yang masih mengandalkan susunan lampu LED untuk pencahayaan belakang (LED backlight), kemampuan panel dengan lapisan Nano Cell ini menjadi penting sebab ia mampu menyerap kelebihan pancaran cahaya gelombang warna. Walhasil, TV 4K terbaru LG ini tak hanya mampu menghasilkan warna lebih dramatis, namun pula menjaga stabilitas warna pada tiap gambar tertayang.

Selain layar dengan lapisan Nano Cell, TV 4K terbaru LG ini mempunyai panel layar IPS 4K yang membuat pengguna dapat menikmati kualitas tayangan yang sama meskipun menonton dari posisi berbeda hingga 60 derajat.

“Dengan kemampuan ini, tak ada lagi istilah sudut terbaik menonton TV. Setiap anggota keluarga dapat menikmati tayangan dengan kaya warna dan tetap stabil meskipun dari sudut menonton yang berbeda,” ujar Gloria Mariawaty.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.