Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Android Go untuk Smartphone Entry-Level Siap On-the-go 

0 255

Sejak diakuisisi Google pada 2005 silam, sistem operasi Android menjadi yang paling populer. Fitur dan teknologi sistem operasi yang digagas oleh Andy Rubin ini kian berkembang dengan pesat. Tak hanya untuk pengguna yang membutuhkan performa tinggi dengan spesifikasi premium, tetapi juga memikirkan perangkat entry level melalui Android Go.

Dalam beberapa waktu terakhir, Google gencar membidik negara berkembang. Agar teknologi bisa dinikmati oleh lebih banyak lagi masyarakat di seluruh dunia. Proyek ini menghadirkan ponsel terbaik di rentang harga terjangkau. Salah satunya adalah dengan proyek Android Go yang mulai diperkenalkan pada Desember 2017. Hingga saat ini, lebih dari 100 juta perangkat entry level yang memakai Android Go di seluruh dunia.

Baca juga: Memilih Smartphone Harga Merakyat dengan Pelayanan Sultan

Kelebihan Android Go

Android Go editionVersi sistem operasi Android yang dirancang untuk smartphone murah dan kelas bawah ini pertama kali tersedia untuk Android Oreo 8.1. Selanjutnya berkembang mengikuti sistem operasi utamanya, Android Pie 8.1 Go Edition, Android 10 Go Edition yang beredar di pasaran. Hingga Android 11 Go Edition yang baru saja dirilis pada September 2020 ini.

Salah satu smartphone yang berbasis Android Go adalah Samsung Galaxy A01 Core. Nah, apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh sistem operasi Android Go? Simak ulasannya berikut ini ya.

Android Go untuk Kelas Pemula (Entry Level)

Smartphone dengan spesifikasi RAM sebesar 512MB sampai 2 GB akan hadir dengan optimalisasi Android Go. Google melakukannya di tingkat sistem operasi, aplikasi buatan Google, dan Play Store. Google menyebutkan bahwa Android versi hemat ini bisa berjalan 15% lebih cepat. Dan aplikasi buatan Google akan memakan memori 50% lebih kecil.

Aplikasi ‘Go’ yang Lebih Hemat Data

Agar lebih optimal untuk spesifikasi entry level, Google melakukan desain ulang berbagai aplikasi penting untuk versi Android Go. Semua aplikasi itu dioptimalkan untuk smartphone terjangkau.

Aplikasi tersebut termasuk browser Chrome, Play Store dan aplikasi Google lain. Rata-rata aplikasi ini memiliki ukuran file yang kecil. Selain itu, aplikasi tersebut juga optimal untuk data seluler. Google menyebutnya bisa sampai 40% lebih hemat.

Daftar aplikasi Go yang dimaksud adalah mencakup Google Go, Gmail Go, Google Maps Go, YouTube Go, Gallery Go, Assistant Go, Camera Go, Files Go, Datally.Google Android GO

Memori dan Storage yang Efisien

Antarmuka Android Go sedikit berbeda dengan antarmuka Android biasa. Dengan panel pengaturan cepat memberikan keunggulan yang lebih besar untuk informasi mengenai baterai, batas data seluler, dan penyimpanan yang tersedia.

Kemudian menu aplikasi terkini (recent apps) menggunakan tata letak yang dimodifikasi dan terbatas pada empat aplikasi. Hal ini untuk mengurangi konsumsi RAM. Dengan memori ekstra hingga 270 MB, pengguna dapat menjalankan lebih banyak aplikasi dan game secara bersamaan.

Karena aplikasi yang ringan, pengguna bisa memiliki penyimpanan tambahan hingga 900 MB. Ini berarti ada ruang lebih banyak untuk foto, video, dan aplikasi.

Hemat kuota data

Varian ini memiliki optimasi platform yang dirancang untuk mengurangi penggunaan data seluler (termasuk mengaktifkan mode Penghemat Data secara default), dan rangkaian khusus Layanan Seluler Google yang dirancang agar tidak terlalu memakan sumber daya dan lebar pita (bandwidth).

Smartphone terbaik dengan Android Go

Samsung Galaxy A01 Core Android GoBerdasarkan data Gfk, lebih dari 50% konsumen di Indonesia tercatat masih menjalani berbagai aktivitas dari rumah mulai dari bekerja, hingga belajar secara online. Samsung Indonesia hadir dengan Galaxy A01 Core yang terjangkau dilengkapi inovasi yang bermanfaat untuk mendukung aktivitas di rumah, terutama bagi para pelajar untuk mengikuti proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Samsung Galaxy A01 Core 2GB, tetap diperkuat dengan prosesor MediaTek MT6739. Untuk kenyamanan meeting ataupun belajar online, perangkat ini dilengkapi dengan layar 5,3 inci PLS HD+, serta Dual Camera 8MP (main) + 5MP (front) dan baterai tahan lama 3.000 mAh sehingga dapat mendukung produktivitas pengguna lebih lama.

Selain itu Galaxy A01 Core juga dilengkapi dengan sistem operasi Android Go yang terdiri dari YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, dan Google Go dapat membantu pengguna untuk menghemat kuota internet. Jika memori internal 32 GB dirasa kurang, Galaxy A01 Core mampu menampung memori eksternal tambahan hingga 512 GB melalui slot sim card sehingga pengguna tidak perlu khawatir menyimpan file pekerjaan kantor ataupun tugas tugas yang diberikan sekolah untuk para murid.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia