Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Advan i Lite Tablet Jadi yang Pertama yang Tawarkan Face ID

Membuka gembok smartphone memakai fitur Face ID sudah bukan jadi hal yang baru lagi sekarang. Fitur sekuritas ini jadi pilihan sekuritas selain sidik jari. Kini tak hanya smartphone, tablet pun menerapkan Face ID. Advan i Lite tablet menyebut diri sebagai yang pertama di dunia membekali diri dengan fitur Face ID.

Cukup 0,4 detik saja bagi pengguna Advan i Lite Tablet untuk membuka tablet mereka berkat fitur Face ID ini. Dengan kemampuan bisa mengenali 200 titik algoritma wajah, Advan i Lite tablet memberikan waktu buka kunci tablet secara kilat. Sistem keamanan pun jadi terjamin sebab tablet hanya akan mau dibuka oleh mereka yang wajahnya didaftarkan.

Sementara Face ID hanya bisa dinikmati di smartphone premium dengan harga cukup mahal, pihak Advan menawarkan Advan i Lite tablet dengan kisaran terjangkau, yakni Rp899 ribu.

Marketing Director Advan, Tjandra Lianto mengatakan kini sudah sepatutnya peragkat mobile baik smartphone atau tablet memiliki fitur keamanan yang mumpuni.

“Biasanya tembok keamanan dari perangkat mobile adalah PIN, Pattern, juga sensor sidik jari. Untuk di Advan i Lite, kita  memberikan pilihan keamanan selain PIN dan Pattern, juga Face ID serta Advan Secure tentunya,” ucapnya.

Baca juga: Advan i6 Tawarkan Fitur Keamanan Cadas dengan Harga Ramah

Selain Face ID, Advan i Lite tablet memiliki bentang layar 7 inci dan dilengkapi oleh box speaker design. Desain klasik tersebut ditambah dengan hadirnya garis bercahaya di bagian belakang. Advan i Lite tablet hadir dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan putih.

Advan i Lite tabletAdvan i Lite tablet nyaman digenggam dan memberikan pengalaman menarik ketika menyaksikan video, termasuk untuk bermain game. Hal itu berkat sokongan prosessor 1.3 Ghz Quad Core dengan RAM 1 GB, ROM 8 GB, yang dapat ditambah dengan MicroSD hingga 32 GB.

Untuk urusan game, Advan i Lite tablet telah dibekali G-Sensor yang berguna ketika memainkan game dan permainan berbasis Augmented Reality.

Pada sektor kamera, Advan i Lite tablet memiliki kamera depan beresolusi 5 MP dan kamera belakang 5 MP dengan LED Flash. Perangkat yang telah mendukung jaringan 4G LTE ini menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat dan Indonesia Operating System atau IDOS 7.2 yang dikembangkan Advan.

Menurut Tjandra, IDOS membuat Advan bisa mengembangkan sejumlah teknologi, termasuk Advan Secure. Advan Secure merupakan tembok keamanan berlapis yang diberikan untuk seluruh lini produk Advan, baik tablet mau pun smartphone.

“Perlindungan yang diberikan saat pre usage (sebelum dipakai), on usage (saat digunakan), dan off usage (ketika hilang atau tidak digunakan),” ucapnya.

Untuk pre usage Advan i Lite tablet memiliki Face ID, yakni fitur keamanan dengan mengenali wajah penggunanya atau yang didaftarkan.

Selanjutnya ketika digunakan ada Super App Lock, fitur untuk membuka aplikasi dengan kunci unik. Ketika seseorang mencoba paksa masuk ke dalam perangkat atau salah membuka kunci, ia akan langsung ketahuan. Perangkat akan memfoto pelaku dan mengirimkannya ke email pemilik.

Terakhir adalah off usage melalui Anti Theft. Menurut Tjandra, konsumen tidak perlu lagi khawatir saat perangkat mobile hilang sebab kita dapat mencari posisinya, sekaligus mengetahui siapa pencurinya dengan cara memfoto suasana sekitar atau pelakunya.

Spesifikasi

OS IDOS 7.32
CPU SC9850KL 1.3Ghz Quad Core
Display 7inch 1024×600
Camera Front:5MP, Rear: 5MP
Memory 1GB RAM+ 8GB ROM
External SD Up to 32GB micro SD
4G/3G/2G LTE-FDD/WCDMA/GSM
WIFI 802.11.b/g/n
SIM Dual sim card
OTG Support
Sensor G-sensor
Battery 2500mAh
I/O 3.5mm audio jack, Micro USB (USB2.0)