Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Logitech Voice M380 Usung Teknologi Voice Recognition Milik Baidu

Teknologi pengenalan suara atau voice recognition kini sudah semakin canggih, di mana fitur seperti asisten suara Google dapat mengenali perintah pengguna Android dalam berbagai bahasa dan aksen. Fitur ini pun kemudian banyak dimanfaatkan khususnya bagi mereka yang malas mengetik. Di China, Logitech Voice M380 dihadirkan dengan fitur serupa.

Ya, bayangkan bila sebuah perangkat tetikus atau mouse dilengkapi dengan kemampuan untuk kenali perintah suara dari penggunanya. Sesuai dengan namanya, Logitech Voice M380 memiliki fitur khusus yaitu Speech Input, ditenagai oleh teknologi Speech & Machine Translation dari Baidu Brain, salah satu bagian dari perusahaan besar asal China, Baidu.

Lewat hadirnya perangkat ini, Logitech secara resmi menjalin Kerjasama dengan Baidu Brain secara long-term atau dalam jangka panjang. Dengan begitu, Logitech Voice M380 bukanlah menjadi satu-satunya perangkat yang punya fitur tersebut—tak menutup kemungkinan bila nantinya papan ketik atau keyboard rilisan Logitech juga bisa mendengarkan input suara penggunanya.

Baca juga: Earphone Gaming Logitech G333 Rilis di Indonesia, Harga Rp600 Ribuan

Logitech Voice M380 Bisa Terjemahkan 7 Bahasa

Logitech Voice M380
Tombol input suara pada Logitech Voice M380.

Kehadiran fitur tersebut di Logitech Voice M380 ditujukan agar kreator konten bisa maksimalkan waktu mereka untuk membuat konten tertentu hanya dengan suara, di mana menurut hasil uji lab dari Baidu, punya kecepatan tiga kali lebih kencang daripada mengetik. Teknologi yang diusung oleh Baidu pun bukan kaleng-kaleng, melainkan pengembangkan AI secara bertahun-tahun hingga matang saat ini.

“Kami sangat senang dapat memanfaatkan kekuatan super AI dari Baidu untuk peluncuran Logitech Voice M380, dan kami berharap dapat berkolaborasi pada produk dan solusi masa depan yang melepaskan produktivitas dan kreativitas semua orang di dunia digital,” kata Delphine Donne-Crock, General Manager untuk Creativity & Productivity Business Group di Logitech dalam sebuah rilis yang dipublikasikan oleh BusinessWire.

Saat ini, fitur voice recognition-nya dapat mengidentifikasi dan terjemahkan total tujuh bahasa; China, Inggris, Jepang, Korea, Perancis, Spanyol dan Thailand. Perangkat ini dapat mendikte sekitar 400 kata per menit, dengan klaim tingkat kesuksesan dan akurasi mencapai 98%. Khusus untuk bahasa China, Inggris dan Jepang saja untuk fitur satu ini.

Tahan Sampai 18 Bulan, Harga Logitech Voice M380 Murah

Logitech Voice M380

Untuk menggunakan fitur tersebut, Logitech Voice M380 dapat bekerja dengan dan tanpa koneksi internet. Tentunya akan lebih cepat dan akurat pengenalan bahasanya bila sedang tersambung. Untuk dayanya sendiri, masih gunakan satu baterai AA yang cukup untuk penggunaan selama 18 bulan.

Tetikus atau mouse terbaru Logitech ini menggunakan optik pada bagian bawahnya, supaya bisa lebih akurat dan digunakan di berbagai macam permukaan. Menggunakan teknologi nirkabel, antara modul dan perangkat dapat dioperasikan hingga jarak 10 meter.

Sementara ini, Logitech Voice M380 baru dirilis di negara China saja. Hadir dalam tiga opsi warna yaitu Graphite Black, Space Silver dan Pink, harganya tergolong terjangkau untuk sebuah aksesori berfitur canggih. Yaitu CNY199 atau sekitar Rp400 ribuan saja.

Tinggalkan komen