Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

TWS realme Buds Air Neo Bawa Fitur Gaming Mode

0 1.423

Sekitar awal pekan lalu, muncul sebuah informasi mengenai earphone true wireless stereo kedua yang akan dirilis realme, yaitu Buds Air Neo. Namun akhirnya perangkat tersebut diresmikan oleh realme, bersamaan dengan realme Smart TV serta realme Watch yang diluncurkan di India beberapa waktu lalu. Hadir menjadi alternatif yang lebih murah, realme Buds Air Neo memiliki desain identik serupa realme Buds Air.

Produk smartphone maupun aksesoris AIoT dari realme memang identik dengan harganya yang terjangkau, dan tentunya tidak mengorbankan spesifikasi. Namun harga yang dipatok realme Buds Air masih tergolong cukup tinggi, meski fiturnya jauh lebih kaya jika dibandingkan dengan earphone TWS termurah dari Xiaomi, misalnya. Untuk itu, Buds Air Neo hadir agar dapat mengjangkau kelas masyarakat lebih banyak.

Baca juga: realme Smart TV Hadir dengan Android TV & Empat Speaker Dolby Audio

Spesifikasi realme Buds Air Neo

realme Buds Air Neo

Berbeda dengan Buds Air, realme Buds Air Neo hadir dalam tiga pilihan warna. Selain putih, ada warna merah (Rock Red) serta hijau (Punk Green) yang cukup mencolok. Secara desain, keduanya sangat identik, hanya saja bobot keseluruhan realme Buds Air Neo sedikit lebih ringan walaupun tak akan terasa bedanya. Itu berkat absennya fitur wireless charging pada case milik Buds Air Neo.

Proses pengecasannya juga lebih sederhana, gunakan port micro USB alias bukan USB-C seperti generasi pendahulu. Meski begitu, daya tahan baterainya masih sama. Dalam sekali charge, realme Buds Air Neo dapat digunakan untuk mendengarkan lagu hingga tiga jam non-stop, dan total kombinasi 17 jam bersama dengan case.

Perbedaan lainnya adalah absennya sensor untuk mendeteksi apabila earbud sudah terpasang di telinga. Selain itu, realme Buds Air Neo tak dilengkapi mikrofon sekunder untuk menekan noise dari sekitar, yang memudahkan pengguna agar suara ketika menelepon tetap jelas.

Masing-masing earbud menggunakan driver berukuran 13mm, diklaim mampu berikan dentuman bass yang masif. Ditenagai chip R1, realme Buds Air Neo dapat dipasangkan ke ponsel melalui konektivitas Bluetooth 5.0 yang mendukung protokol Google Fast Pair, untuk proses yang instan.

Untuk mengendalikan musik, bodi luar masing-masing earbud memiliki permukaan sensor sentuh. Kamu dapat menjawab panggilan telepon atau melanjutkan musik dengan dua kali ketukan, tiga kali ketukan untuk skip lagu, dan tahan salah satu earbud untuk mengaktifkan asisten suara seperti Google Assistant.

Untuk kamu yang ingin menggunakan perangkat ini sambil main game online, realme Buds Air Neo juga dilengkapi gaming mode yang turunkan latensi atau jeda suara hingga 119,2ms saja. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan dan tahan kedua earbud ketika terpasang ke telinga, dan tentunya mengonsumsi daya lebih banyak.

Perangkat ini dapat disambungkan ke smartphone lewat aplikasi relame Link, yang sayangnya sampai saat ini hanya tersedia di Android. Dengan begitu, kamu hanya bisa melakukan fitur-fitur seperti mengganti gestur dan meningkatkan perangkat lunak hanya dari smartphone Android. Untuk proteksi penggunaan, hadir sertifikasi IPX4 untuk ketahanan dari cipratan air.

Harga realme Buds Air Neo

realme Buds Air Neo

realme Buds Air Neo dijual di India seharga 2,999 INR atau sekitar Rp580 ribuan, selisih sekitar Rp200 ribu jika dibandingkan dengan harga realme Buds Air pada negara yang sama. Sementara di Indonesia sendiri, Buds Air dibanderol sedikit lebih mahal di Rp899 ribu.

Jika fitur-fitur seperti wireless charging serta environment noise cancellation untuk panggilan telepon dirasa tak terlalu penting, realme Buds Air Neo bisa jadi alternatif yang baik untuk kamu yang inginkan earphone TWS dengan fitur mode gaming, serta proses pairing yang instan. Perangkat ini juga cocok bagi kamu yang masih ingin terdengar suara luar lewat desain half-in ear yang digunakan.


Beli produk realme di:

Shopee.co.id Lazada.co.id Bli bli.com ERASPACE JD.ID