Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Begini Solusi Drone untuk Industri Migas di Amerika

Solusi drone untuk berbagai kebutuhan industri semakin bertambah. Kali ini, perusahaan yang berbasis di Colorado, AS, mengembangkan alat yang ditunjang oleh drone yang nantinya bisa dipakai bagi bisnis saluran pipa minyak dan gas.

SolSpec telah membuat perangkat manajemen aset online yang memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan dan mengambil informasi yang spesifik berkaitan dengan operasi dan konstruksi saluran pipa.

Solusi drone telah memetakan 3 ribu mil saluran pila untuk beberapa operator saluran pipa minyak dan gas Fortune 500. Sistem solusi drone ini memberikan data proyek penting dan bagi satu klien, bisa menghemat lebih dari US$10 juta.

Rangkaian solusi drone untuk industri ini mencakup model prediksi tanah longsor hingga pilihan untuk mendokumentasi pelaporan. Perwakilan dari SolSpec Robert Blank mengatakan klien mereka menginginkan informasi yang bisa dipercaya serta cepat diperoleh.

“Perangkat lunak dan algoritma kami dibuat dari bawah ke atas, yang secara khusus dirancang untuk industri ini,” kata Robert seperti dikutip oleh dronelife.com.

SolSpec berencana merilis versi terbaru dari SolSpec Viewer musim panas tahun ini. Solusi drone ini akan membantu pemakai mengunggah dan melihat data dalam lingkungan 3D yang komplit.

Related Posts
1 daripada 13
Pemanfaatan drone untuk inspeksi saluran pipa akan menghemat banyak biaya. Foto oleh thermalcams.nl

Solusi drone memang telah terbukti menjadi alat utama bagi inspeksi saluran pipa sekaligus aset infrastruktur lainnya. Pada 2016, Skyworks meluncurkan Blue VU, perangkat lunak yang khusus dirancang untuk perusahaan minyak dan gas untuk pemeriksaan aset perusahaan di sektor ini yang terletak di tempat terpencil.

Baca juga: Begini Cara Intel Manfaatkan Bluetooth untuk Drone Biar Nggak Jatuh

Kemudian, tahun depan, perusahaan asal Kanada, SkyX, mengumumkan rencana membidik pasar pengamatan saluran pipa. Mereka menyediakan solusi drone yang sanggup mengisi dayanya sendiri dan menawarkan harga lebih murah.

Lalu ada pula Silent Falcon UAS Technologies yang telah menciptakan sistem solusi drone berbasis tenaga surya/elektrik, sayap tetap dan untuk jarak jauh. Sistem ini guna menginspeksi dan memonitor produksi minyak dan gas serta distribusi aset.

Kini, General Electrics tengah mengetes solusi drone otonom untuk mengecek kilang, pabrik dan jalan kereta api.