realme 8s 5G & realme 8i Diperkenalkan, Pakai Chipset MediaTek Terbaru

India, Gizmologi – Sebagai vendor yang ingin selalu menjadi trendsetter dalam berikan teknologi terkini pada produk terbarunya, realme memang cukup sering membuktikan tagar yang mereka miliki tersebut. Contoh terbaru kali ini adalah dengan menghadirkan realme 8s 5G serta realme 8i, dua smartphone baru untuk segmen mid-range.

Umumnya, smartphone realme dikenal punya spesifikasi tinggi di harganya yang terjangkau, atau membawa fitur-fitur yang sebelumnya hanya tersedia di flagship, diturunkan ke kelas menengah sampai entry-level sekalipun. Beberapa smartphone rilisan realme juga tak jarang menjadi ‘yang pertama’, sebut saja realme GT ME, perdana dengan Qualcomm Snapdragon 778G 5G di Indonesia.

Baca juga: Tablet Android realme Pad Punya Desain Premium, Harga Terjangkau

Pada hari Kamis (9/9) kemarin, selain adakan program sale untuk konsumen Tanah Air, realme juga mengadakan sebuah acara peluncuran daring bagi para konsumennya di India. Selain tablet pertamanya, diperkenalkan realme 8s 5G & realme 8i yang sama-sama gunakan chipset terbaru MediaTek, sasar target konsumen berbeda.

Kedua produk baru realme ini pun tampil dalam desain yang familiar, terutama realme 8s 5G yang terlihat seperti realme 8 5G versi lebih segar. Ya, kedua produk tersebut hanya memiliki selang waktu tiga bulan. Sehingga wajar bila tak hanya desain, spesifikasinya pun mirip. Meski ada peningkatan di beberapa sisi.

realme 8s 5G Punya Kapasitas RAM Sampai 13GB

realme 8s 5G

Apa saja yang baru di realme 8s 5G bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya? Tentu chipset-nya, di mana smartphone 5G terjangkau satu ini menjadi yang pertama di dunia menggunakan MediaTek seri Dimensity 810 5G. Sudah gunakan fabrikasi 6nm, CPU dengan clock speed maksimum 2,4GHz, plus penyimpan internal 128GB.

Dengan opsi RAM 6/8GB, realme 8s 5G juga mendukung fitur Dynamic RAM Expansion (DRE), mengambil penyimpanan internal menjadi virtual RAM sampai 5GB, sehingga total bisa sampai 13GB. Peningkatan lain ada pada sensor kamera utamanya, meningkat secara resolusi mencapai 64MP f/1.8.

Selain performa komputasi, kecepatan pengisian dayanya juga meningkat. Dari 18W ke 33W, mengisi daya baterai 5,000 mAh pada realme 8s 5G bakal terjadi dalam waktu lebih singkat. Sisanya kurang lebih masih sama. Mulai dari layar 6,5 inci IPS 90Hz, sensor sidik jari samping, jack audio 3,5mm dan kamera depan 16MP.

realme 8i Unggulkan Layar Besar dengan Refresh Rate 120Hz

realme 8i

Tanpa embel-embel 5G, realme 8i justru punya satu fitur menarik yang lebih unggul daripada realme 8s 5G. Layar 6,6 inci yang diusungnya gunakan panel IPS, beresolusi full HD+ serta punya kecerahan maksimum 600 nits. Namun sudah mendukung refresh rate 120Hz, plus rentang warna DCI-P3 100%.

Hal tersebut membuat realme 8i memiliki salah satu layar terbaik di kelasnya, setidaknya secara spesifikasi. Sementara untuk chipset, juga jadi yang pertama menjalankan MediaTek Helio G96 12nm, diklaim punya skor Antutu melebihi 350 ribu poin, plus kapasitas RAM ‘hingga’ 11GB lewat DRE.

Kapasitas baterainya sama-sama 5,000 mAh, hanya saja dukungan fast charging sedikit turun ke 18W. Sementara pada bodi belakangnya, disematkan setup AI Triple Camera. Membawa konfigurasi sensor utama 50MP f/1.8, 2MP hitam putih & 2MP macro.

Harga realme 8s 5G & realme 8i di India

realme 8s 5G

Untuk penjualannya sendiri, realme 8s 5G bakal tersedia lebih dulu di India mulai 13 September, sementara realme 8i menyusul satu hari setelahnya. Bekerja sama dengan situs e-dagang Flipkart dan juga tersedia di toko luring dan daring resmi realme India.

Menjadi opsi yang paling premium dalam peluncuran kali ini, realme 8s 5G dibanderol mulai INR17,999 (Rp3,4 jutaan) untuk versi RAM 6GB. Sementara realme 8i 4/64GB & 6/128GB masing-masing dijual seharga INR13,999 (Rp2,7 jutaan) & INR15,999 (Rp3,1 jutaan).

Tinggalkan komen