Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

3 Fitur Ciamik Canon EOS M100 Untuk Maksimalkan Hasil Foto

EOS M100 memiliki ukuran yang pas di telapak tangan dan sangat bagus untuk menangkap berbagai momen, cocok banget buat kamu yang instagrammable. Berikut ini adalah 3 fitur paling dahsyat yang dapat kamu manfaatkan secara maksimal di EOS M100.

0 3.241

Ringkas dan ringan, kamera mirrorless Canon EOS M100 cocok untuk kamu yang sedang mencari dan ingin membeli kamera pertama. Dilengkapi fitur dengan performa tinggi, EOS M100 memungkinkan kamu menangkap foto yang serba indah dengan mudah hanya dengan menyentuh layar LCD nya.

Canon EOS M100 memiliki ukuran yang pas di telapak tangan dan sangat bagus untuk menangkap berbagai momen, cocok banget buat kamu yang instagrammable. Apalagi kamera ini sangat bisa kamu diandalkan pada kecepatan ISO tinggi, membuat kamu lebih gampang untuk menangkap objek cahaya yang berkilauan dengan indah.

Agar hasil foto kamu terlihat lebih ciamik dengan EOS M100, kamu juga wajib mengetahui fitur-fitur penting yang terdapat di kamera ini. Berikut ini adalah 3 fitur paling dahsyat yang dapat kamu manfaatkan secara maksimal di EOS M100.

Fitur Canon EOS M100

1. Dual Pixel CMOS AF

EOS M100 dibekali dengan sistem Dual Pixel CMOS AF yang berfungsi untuk mengaktifkan pemfokusan berkecepatan tinggi di bawah kondisi apapun. Kamera ini juga dilengkapi dengan beragam mode AF yang bisa disesuaikan dengan pemandangan yang berbeda, sehingga kamu tinggal memilih salah satu mode AF terbaik untuk foto pemandangan.

eos m100 menu screen 1730 1

Untuk mengubah mode AF di kamera ini juga gak sulit, cukup tekan tombol [Q SET] dan ikon mode AF yang diindikasikan dalam bidikan layar. EOS M100 menghadirkan beberapa pilihan mode AF, contohnya Face + Tracking AF yang mampu mendeteksi dan mengunci wajah subjek manusia dan melacaknya secara terus menerus, cocok untuk pengambilan foto human interest.

Untuk pemandangan dan subjek yang tidak bergerak, kamu bisa menggunakan mode One Shot yang terdapat pada kamera ini. Mode ini memungkinkan untuk mengunci pada tempat yang sama setelah fokus ditetapkan.

Sementara, mode Smooth Zone AF adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin menangkap subjek foto yang bergerak cepat, seperti burung. Untuk hasil terbaik, gunakan mode ini dalam kombinasi dengan mode Servo AF, hal itu akan menjaga fokus tetap pada subjek.

2. Pemotretan Beruntun/Continuous Shooting

Fitur hebat lainnya yang bisa kamu maksimalkan saat menggunakan EOS M100 yaitu mode Continuous Shooting (Pemotretan Beruntun). Mode ini memungkinkan kamu membidik hingga 6,1 frame per detik apabila dikombinasikan dengan mode One Shot AF, dan hingga 4 frame per detik apabila dikombinasikan dengan mode Servo AF. Dapat dipastikan, kamu gak bakal luput menekan tombol rana dan kehilangan peluang mendapatkan momen berharga.  Jika subjek yang kamu bidik bergerak sangat cepat, tidak perlu khawatir, EOS M100 juga hadir dengan mode Shutter-prioryty AE (Tv) untuk menentukan pilihan kecepatan rana.

eos m100 menu screen 1730 3

3. Kecepatan ISO Tinggi

Getaran atau goyangan pada kamera seringkali menjadi kekhawatiran nyata apabila memotret di tempat gelap atau minim cahaya. Satu cara untuk menghindarinya adalah dengan meningkatkan kecepatan ISO pada kamera, namun cara itu pun turut menghadirkan masalah lain, yaitu noise. Menjawab masalah tersebut, EOS M100 sudah dilengkapi sensor CMOS 24,2 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 7 Canon paling mutakhir sehingga mampu menghasilkan gambar yang jelas, bahkan pada kecepatan ISO tinggi.

eos m100 menu screen 1730 5

Untuk mengubah kecepatan ISO, masuk ke layar menu dan pilih “ISO speed” di halaman 5 menu Shoot. (DS)