Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Canon EOS RP, Kamera Mirrorless Full Frame Harga Ekonomis

RP bukan berarti Rupiah. Tetapi kamera Canon EOS RP ini hadir dengan body ekonomis dan harga lebih ekonomis dibanding EOS R. Fitur dan performa tetap handal.

Canon EOS R menjadi kamera mirrorles full-frame pertama kebanggaan Canon. Namun dengan harga body only Rp40 juta, membuat yang bujetnya pas-pasan hanya bisa gigit jari. Untuk itu, dihadirkanlah versi yang lebih ekonomis yaitu Canon EOS RP. Kehadiran perangkat ini untuk membidik segmen pasar yang lebih luas.

RP di sini maksudnya bukan Rupiah ya, tapi ya nama type kamera tersebut. Tapi kebetulan ini adalah versi yang lebih murah daripada Canon EOS R dengan selisih harga hampir separuhnya. Merry Harun, Canon Division Director, pt. Datascrip menjalaskan makna dari perangkat ini.

“Penggunaan tipe “P” diambil dari riwayat keberhasilan kamera Canon pada tahun 1960 dan terinspirasi kata “Populaire” dari bahasa Prancis. Maksud kata tersebut adalah diharapkan pengguna bisa lebih merasakan kehebatan kamera mirrorless full-frame Canon dengan kehadiran Canon EOS RP,” ucap Merry.

Fitur dan Spesifikasi Canon EOS R

CANON EOS RP

Canon EOS RP merupakan kamera mirrorless full-frame terkini yang dikemas dengan bodi ergonomis dan bobot yang ringan, hanya 485 gram. Kinerja kamera bisa diandalkan berkat kehadiran prosesor gambar DIGIC 8, CMOS 26,2 MP dan Dual Pixel AF. Hasil foto detil dan sempurna walau dalam kondisi backlit berkat fitur auto lighting optimizer. Fitur tersebut akan mengatur keseimbangan area bidikan yang paling gelap dan paling terang.

Wajar saja jika hasilnya bagus, ini kamera mirrorless full-frame yang secara kasta lebih tinggi dibanding kamera biasa. Kalau masih jelek, berarti ada yang tidak beres, kan.

Kamera memiliki rentang ISO 100-40.000 memungkinkan untuk memotret pada kondisi minim cahaya. Rentang tersebut bisa diperluas menjadi ISO 50-102.400, sehingga sangat minim noise. Fokus yang akurat dalam kondisi minim cahaya juga dihasilkan oleh kinerja AF yang sampai EV -5.

Praktis Ganti Lensa dengan Mount Adapter

Keberadaan mount RF pada kamera ini memungkinkan untuk mengganti lensa EF dan EF-S dengan tambahan mount adapter. Kendati desain kamera sudah ergonomis, tetapi bila ingin lebih nyaman dengan genggaman tangan lebih besar tersedia Extension Grip (EG-E1) opsional. Kemudahan menjelajahi fungsi kamera juga diakomodir dengan keberadaan Feature Assistant.

Kestabilan Gambar dan Auto Focus
Related Posts
1 daripada 24

Kestabilan gambar dihasilkan oleh teknologi dual sensing IS yang mendeteksi getaran kamera melalui sensor CMOS dan sensor gyroscopic. Maka pada situasi minim cahaya pengguna bisa memotret dengan shutter speed hingga lima stop lebih lambat. Difraksi dan distorsi optik pun bisa dikoreksi dengan keberadaan Digital Lens Optimizer, sehingga kualitas foto sangat baik.

Kecepatan autofokus yang halus dan super cepat sampai 0,05 detik diperoleh berkat Dual Pixel CMOS AF. Keberadaan 4.779 titk AF yang bisa dipilih dalam area AF yang luas juga membebaskan pengguna membuat komposisi yang unik. Pada mode Servo AF, fungsi Eye Detection AF akan mendeteksi dan mengunci fokus pada mata subjek walau subjek bergerak.

Bagi yang gemar fotografi makro bisa menggunakan fitur focus bracketing yang mampu menghasilkan foto dengan ruang tajam yang lebar. Area fokus bisa diatur dengan sentuhan dan gerakan jadi di layar LCD berkat teknologi Touch & Drag AF. Layar LCD sentuh vari-angle juga memudahkan pengguna mengambil dari sudut yang unik. Jika menggunakan fokus manual, maka fungsi MF Peaking akan memastikan fokus tetap akurat.

Video 4K Stabil

Video berkualitas tinggi dengan fokus yang akurat dan cepat pun bisa dihasilkan berkat perpaduan dual Pixel CMOS AF dan resolusi 4K pada 24p/25p. Rekaman pun bisa tetap stabil walau tanpa tripod berkat fitur Combination IS. Lensa RF memungkinkan untuk menentukan pengaturan AV dengan menyesuaikan bukaan ⅛-stop sehingga lebih akurat dalam mengendalikan bukaan sesuai kondisi pencahayaan.

Jika kondisi silau dan mengganggu layar LCD, pengguna bisa memakai jendela bidik/viewfinder elektronik (EVF) yang menghasilkan tampilan detil dan warna akurat pada layar OLED 2,36 juta titik.Pengisian daya baterai kamera dapat dilakukan dengan cepat melalui Hi-Speed USB 2.0/Type C jika memakai USB Power Adapter PD-E1 opsional. Transfer gambar pun mudah dilakukan melalui WiFi atau Bluetooth Low Energy (BLE) dengan aplikasi Canon Camera Connect.

CANON EOS RP

Harga Canon EOS RP

Nah, bagi yang ingin upgrade kamera untuk meningkatkan kualitas hasil foto, kamera ini bisa jadi pilihan menarik. Kualitasnya mumpuni, harganya pun masih tergolong terjangkau bagi profesional yang memang bergelut di bidang ini.

Pre-order Canon EOS RP sudah dimulai sejak 11 Maret 2019 dan berlangsung sampai 22 Maret 2019. Pada masa pre-order, pembeli bisa mendapat bonus Mount Adapter EF-EOS R, Battery LP-E17 dan Connect Station CS100. Harga yang dibandrol adalah Rp20 juta untuk Canon EOS RP body only (BO). Sementara bila ingin membeli lengkap dengan lensa RF 24-105mm F/4L IS bisa merogoh kocek Rp35,8 juta. (bda)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More