Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Nikon Akan Rilis Kamera Full-Frame Mirrorless Terbaru di Kelas Premium

Produsen kamera asal Jepang, Nikon, masih belum menyerah pada pasar kamera mirrorless. Meski dibilang kurang berhasil dengan rangkaian kamera mirrorless 1 Series, kamera full-frame mirrorless Nikon kelas premium malah akan siap meluncur.

Nikon memang tidak pernah mengatakan produk kamera mirrorless nya sudah mati tetapi faktanya belum lagi ada kamera yang diluncurkan dari 1 Series sejak April 2015.

Kamera full-frame mirrorless Nikon pun disebut siap kembali mencoba keberuntungan di pasar ini, yang bisa menjadi pesaing serius bagi jajaran kamera full-frame mirrorless kepunyaan Sony, seperti Alpha A7R III.

Kabar rilisnya kamera full-frame mirrorless Nikon terlebih dahulu diketahui dari bocoran dari eksekutif Nikon Imaging Jepang, Kimiro Uemura, dalam ajang Camera & Photo Imaging Show tahun ini via wawancara televisi yang disiarkan oleh jaringan NKH Jepang.

Saat ditanya rencana perusahaannya meluncurkan kamera mirrorless terbaru, Kimiro mengatakan, “Sayangnya, kami belum bisa menghadirkan model mirrorless dalam acara (Camera & Photo Imaging Show) tahun ini. Tetapi pengerjaan sedang dilakukan dan kami berharap bisa membawa satu produk baru pada musim semi tahun depan.”

Namun menurut NikonRumors.com via techradar.com, kamera full-frame mirrorless Nikon ini bisa meluncur paling cepat 23 Juli 2018 ini. Pengiriman barang akan dilakukan setelah 23 Agustus 2018. Sebab akan menjadi kamera full-frame mirrorless Nikon kelas atas, harganya pun cukup mahal, yakni kisaran Rp56 jutaan yang sudah termasuk lensanya.

Ilustrasi kamera full-frame mirrorless Nikon (Foto: thephoblographer.com)

Rumor lain menyebut kamera full-frame mirrorless Nikon kemungkinkan hadir dalam dua model dengan dua kamera bersensor berbeda pula. Model yang satu kemungkinkan menawarkan 45MP resolusi sensor full-frame, yang jika benar, akan sangat mirip dengan sensor 45,5MP yang ada pada D850, plus bisa menjadi rival langsung terhadap Alpha A7R III milik Sony.

Related Posts
1 daripada 10

Lalu model kedua kemungkinan menawarkan resolusi antara 24-25MP, meski belum bisa dipastikan apakah yang kedua ini akan full-frame atau APS-C. Jika full-frame,sekali lagi maka akan berpotensi menjadi pesaing langsung dari Alpha A7 III.

Tepi gambar lensa kamera Nikon berdesain F sudah lama digunakan sejak 1959, yang berarti ada banyak pilihan saat memutuskan lensa mana yang akan dipakai, baik baru atau pun lama.

Sepertinya untuk kamera full-frame mirrorless Nikon ini, desain tepian gambar F akan dihilangkan dan diganti dengan rancangan tepian gambar lensa kamera yang baru.

Saat ini tepian gambar lensa kamera mirrorless Nikon akan mempunyai bukaan 55 mm, yang lebih besar dari rumor desain Z, dengan bukaan 49 mm. Diprediksi tepian gambar lensa pada kamera full-frame mirrorless Nikon akan kompatibel dengan lensa ultra cepat f/0,95.

Kabar fitur lainnya dari kamera full-frame mirrorless Nikon ini adalah ia akan mempunyai ukuran badan yang mirip dengan seri Alpha A7 dari Sony, seperti A7R III, tetapi dengan ergonomi dan pegangan yang lebih baik.

Baca juga: Ini Fitur Canggih Nikon D850 untuk Kamu yang Serius Menekuni Fotografi

Rumor lainnya adalah ia akan mempunyai 5 poros dengan sistem stabilisasi di dalamnya, 9 frame per second shooting dan electronic viewfinder dengan resolusi tinggi 3,6 juta titik display.

Demikianlah rumor dari Nikon. Sepadankah nanti dengan harga Rp56 jutaan di atas?

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: