Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Leica Q2 Monochrom, Kamera Full-frame 46,7MP Harga Rp80 Jutaan

0 942

Telah merilis produk kamera sejak lebih dari 100 tahun lamanya, Leica memang dikenal sebagai salah satu produsen kamera ternama, miliki ciri khas desain yang klasik dan harga yang selangit. Jenis kameranya pun sangat beragam, tak hanya mirrorless, sampai rangefinder, kamera tanpa layar, hingga kamera monokrom.

Ya, secara literal, kamera monokrom dari Leica hanya bisa menangkap gambar hitam putih saja. Dan baru-baru ini, mereka perkenalkan seri baru yaitu Leica Q2 Monochrom. Ini adalah varian tambahan dari seri Leica Q2 yang rilis tahun lalu. Didesain spesifik, bukan berarti harganya menjadi murah karena hanya bisa ambil foto BW.

Baca juga: Leica M10-R, Kamera Sultan untuk yang Hobi Foto Landscape

Spesifikasi Leica Q2 Monochrom

Ini adalah kamera pertama dari Leica yang integrasikan autofocus pada sensor monokromnya. Karena masih berada pada seri Q2, otomatis spesifikasinya relatif sama. Termasuk dengan desainnya yang cenderung sederhana dan tidak mencolok. Logo Leica di Q2 Monochrom hanya terletak pada ujung lensa, sementara di sisi kiri dan kanannya gunakan permukaan kulit.

Gunakan lensa Summilux 28mm f/1.7 ASPH, tentu yang berbeda di sini adalah sensor yang digunakan. Yaitu sensor baru 47,33MP full frame monokrom. Oh ya, dengan lensa tersebut, pilihan untuk melakukan pembesaran gambar hanya lewat crop saja, karena bersifat fix. Penggunaan sensor monokrom juga dapat berikan benefit khusus.

Di antaranya adalah dynamic range yang lebih lebar serta sensitivitas cahaya yang lebih tinggi dalam kondisi low-light (hingga 2 stop lebih tinggi), jika dibandingkan dengan color sensor pada Q2 biasa. Rentang ISO yang tersedia berkisar pada ISO 100 – 100,000. Leica Q2 Monochrom juga menjadi kamera monokrom dengan resolusi terbesar yang ada di pasaran.

Sistem autofocus-nya sendiri cukup canggih, bisa mengunci objek hanya dalam waktu 0,15 detik dan mendukung 10fps burst capture pada resolusi penuh. Sementara untuk perekaman video, bisa merekam hingga 4K (24/30fps) dan 1080p (24/30/60/120fps). Namun sayangnya, tidak dilengkapi jack audio untuk headphone atau mikrofon.

Perbedaan lain dengan color sensor, sistem monokrom tak membutuhkan color filter array, sehingga lebih efektif memanfaatkan seluruh bidang sensor yang bisa tingkatkan kualitas foto. Untuk bedakan versi biasa dan Monochrom, Leica Q2 terbaru ini hadir tanpa logo Leica berwarna merah, serta finishing keseluruhan yang lebih matte.

Fitur Lebih Modern, Harga Mencapai Rp80 Jutaan

Leica Q2 Monochrom

Leica sempat merilis seri M Monochrom pada 2012 lalu. Namun saat itu, fiturnya sangat terbatas dan tanpa autofocus. Dengan hadirnya Leica M2 Monochrom, Leica gabungkan fitur moden sseperti autofocus dan kemampuan perekaman video 4K ke dalam kamera dengan segmen pasar sangat spesifik tersebut.

Lalu berapa harga yang harus dibayar untuk sebuah kamera yang hanya bisa tangkap foto dan video hitam putih? Jangan kaget, karena Leica Q2 Monochrom dibanderol dengan harga USD5,995, alias Rp84 jutaan. Sebuah kamera bagi mereka yang incar kualitas foto terbaik, minim noise, meski tanpa warna.