Nikon Z fc Tersedia di Indonesia, Mirrorless Bergaya Retro Rp14 Jutaan

Jakarta, Gizmologi – Perkembangan teknologi yang terus berlangsung dari waktu ke waktu bisa dibilang bersifat inklusif, alias hadir menyeluruh untuk berbagai jenis produk mulai dari smartphone, komputer sampai kamera. Namun bagaimana kalau ada sebuah kamera modern dengan desain retro? Hal tersebut hadir dalam sebuah kamera terbaru, Nikon Z fc.

Pertama kali diluncurkan secara global pada akhir Juni 2021 lalu, Nikon Z fc baru saja diresmikan di Indonesia, mungkinkan konsumen di Tanah Air untuk mendapatkannya secara resmi. Memang, Nikon Indonesia secara resmi sudah pamit pada akhir tahun lalu. Tapi tak lantas membuat Nikon stop hadirkan produk terbarunya.

Di Indonesia, Nikon menyerahkan perannya ke pihak distributor resmi yaitu PT. Alta Nikindo. Tak hanya untuk layanan purnajual saja, namun juga penjualan produk terbaru seperti Nikon Z fc kali ini. Sebuah kamera mirrorless yang memiliki karakter kuat bagi mereka yang ingin tampil berbeda.

Baca juga: Resmi Pamit, Inilah Alasan Nikon Indonesia Menutup Bisnisnya

Hadir Untuk Penuhi Kebutuhan Gaya Hidup Anak Muda

Nikon Z fc

Horie Masahiro, Managing Director Nikon Singapura mengatakan bila pihaknya ingin berikan penghormatan kepada sejarah kamera ikoniknya, sekaligus untuk perluas lini kameranya dengan teknologi terbaru.

Sementara menurut Larry Handra, Direktur PT. Alta Nikindo, saat ini dunia fotografi tak hanya didominasi oleh para profesional, tapi sudah berubah menjadi suatu kebutuhan dan gaya hidup bagi anak muda.

“Kehadiran kamera Nikon Z fc akan melengkapi deretan produk-produk Nikon. Tidak hanya tampilan yang klasik dan unik, tapi juga dilengkapi dengan teknologi dan kualitas kamera yang sangat canggih,” jelas Larry lewat sebuah rilis resmi.

Nikon Z fc

Tampak luar dari kamera mirrorless Nikon satu ini dibuat mirip seperti kamera film Nikon FM & FE. Karena bukan kelas yang paling premium, bodinya gunakan material plastik, dengan sentuhan material kulit pada bagian depan dan sekitar viewfinder. Sementara tombol-tombolnya gunakan aluminum.

Seperti khas kamera retro, Nikon Z fc punya beberapa dial khusus di bodi bagian atas untuk atur ISO, shutter speed sampai exposure, lengkap dengan layar kecil khusus. Sementara untuk layar utamanya memiliki dimensi 3 inci dengan resolusi 1040k. Dengan viewfinder OLED 2360k dot.

Nikon Z fc Mendukung Eye Autofocus & USB-C

Nikon Z fc

Sensor yang digunakan Nikon Z fc serupa dengan seri Nikon Z50, yaitu CMOS 20,9MP dengan prosesor Expeed 6, plus mounting lensa Z lens demi fleksibilitas tinggi. Mampu ambil foto 11fps (AF) & 9fps (RAW 14-bit), serta didukung hybrid AF 209 titik dan eye autofocus baik untuk manusia dan hewan.

Perekaman videonya mendukung resolusi 4K atau 1080p di 120fps, sementara ISO maksimum bisa mencapai 204,800. Dengan baterai yang dapat menangkap 300 foto, pengecasannya sudah bisa dilakukan lewat port modern USB-C. Port yang sama dapat dimanfaatkan untuk gunakan kamera Nikon Z fc sebagai webcam.

Untuk penjualan perdananya di Indonesia, Nikon Z fc hanya hadir dalam satu varian warna saja, yaitu hitam dengan aksen silver di sekujur bodinya. Sementara enam warna lainnya dikabarkan bakal hadir pada akhir tahun 2021.

Berminat membeli? Terkait harganya sendiri, hadir dalam dua paket berbeda. Pembelian unit body only Nikon Z fc dibanderol Rp13,9 juta. Sementara untuk paket dengan lensa kit 16 – 50mm selisih Rp2 juta lebih mahal, alias Rp15,9 juta.

Tinggalkan komen