alexa

Ponsel Jadul Nokia 6310 Dirilis Ulang, Tampilan Modern dengan Jaringan 2G

Espoo, Gizmologi – Selain luncurkan smartphone yang paling tangguh dengan dukungan 5G dan lensa kamera ZEISS, HMD Global juga kembali hadirkan seri ponsel orisinil yang membangkitkan nilai nostalgia. Kali ini, giliran seri yang diluncurkan setelah sang tahan banting, 3310. Tepatnya Nokia 6310 yang tak kalah populer.

Versi orisinilnya sendiri dirilis pada akhir 2001. Saat itu, Nokia 6310 jadi ponsel Nokia pertama yang mendukung konektivitas Bluetooth. Tentu, bukan untuk kirim data seperti foto dan video. Namun bisa dimanfaatkan para pebisnis untuk sambungkan perangkat ke earphone nirkabel, mengingat dimensinya yang terkenal cukup besar.

Baca juga: Nokia dan Smartlabs Hadirkan Smart Lighting Rumah, Harga Mulai Rp500 Ribu

Nokia 6310 (2021) hadir membawa desain papan ketik atau keypad yang mirip, termasuk aksen pada layar dan bagian depannya. Tentunya, dibuat lebih modern dengan layar warna serta penyesuaian lainnya. Sayangnya secara spesifikasi, nampaknya bakal kurang cocok untuk beberapa pengguna, terutama di negara yang sudah mulai tinggalkan jaringan ‘lawas’.

Layar Nokia 6310 Reborn Lebih Besar

Nokia 6310 Reborn

Sama seperti seri orisinil lainnya, Nokia 6310 2021 hadir dalam tampilan warna menarik, terdiri dari tiga pilihan warna; Yellow, Dark Green dan Black. Bodinya terbuat dari plastik polikarbonat, membuatnya ringan dan lebih tahan benturan. HMD sendiri tak menginformasikan dimensi fisik secara lebih spesifik.

Sejatinya bagian depan ponsel ini cukup mirip dengan 3310 Reborn, memiliki bagian layar yang dibuat sedikit melengkung, membuat tampilannya lebih manis. Layarnya sendiri jauh lebih besar dari suksesornya, berdimensi 2,8 inci dengan resolusi QVGA. Belum touchscreen, alias harus bernavigasi lewat tombol lima arah di bawahnya.

HMD merancang Nokia 6310 2021 agar nyaman digunakan untuk semua orang. Disediakan opsi untuk memperbesar font atau teks yang tertampil hingga ikon menu. Papan ketik ABC-nya pun dirancang terpisah antar tombol, tingkatkan aksesibilitas.

Meski tergolong sebagai feature phone murah, tak membuat Nokia 6310 2021 hadir tanpa fitur hiburan. Tanpa toko aplikasi, setidaknya diberikan sebuah gim yang juga tingkatkan nilai nostalgia, yaitu Snake kebanggaan ponsel Nokia lawas. Fitur FM radionya bisa dinikmati langsung tanpa memerlukan earphone.

Mendukung Wi-Fi, Namun Tanpa 4G

Nokia 6310 Reborn

Penasaran dengan dapur pacunya? Cip yang digunakan adalah rilisan Unisoc seri 6531F, dengan penyimpanan internal 8MB, RAM 16MB dan sistem operasi S30+. Disediakan slot kartu microSD hingga kapasitas 32GB, sementara kapasitas baterai 1,150 mAh yang dibawanya diklaim sanggup digunakan untuk bertelepon lebih dari 19 jam.

Soal konektivitas, ada plus minus. Ketika Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi hadir di Nokia 6310 2021, justru penangkapan sinyalnya sangat terbatas, alias hanya mendukung GSM 2G 900/1800. Sangat disayangkan ketika sudah banyak smartphone 5G terjangkau diluncurkan tahun ini.

Apakah HMD bakal rilis varian 3G secara terpisah selayaknya 3310 Reborn, atau 4G seperti Nokia Pisang? Mungkin saja. Dan tanpa 4G, akan sangat mudah bagi HMD Indonesia hadirkan perangkat ini secara resmi. Perangkat ini sudah mulai tersedia sejak 27 Juli kemarin.

Harganya? Sekitar 40 Euro atau Rp684 ribuan. Tak terpaut jauh dari harga Nokia 3310 Reborn yang juga sudah hadir resmi. Apakah Gizmo friends tertarik memilikinya bila hadir resmi di Tanah Air?

Tinggalkan komen